Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary Seharian Wisata Murah Meriah di Jakarta Selatan, Ada Ragunan

KOMPAS.com - Bagi yang ingin jalan-jalan seharian dengan biaya terjangkau alias murah meriah, kawasan Cilandak dan sekitarnya di Jakarta Selatan bisa menjadi pilihan.

Kawasan ini lebih dikenal sebagai area perkantoran, sekolah, dan perumahan.

  • Itenarary Seharian di Jakarta Selatan, Mampir ke Simpang Temu
  • 10 Kafe Rooftop di Jakarta Selatan, Banyak Tempat Foto Instagramable 

Namun, ternyata ada beberapa opsi tempat wisata yang menarik, edukatif, serta murah di area ini. Beberapa di antaranya adalah kebun binatang, taman, dan ruang terbuka publik. 

Jika ingin mengajak keluarga ataupun pasangan rekreasi satu hari di wilayah Cilandak dan sekitarnya, berikut itinerary (rencana perjalanan) yang bisa menjadi rekomendasimu.

Pada pagi hari, kamu bisa mengawali perjalanan dengan sarapan di Pusat Jajanan Kuliner Kampung Kandang. Alamatnya berada di Jalan Raya Cilandak KKO Nomor 6, buka dari pagi hingga malam. 

Di area ini, berkumpul berbagai penjual makanan kaki lima, di atas lahan yang cukup luas dengan penataan yang rapi. 

Aneka makanan yang tersedia mulai dari bubur, gudeg, soto, sate, nasi padang, mi ayam, hingga nasi kebuli. Harga makanan dan minumannya juga sangat terjangkau layaknya warung tenda, kisaran Rp 10.000 - Rp 25.000. 

Selain menikmati aneka kuliner, kamu bisa melihat-lihat bazar pakaian dan pernak-pernik lainnya yang digelar setiap akhir pekan. 

  • Chillax Sudirman, Tempat Nongkrong Baru di Jakarta Selatan
  • 7 Tempat Makan Dekat Ragunan Jakarta Selatan, Cocok untuk Keluarga

Sekitar pukul 10.00 WIB, kamu bisa berpindah ke tempat wisata murah meriah berikutnya yang juga populer yaitu Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan.

Posisi kebun binatang ini cukup dekat dengan Pusat Jajanan Kuliner Kampung Kandang. Jika lurus terus menuju Pintu Masuk Utara (North Gate), kamu hanya perlu berjalan kaki 300 meter dalam waktu sekitar empat menit. 

Adapun yang membawa kendaraan pribadi jaraknya adalah 1,5 kilometer (km) dengan waktu tempuh lima menit. 

  • Harga Tiket dan Jam Buka Kebun Binatang Ragunan Terbaru
  • 5 Aktivitas di Kebun Binatang Ragunan, Tak Cuma Lihat Satwa

Tentunya, banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga maupun pasangan di Ragunan. Mulai dari berkeliling sambil melihat aneka macam satwa hingga piknik bersama.

Untuk masuk ke Ragunan cukup merogoh kocek mulai Rp 4.000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Harga ini berlaku baik saat akhir pekan ataupun hari lainnya sesuai jadwal buka Kebun Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan buka mulai dari Selasa sampai Minggu sejak pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Ragunan tutup di hari Senin untuk libur satwa.

Siang hari sekitar pukul 14.00 WIB, saatnya menuju Taman Tabebuya yang berlokasi di Jalan Muhammad Kafi Nomor 1, RT 1/RW 2, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Meski sudah bukan wilayah Cilandak, jarak antara Ragunan dengan Taman Tabebuya termasuk cukup dekat. Kamu bisa jalan kaki, naik kendaraan pribadi, atau naik angkutan umum (angkot). 

Jika ingin jalan kaki jaraknya sekitar dua km dengan waktu tempuh kira-kira25 menit.

Kamu bisa juga naik angkot M20 (Ciganjur) yang berangkat dari Simpang Jalan Paso Ragunan, melewati dua pemberhentian, lalu tiba di depan Taman Tabebuya. 

Opsi terakhir, pengguna kendaraan roda dua atau roda empat bisa ke Taman Tabebuya dengan jarak 2,5 km dalam waktu 6-7 menit saja. 

Taman ini dikenal akan pemandangan kolam teratai. Ada juga salah satu pohon yang menjadi asal penamaan taman ini yakni Pohon Tabebuya asal Brasil, yang bunya mekar pada waktu tertentu. 

Selain kolam teratai, Taman Tabebuya juga menyediakan berbagai fasilitas gratis, seperti taman bermain anak, lintasan joging, tempat duduk di bawah pepohonan rindang, gazebo, dan perpustakaan mini.

Jam buka Taman Tabebuya adalah setiap hari, pukul 07.00 - 18.00 WIB. 

Pada pukul 17.00 WIB, tempat wisata terakhir yang bisa dijajal adalah CIBIS Park, yang berlokasi di Jalan TB. Simatupang Nomor 2, RT 13/RW 5, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Dari Taman Tabebuya menuju CIBIS Park jaraknya sekitar 4,5 km dengan waktu tempuh 10-12 menit menggunakan kendaraan roda dua atau empat. 

Jika ingin lebih hemat, bisa naik angkot M20 (Pasar Minggu) yang berangkat dari seberang Taman Tabebuya. Kendaraan ini melewati lima pemberhentian lalu turun di seberang Cilandak KKO.

Selanjutnya, jalan kaki sekitar 350 meter dan sampailah di CIBIS Park. 

  • Mengunjungi CIBIS Park, Ruang Terbuka Hijau di Tengah Kota Jakarta
  • Panduan ke CIBIS Park: Jam Buka, Lokasi, Harga, dan Fasilitas

Area ini menawarkan ruang terbuka hijau di tengah hiruk-pikuk perkantoran Ibu Kota. Sejumlah fasilitas, seperti lapangan luas, kursi, danau buatan, colokan listrik, toilet, mushala, dan tenant-tenant penjual makanan juga tersedia. 

Pengunjung CIBIS Park tidak dikenakan biaya masuk. Mereka bisa melakukan beragam kegiatan, antara lain berolahraga, memberi makan ikan, nongkrong, dan membuat konten.

Harga makanan dan minuman yang dijajakan juga cukup terjangkau, mulai Rp 15.000 hingga Rp 100.000 untuk porsi besar seperti piza.

Kamu bisa menikmati sore hingga makan malam di ruang terbuka yang buka dari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB ini. 

https://travel.kompas.com/read/2023/02/22/201120027/itinerary-seharian-wisata-murah-meriah-di-jakarta-selatan-ada-ragunan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke