Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Makan di Hawche Dimsum Bar Bogor, Sebaiknya Reservasi

KOMPAS.com - Jika sedang berada di Kota Bogor dan mencari makanan khas China, mampir ke Hawche Dimsum Bar di Jalan Siliwangi bisa jadi alternatif.

Tidak hanya menyediakan dimsum, restoran ini memiliki konsep dan nuansa unik layaknya bar modern yaitu Qingzhai, sekaligus restoran zaman dahulu di Shanghai yaitu Hawche. 

"Hawche sudah buka dari Maret 2020 pas awal pandemi. Kalau Qingzhai baru buka Juni 2022. Setelah lihat vibes di sebelah ternyata banyak yang antusias sama Hawche, jadi kami ekspansi," ujar Supervisor Hawche Dimsum Bar bernama Beni kepada Kompas.com, Jumat (3/2/2023).

  • Sensasi Makan Dimsum di Balik Kulkas, Hidden Gem Unik Kota Bogor
  • Hawche Dimsum Bar di Bogor: Lokasi, Jam Buka, Harga, dan Fasilitas

Tidak hanya nuansa ruangan yang sangat memanjakan mata, menu aneka dimsum dan racikan minuman juga lezat sekaligus ramah di kantong.

Selain itu, semuanya menggunakan bahan yang halal (no pork no lard).

Kisaran harga satu porsi makanan mulai dari Rp 17.000-Rp 30.000, sedangkan minumannya mulai Rp 10.000-Rp 35.000. 

Tips berkunjung ke Hawche Dimsum Bar

Sebelum berkunjung, simak beberapa tips yang sudah Kompas.com rangkum dari Beni berikut ini. 

1. Waktu terbaik

Beni menyampaikan, akhir pekan (weekend) adalah waktu yang biasanya dipastikan ramai oleh pengunjung, bahkan sampai waiting list. 

Meski waktunya sendiri tidak menentu, kata dia, umumnya Hawche dan Qingzhai dipadati pengunjung mulai sekitar pukul 15.00 hingga 19.00 WIB. 

"Kalau hari Minggu malah biasanya (ramai) dari pagi. Jadi di Hawche ramai dari jam 10, nanti jam 12 buka pada pindah ke sini juga (ke Qingzhai)," ujarnya.

Sebagai informasi, Hawche Dimsum Bar buka setiap Senin hingga Minggu, pukul 10.00-21.00 WIB.

Sedangkan Qingzhai buka setiap Senin hingga Minggu mulai pukul 12.00 WIB. Namun, tutup pukul 23.00 WIB pada hari kerja (weekdays) dan tutup pukul 24.00 WIB saat akhir pekan (weekends).

"Jadi kalau mau nyaman makan, paling di hari biasa. Kalau wekeend bisa nyaman juga tapi ramai aja, biasanya suka enggak mau kalau waiting list," ungkap Beni. 

Untuk lebih memudahkan, pengunjung sebaiknya melakukan reservasi sebelum datang ke Hawche Dimsum Bar, antisipasi jika kondisi ramai. 

"Bisa reservasi, langsung chat ke admin di Instagram, nanti bilang mau tanggal berapa dan jam berapa, langsung kabarin saja," kata Beni. 

Tidak ada biaya pemesanan atau deposit tertentu untuk reservasi.

Adapun untuk toleransi kedatangan, pengunjung akan diberikan batas waktu maksimal hingga 15 menit. Jika belum datang juga, katanya, reservasi akan dilempar kepada pengunjung lain. 

Bagi yang ingin reservasi pada hari H kunjungan, terakhir pukul 20.30 WIB saat hari kerja (weekdays) dan maksimal pukul 22.00 WIB saat akhir pekan (weekend).  

Sebagai informasi, ruangan Hawche dan Qingzhai memiliki interior yang menarik dan estetis karena berkonsep bar zaman dahulu dan modern di Shanghai. 

Selain makan, pengunjung bisa puas berfoto-foto di kedua area.

Bagi yang ingin serius mengambil foto atau membuat konten tanpa distraksi pengunjung lain, bisa menyewa tempat dengan harga yang cukup terjangkau. 

"Banyak yang foto buku tahunan atau photoshoot pre-wedding. Kalau buku tahunan kami enggak ada biaya sewa, paling kena minimum charge saja tergantung berapa orang," kata Beni. 

Misalnya, untuk 30 orang, satu orang dikenakan biaya minimal pembelian Rp 60.000.

Harga ini katanya sudah bisa mendapatkan setidaknya dua menu makanan dan satu minuman. 

Untuk yang menyewa tempat, sering kali waktunya adalah pagi hari seperti pukul 08.00 WIB, sebelum jam operasional restoran.

Sementara itu, untuk photoshoot seperti pre-wedding dikenakan biaya mulai Rp 150.000 per orang jika tidak sewa tempat, dan Rp 1,3 jutaan untuk sewa tempat privat.  

4. Kenakan pakaian terbaik

Selanjutnya, pengunjung bisa mengenakan pakaian terbaik mereka untuk mengambil konten foto maupun video di Hawche.

"Bisa pakai baju paling keren dan eye catching saja. Kalau menurutku yang cerah biar agak menonjol pas difoto," ujarnya. 

Kamu juga bisa memakai pakaian ala-ala zaman dahulu atau retro dengan sentuhan khas China, agar semakin mendukung hasil fotonya.

Bagi yang ingin foto-foto dan menikmati suasana dengan lebih asyik, kamu sebaiknya tidak datang sendirian.

Sebaiknya membawa keluarga, teman, sahabat, rekan kerja, atau pasanganmu karena beberapa alasan. 

Pertama, ada yang bisa dimintai foto atau ada teman untuk membuat konten bersama.

Sebab, tempatnya tampak ciamik dan pihak restoran juga membebaskan jenis kamera apapun. 

"Boleh banget foto-foto pakai kamera," ujar Beni. 

Kedua, kamu bisa saling sharing menu aneka dimsum sehingga bisa mencoba banyak rasa. Seperti pengalaman Kompas.com, enam porsi makanan berbeda sudah mengenyangkan bagi dua orang.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/17/134659127/5-tips-makan-di-hawche-dimsum-bar-bogor-sebaiknya-reservasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke