Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Wisata Banjarmasin Lengkap, Pasar Terapung hingga Museum 

KOMPAS.com - Banjarmasin merupakan kota terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan. Kota yang dijuluki Kota Seribu Sungai ini menyimpan segudang destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi pelancong.

Dulunya, Kota Banjarmasin merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan sebelum pindah ke Banjarbaru pada Maret 2022 lalu.

Berikut wisata Banjarmasin lengkap yang bisa dikunjungi oleh wisatawan seperti dihimpun Kompas.com.

Bekantan merupakan ikon Kalimantan Selatan selain pasar terapung, seperti dikutip dari Kompas.com (13/10/2015). Hewan primata endemik Kalimantan ini banyak ditemukan di hutan-hutan wilayah Kalimantan Selatan. 

Jika berlibur ke Banjarmasin, wisatawan bisa menjumpai Patung Bekantan setinggi 6,5 meter. Patong ikon Kalimantan Selatan itu berdiri di tepi Sungai Martapura tepatnya di Jalan Kapten Piere Tendean, Sungai Baru, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Patung Bekantan itu berkulit cokelat dan putih berhidung mancung. Para pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berfoto, duduk santai, menikmati kuliner, atau sekadar nongkrong.

Berwisata ke Banjarmasin belum lengkap jika belum berbelanja di pasar terapung yang merupakan ikon wisata kota itu. Wisatawan bisa menemukan pasar terapung di beberapa titik, salah satunya Pasar Terapung Siring.

Lokasi Pasar Terapung Siring masih berada dalam satu area dengan Patung Bekantan, yakni Kawasan Wisata Siring.

Mengutip dari Banjarmasin Post Tribunnews, Pasar Terapung Siring berada di Sungai Martapura. Pasar ini buka hingga pukul 22.00 malam.

Para pedagang berada di atas perahu masing-masing, menjajakan aneka buah, sayur, kudapan ringan khas Martapura, makanan, dan lainnya.

Cara pedagang menawarkan makanan cukup unik, yakni mengacungkan jempol, berharap ada pembeli di pinggir sungai yang mau mampir ke perahu mereka.

Menara Pandang merupakan objek wisata Banjarmasin yang terkenal di kalangan wisatawan, seperti dikutip dari laman Wonderful Indonesia.  Lokasinya masih berada dalam kawasan Wisata Siring, bersama dengan Patung Bekantan dan Pasar Terapung Siring.

Bangunan yang terletak di pinggir Sungai Martapura ini, baru diresmikan pada 2014 lalu. Menara Pandang mempunyai empat lantai, dilengkapi dengan dua menara di sebelah kanan dan kiri.

Pada malam hari, pengunjung menikmati panorama Kota Banjarmasin secara 360 derajat dari lokasi Menara Pandang. Mulai dari hamparan sungai Martapura, kubah Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dan kerlap kerlip lampu Kota Banjarmasin.

Kota Banjarmasin memiliki beberapa obyek wisata taman, salah satunya adalah Taman Siring Nol Kilometer Banjarmasin. Mengutip dari Banjarmasin Post Tribunnews, wisata ini cocok untuk menjadi lokasi santai sembari menikmati suasana Sungai Martapura.

Selain tempat duduk, Taman Siring juga menyediakan area bermain  skateboard. Selain itu, pengunjung bisa berfoto di tulisan Nol Kilometer Banjarmasin. 

Lokasinya berada di Jalan Jend Sudirman, Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

5. Taman Kamboja 

Wisata taman di Kota Banjarmasin lainnya adalah Taman Kamboja. Lokasinya berada di  Kertak Baru Ulu, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Mengutip dari Banjarmasin Post Tribunnews, area taman ini dikelilingi dengan pepohonan rindang. Pengunjung bisa duduk santai di bangku taman yang sudah disediakan.

Taman Kamboja juga dilengkapi dengan wahana permainan, air mancur, area jogging, toilet umum, mushola, dan lainnya.

Taman yang satu ini sangat ramah anak. Sesuai namanya, Taman Edukasi Banua Lalu Lintas cocok untuk mengedukasi anak-anak mengenai lalu lintas.

