Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah Museum Zoologi Bogor, Berdiri Sejak 1894

KOMPAS.com - Kota Bogor memiliki sejumlah tempat wisata edukatif seperti museum, salah satu yang populer adalah Museum Zoologi Bogor. 

Sesuai namanya, museum ini menyimpan hal-hal yang berkaitan dengan dunia satwa atau fauna, seperti berbagai spesimen yang diawetkan serta fosil.

  • Museum Zoologi di Bogor: Jam Buka, Harga Tiket, Lokasi, dan Rute
  • 4 Fakta Sejarah Stasiun Bogor, Cagar Budaya yang Berusia 142 Tahun 

Sebelum menjadi besar dan dilestarikan sebagai cagar budaya, Museum Zoologi Bogor memiliki sejarah yang menarik untuk diketahui.

Sebelum berkunjung, simak informasi soal sejarah Museum Zoologi Bogor yang sudah dihimpun Kompas.com berikut ini. 

Museum Zoologicum Bogoriense atau Museum Zoologi Bogor (MZB) telah berdiri sejak tahun 1894. 

"Museum Zoologi sudah berdiri pada tahun 1894, pendirinya seorang ahli zoologi pertanian dari Jerman yang berkewarganegaraan Belanda, yaitu J. C. Koningsberger," ujar petugas Museum Zoologi Bogor bernama Nurul kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu. 

Ia menjelaskan, awalnya bermula dari pendirian Landbouw Zoologish Laboratorium, suatu laboratorium kecil yang bertujuan untuk mengoleksi dan meneliti serangga pada tanaman pertanian.

"Pada awalnya museum ini merupakan sebuah laboratorium kecil tempat penelitian serangga dan hama tanaman yang ada di Kebun Raya Bogor," tutur dia. 

Seiring perkembangan waktu, penelitian terus berkembang meluas ke berbagai jenis fauna lainnya seperti ikan, moluska, amfibi, reptil, burung, hingga mamalia.

Sejak berdiri pada tahun 1894 hingga saat ini menjadi Bidang Zoologi, Pusat Penelitan Biologi, Lembaga Ilmu Pengerahuan Indonesia (LIPI), MZB telah berganti nama dan status kelembagaan beberapa kali.

Pada masa pendudukan Jepang tahun 1942, tempat ini disebut Dobutsu Hakubutsukan dan dipimpin oleh T. Nakai.

Sampai akhirnya, Jepang kalah oleh Persemakmuran dan Amerika Serikat dalam Front Pasifik.

"Saat Pemerintahan Jepang berganti nama pada tahun 1942 sampai 1945, menjadi Dobutsu Hakubutsukan," kata Nurul. 

Kemudian, ia melanjutkan, namanya kembali disebut sebagai Zoologisch Museum and Laboraturium, berada di bawah pimpinan M.A. Lieftnick mulai tahun 1946 sampai 1947.

Dalam sejarahnya, nama Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) diberikan tahun 1947 sebagai identitas acuan koleksi nasional (Indonesia) yang dirujuk secara internasional.

Pameran Museum Zoologi Bogor, disampaikan oleh Nurul, merupakan penjabaran dari tugas pelayanan masyarakat umum untuk jasa ilmu pengetahuan zoologi.

"Museum ini bertujuan memperkenalkan keanekaragaman fauna nusantara sekaligus untuk upaya pelestarian," ungkap dia.

  • Menikmati Seduhan Kopi Bernuansa Jadul di Penalama Coffee Bogor
  • 5 Aktivitas di Penalama Coffee Bogor, Bisa Melukis dan Foto-foto

Setelah itu, museum ini masih berganti nama hingga pada tahun 1987 sampai 2001 namanya diubah menjadi Balai Penelitian dan Pengembangan Zoologi.

Mulai tahun 2001 hingga 2014, Museum Zoologi Bogor dinaungi Bidang Zoologi yang berasal dari LIPI.

Kemudian, pada 2014 hingga saat ini, namanya menjadi Bidang Zoologi "Museum Zoologicum Bogoriense" (atau Museum Zoologi Bogor). 

  • Ada dua tempat

Sebagai informasi, koleksi ilmiah spesimen fauna di Museum Zoologi Bogor yang dibuka untuk umum ternyata tidak seluruhnya dipamerkan.

Sebab, museum ini terbagi menjadi dua gedung.

Ada Museum Pameran yang populer dan dibuka setiap hari untuk umum, berlokasi di area Kebun Raya Bogor, tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 9, Bogor.

Sementara itu, secara keseluruhan, koleksi ilmiah Museum Zoologi Bogor sebagian besarnya disimpan di kawasan Cibinong Science Center atau gedung Widyasatwaloka. 

"Sebagian koleksi disimpan di laboratorium di Cibinong, dulu (namanya) LIPI sekarang BRIN, gedung Widyasatwaloka," terang Nurul.

Kata dia, museum satu lagi ini berfungsi sebagai tempat koleksi dan penelitian, sehingga hanya dibuka pada waktu tertentu.

Gedung Widyasatwaloka di Cibinong bisa didatangi untuk kunjungan edukasi bagi siswa sekolah, mahasiswa, dan para peneliti yang ingin melakukan penelitian.

Lokasinya berada di Pusat Ilmu Pengetahuan Cibinong tepatnya di Jalan Raya Jakarta - Bogor Km. 46 Cibinong, Bogor.

Kedua bagian museum ini sama-sama dikelola oleh Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi-LIPI.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/19/160938027/sejarah-museum-zoologi-bogor-berdiri-sejak-1894

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke