Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kampoeng Kopi Banaran di Semarang Akan Tambah Fasilitas Baru

UNGARAN, KOMPAS.com - Kampoeng Kopi Banaran di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, akan menambah dan mengembangkan sejumlah fasilitas guna memenuhi target 1,5 juta kunjungan wisatawan. 

"Tentu untuk mencapai target tersebut, Kampoeng Kopi Banaran butuh wajah baru, terutama untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini," kata Project Director PT Dyandra Banaran Nusantara (DBN), Muh. Alwi Mubarok Alaydrus, Jumat (17/2/2023) usai Groundbreaking Tahap 1 New Kampoeng Kopi Banaran.

  • Panduan Wisata di Kampoeng Kopi Banaran Kabupaten Semarang, Aktivitas, Tarif, dan Rute 
  • 5 Aktivitas di Kampoeng Kopi Banaran, Bisa Off-Road di Kebun Kopi

Dia menilai Kampoeng Kopi Banaran memiliki potensi besar dalam pariwisata dan MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions).

"Maka dari itu kami memersiapkan rencana pengembangan di 2023 ini, kami memulainya dengan empat fasilitas utama," kata Alwi.

Adapun investasi untuk pengembangan fasilitas tersebut mencapai Rp 500 miliar.

Fasilitas yang dimaksud, di antaranya area parkir yang mampu menampung 5.000 kendaraan dan pembangunan masjid seluas 30 x 40 meter yang mampu menampung 1.200 jemaah.

  • Main di Kampoeng Kopi Banaran, Kemah Sambil Nikmati Pemandangan 7 Gunung
  • Kopi Banaran di Ungaran Kini Punya Area Camping dengan Pemandangan Indah

Ada pula relokasi dan revitalisasi Banaran 9 Resto, serta alih fungsi ruang meeting Excelsa menjadi bangunan restoran baru.

"Selain itu area lapangan tenis akan dialihfungsikan menjadi lapangan mini soccer (sepak bola mini)," ujarnya. 

Alwi melanjutkan, pengembangan tersebut merupakan keharusan untuk meningkatkan fasilitas.

"Sebelumnya kapasitas parkir hanya 200, nanti mencapai 5.000. Pembangunan lapangan mini soccer juga bertujuan menarik minat komunitas penggemar sepak bola di Kota dan Kabupaten Semarang, serta Salatiga," terangnya.

Sementara itu, General Manager Kampoeng Kopi Banaran, Frina Bonita mengatakan, pembenahan dan pengembangan ini bertujuan memberi pelayanan maksimal kepada pengunjung.

"Konsepnya olahraga, religi, dan wisata alam menjadi satu. Apalagi Kabupaten Semarang ini merupakan wilayah yang strategis, termasuk dengan nantinya operasional Tol Yogya-Bawen," ujar Frina.

Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kabupaten Semarang, Heru Subroto mengapresiasi pengembangan tersebut, termasuk dalam membangun sebuah masjid yang terintegrasi di dalam kawasan wisata.

"Fasilitas ibadah sudah menjadi kebutuhan, namun masih banyak pengelola destinasi wisata di Kabupaten Semarang yang belum menyiapkan fasilitas ibadah ini secara representatif di kawasan yang dikelolanya," jelasnya.

Sebagai informasi, Kampoeng Kopi Banaran menawarkan beragam fasilitas dan daya tarik, antara lain area berkemah dan tempat ngopi dengan pemandangan tujuh pegunungan serta Rawa Pening. 

https://travel.kompas.com/read/2023/02/18/113348927/kampoeng-kopi-banaran-di-semarang-akan-tambah-fasilitas-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke