Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Puluhan Orang Tersengat Ubur-ubur di Phuket, Petugas Pantai Pasang Peringatan

KOMPAS.com - Petugas pantai di Phuket, Thailand, kini memasang tanda peringatan sengatan ubur-ubur di area pantai. Hal ini karena jumlah pengunjung pantai yang tersengat ubur-ubur meningkat.

"Lebih dari 30 orang baru-baru ini tersengat ubur-ubur saat bermain air di pantai. Sebagian besar orang tidak terluka parah," kata Direktur Centre Suchart Ratanaruangsri seperti dikutip dari laman The Thaiger, Senin (20/2/2023).

  • Cara Mencegah Sengatan Ubur-ubur, Perhatikan Musim
  • 6 Pertolongan Pertama Jika Disengat Ubur-ubur, Jangan Digaruk

Petugas dari Pusat Konservasi Sumber Daya Laut Phuket dan organisasi administrasi lokal saat ini sudah ada di setiap pos penjaga pantai untuk berjaga-jaga.

Para petugas di pos penjaga sudah menyiapkan beberapa perlengkapan medis, seperti air cuka untuk membantu mengobati sengatan ubur-ubur.

"Ada banyak spesies ubur-ubur. Untuk sengatan ubur-ubur biasa, bisa menuangkan cuka ke area sengatan selama minimal 30 detik," kata Suchart.

Untuk diketahui bahwa saat ada orang yang disengat ubur-ubur, hindari menuang air tawar, air minum, ataupun alkohol ke luka sengatan. 

  • Hati-hati! Lakukan Hal Ini Jika Bertemu Ubur-Ubur Saat Menyelam
  • Berenang Aman dengan Ubur-ubur, Ini 4 Tempat Pilihan di Indonesia

Lokasi pantai yang akhir-akhir ini mengalami peningkatan sengatan ubur-ubur yakni Pesisir barat, termasuk Pantai Patong.

Sementara itu, Suchart mengatakan bahwa petugas nantinya akan dikerahkan ke lebih dari  20 pantai penting di sekitar pulau.

Beberapa di antaranya adalah Pantai Kata, Patong, Nai Yang, Karon, Surin, dan Cape Panwa di pantai timur Phuket.

"Ubur-ubur banyak ditemukan di daerah pesisir Phuket. Kebanyakan dari mereka adalah ubur-ubur api biasa," katanya.

Sayangnya tanda peringatan bahaya sengatan ubur-ubur masih menggunakan bahasa Thailand, sehingga turis asing tidak memahami pesan yang disampaikan. 

Tahun lalu, kepala Taman Nasional telah memperingati bahwa ubur-ubur api sangat berbisa. Apabila terkena sengatan, akan menimbulkan rasa sakit seperti terbakar atau bahkan kematian yang disebabkan oleh alergi.

  • Musim Ubur-ubur Tiba, Ini 5 Tips Aman Bermain di Pantai Gunungkidul
  • Wisata Pulau Togean, Diving di Laut hingga Bermain dengan Ubur-ubur

Jenis ubur-ubur api ini bernama Morbakka fenneri, berwarna merah muda dan memiliki sengatan yang kuat.

" Namun, terkadang ada juga ubur-ubur kotak (Portuguese man o’war) yang memberikan sengatan yang jauh lebih kuat dan bahkan mengancam jiwa," kata Suchart.

Oleh karena itu Suchart memperingatkan agar wisatawan tetap berhati-hati dan melindungi diri dari sengatan ubur-ubur sebelum berenang.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/20/103100327/puluhan-orang-tersengat-ubur-ubur-di-phuket-petugas-pantai-pasang-peringatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke