BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Hong Kong Tourism Board
Salin Artikel

3 Destinasi Wisata Unik nan Instagrammable di Hong Kong

KOMPAS.com - Hong Kong tak hanya dikenal sebagai kawasan bisnis ramai di Asia. Daerah otonom khusus China ini juga memiliki obyek wisata menarik dan instagrammable.

Wisatawan dapat menjelajahi museum artsy hingga distrik atau landmark bersejarah dan ikonik. Oleh karena itu, rasanya akan sayang sekali jika tidak memasukkan Hong Kong sebagai tujuan wisata.

Jika hendak bertualang dan menyapa Hello Hong Kong, Kompas.com rangkumkan destinasi menarik dan instagrammable yang bisa dikunjungi.

1. Hong Kong Museum of Art

Bagi pencinta seni, Hong Kong Museum of Art wajib masuk bucket list saat berlibur ke kawasan Hong Kong. Dibangun pada 1991, Hong Kong Museum of Art merupakan museum seni pertama di Hong Kong. Museum ini terletak di Salisbury Road, Tsim Sha Tsui.

Pada 2019, Hong Kong Museum of Art kembali dibuka setelah direnovasi secara besar-besaran.

Adapun renovasi dilakukan untuk membuat museum tersebut semakin terlihat modern dan bisa menampung banyak karya seni.

Usai direnovasi, Hong Kong Museum of Art pun memiliki sejumlah ruang galeri yang diisi dengan berbagai macam karya, baik tradisional maupun modern. Karena hal ini, ruang galeri di museum bisa menjadi spot instagrammable.

Dilansir dari laman hk.art.museum, terdapat sekitar 18.800 karya seni yang terpampang di Hong Kong Museum of Art. Karya-karya tersebut dikelompokkan ke dalam sejumlah kategori, seperti lukisan China dari masa lalu dan modern, kaligrafi, dan barang antik.

Tak hanya menawarkan banyak spot menarik di dalam gedung, bangunan dari museum tersebut juga terlihat sangat estetis dan instagrammable. Wisatawan dapat berfoto-foto di sekitar bangunan estetis tersebut untuk dipajang di akun Instagram.

Selain karena memiliki bentuk yang elegan, bangunan Hong Kong Museum of Art juga dibuat menghadap langsung ke arah Pelabuhan Victoria. Hal ini menawarkan pemandangan yang begitu menawan.

2. Kawasan West Kowloon

Tak jauh dari Hong Kong Museum of Art, wisatawan bisa bergeser ke Kawasan West Kowloon. Kawasan budaya yang digagas Hong Kong Tourism Board (HKTB) ini hanya berjarak 2,9 kilometer (km) atau 7 menit berkendara menggunakan mobil.

Sebagai landmark budaya Hong Kong, kawasan tersebut memiliki sejumlah galeri dan pusat kesenian, mulai dari klasik hingga kontemporer. Sebut saja Hong Kong Palace Museum, West Kowloon Art Park, dan M+ Museum.

Distrik West Kowloon juga dipenuhi dengan berbagai macam seni jalanan, terutama mural. Oleh karena itu, wisatawan tak akan kesulitan untuk mencari spot instagrammable selama berada di Distrik West Kowloon.

Selain seni rupa, wisatawan juga dapat menikmati pertunjukkan musik, film, opera, dan seni berskala internasional di sana.

Keindahan tempat tersebut pun semakin lengkap berkat pemandangan lanskap laut Hong Kong yang ikonik. Untuk diketahui, kawasan West Kowloon merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam di Hong Kong.

3. Kawasan Old Town Central

Puas berkunjung di Distrik West Kowloon, wisatawan dapat bergeser ke Kawasan Old Town Central. Dalam perjalanan, wisatawan akan melewati terowongan bawah laut ikonik yang menghubungkan Kowloon dan Pulau Hong Kong.

Old Town Central sendiri merupakan sebuah distrik tertua di Hong Kong yang dipenuhi oleh banyak karya seni sehingga instagrammable. Ke mana pun melangkah, wisatawan dapat dengan mudah melihat berbagai macam karya di tempat tersebut, mulai dari mural jalanan, galeri seni, hingga museum.

Salah satu karya seni menarik yang ada di Old Town Central adalah karya mural dengan gambar seniman bela diri, Bruce lee.

Dilansir dari laman discoverhongkong.com, karya yang dibuat dengan teknik mosaik tersebut merupakan hasil karya dari seniman asal Korea Selatan, Xeva, sebagai bentuk penghormatan untuk ahli beladiri itu.

Tak hanya itu, ada juga mural yang digambar di bangunan Madera Hollywood Hotel. Pada bangunan ini, terdapat berbagai mural yang menggambarkan sejumlah artis. Sebut saja, seperti Marilyn Monroe, Audrey Hepburn, dan Charlie Chaplin.

Jika ingin mencari tempat yang lebih meriah dan berwarna, wisatawan bisa menyambangi Central dan Sheung Wan. Di sini terdapat jalanan terjal dan gang tersembunyi yang di dalamnya menyimpan berbagai macam karya seni jalanan, baik karya yang menggambarkan budaya Asia maupun Barat.

Saat menyambangi Old Town Central, jangan lupa berburu makanan ya. Sebab, di kawasan ini, wisatawan bisa menemukan aneka kuliner tradisional masyarakat Hong Kong.

Itulah tiga spot menarik nan Instagrammable yang ada di Hong Kong. Bila kamu hendak berwisata ke tempat tersebut, jangan lupa masukan tiga destinasi tersebut ke dalam daftar perjalananmu.

Sebagai informasi, saat ini, Hong Kong juga banyak memiliki destinasi wisata yang ramah terhadap wisatawan muslim.

Dikutip dari discoverhongkong.com, hingga sekarang, penduduk muslim di Hong Kong terus mengalami perkembangan dan telah mencapai angka 220.000 orang. Angka tersebut termasuk sekitar 30.000 muslim Tionghoa.

Atas dasar itulah, Pemerintah Hong Kong terus berusaha untuk menyempurnakan fasilitas ramah muslim bagi masyarakat Hong Kong dan para wisatawan, mulai dari obyek wisata kelas dunia hingga kuliner halal khas Hong Kong.

Upaya tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan pada wisatawan muslim agar mereka merasa tenang saat menjelajah dan mengenali Hong Kong.

Wisatawan dapat merasakan keramahan tersebut saat berkunjung ke berbagai destinasi dan atraksi, seperti Hong Kong Disneyland, Ocean Park Hong Kong, M+ Museum dan Xiqu Center di West Kowloon serta teater seni pertunjukan di kawasan Tsim Sha Tsui.

Bagi wisatawan yang tengah merencanakan perjalanan ke Hong Kong dalam waktu dekat, silakan mengunjungi booth HKTB yang ada pada ajang Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Travel Fair 2023.

Acara tersebut berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan, Banten, pada Kamis (23/2/2023) hingga Minggu (26/2/2023).
Di Astindo Travel Fair 2023, HKTB akan memberikan penawaran menarik bagi pengunjung di event tersebut, seperti tiket pesawat, paket perjalanan, dan hotel.

Wisatawan juga dapat mengikuti games menarik berhadiah merchandise eksklusif yang akan disiapkan oleh HKTB pada event tersebut.

Jadi, segera rencanakan perjalananmu ke Hong Kong dan kunjungi booth HKTB di Astindo Travel Fair 2023. Untuk informasi lebih lengkap terkait penawaran paket liburan dan penerbangan ke Hong Kong, silakan kunjungi tautan berikut.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/22/195800727/3-destinasi-wisata-unik-nan-instagrammable-di-hong-kong

Bagikan artikel ini melalui
Oke