Mengutip dari Banjarmasin Post Tribunnews, ada beragam wahana edukasi lalu lintas di taman ini. 

Misalnya, jalan raya mini lengkap dengan marka dan rambu-rambu lalu lintas. Kemudian, ada jembatan penyeberangan dan kereta api mini lengkap dengan lintasan rel yang mengelilingi taman.

Orang tua bisa mengajak anak-anak untuk naik kereta mini tersebut. Selain itu, tersedia beberapa permainan anak-anak seperti ayunan, perosotan dan sebagainya.

Lokasinya berada di Jalan AS Musaffa Nomor 2, Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Obyek wisata satu ini sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak. Taman bungas berasal dari bahasa Banjar yang artinya tampan atau bagus.

Lokasinya berada di Jalan Antasan Kecil Barat Nomor 41, Pasar Lama, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. Tepatnya di dekat Menara Pandang.

Orang tua bisa mengajak anak-anak bermain di tempat wisata murah meriah ini. Mengutip dari Banjarmasin Post Tribunnews, Taman Bungas berukuran kecil yakni sekitar 4x10 meter.

Meskipun kecil, fasilitas permainan anak-anak di Taman Bungas cukup memadai, seperti ayunan, perosotan, mangkok putar, dan rumput sintesis.

8. Taman Banua Anyar 

Pilihan obyek wisata taman di Banjarmasin lainnya adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau Taman Banua Anyar.

Taman ini mulanya adalah sebuah lahan kosong di bawah jembatan Banua Anyar, seperti dikutip dari Tribun Banjarmasin. Kemudian, lahan kosong tersebut dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau, serta dilengkapi dengan sarana bermain anak-anak.

Taman ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Pengunjung juga bisa menikmati kuliner di sekitar taman.

Sembari bermain, anak-anak bisa melihat panorama dari Sungai Banyuanyar yang lokasinya berdekatan dengan RTH Banua Anyar.

9. Taman Edukasi Baiman 

Taman Edukasi Baiman juga dikenal sebagai Taman Edukasi Duta Mall. Sebab, lokasinya berada di samping pusat perbelanjaan Duta Mall Banjarmasin.

Ada fasilitas menarik di Taman Edukasi Baiman, yakni Wifi Trash Bin, yakni tempat sampah pintar yang berfungsi untuk akses wifi gratis. Fasilitas yang mengandalkan teknologi ini hanya bisa diakses oleh pengunjung yang membuang sampah di Wifi Trash Bin.

Selain itu, terdapat tempat duduk untuk bersantai serta aneka tumbuhan yang ditata dengan rapi. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani Km 2, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

10. Taman Kota Korem Antasari 

Kota Banjarmasin memiliki taman di tengah kota yang bisa menjadi alternatif wisata, yakni Taman Kota Korem Antasari.

Meskipun berada di tengah kota, namun taman ini menawarkan suasana di tengah hutan dengan pepohonan tinggi. Jadi, lokasi ini cocok untuk pengunjung yang tengah mencari suasana asri dan teduh untuk healing.

Taman Kota Korem Antasari dilengkapi dengan fasilitas tempat duduk, toilet, dan fasilitas umum lainnya. Lokasinya berada di Kertak Baru Ulu, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Jembatan Sei Alalak merupakan ikon wisata baru Kota Banjarmasin. Desain jembatan ini cukup unik karena memiliki struktur melengkung dan menggunakan sistem cable stayed, seperti dikutip dari laman Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalimantan Selatan

Jembatan yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Oktober 2021 ini menghubungkan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Jembatan ini memiliki panjang 850 meter dan lebar 20 meter. Konstruksi Jembatan Sei Alalak dirancang agar dapat bertahan selama satu abad serta dibuat tahan gempa.

Masjid Raya Sabilal Muhtadin merupakan destinasi wisata religi di Kota Banjarmasin. Lokasinya berada di Jalan Jend Sudirman Nomor 1, Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Mengutip dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarmasin, Masjid Raya Sabilal Muhtadin dibangun pada 1981, sehingga usianya sudah mencapai 42 tahun.

Lokasinya berada di tepi barat Sungai Martapura. Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 100.000 meter persegi, yang terdiri dari bangunan utama dan menara. 

13.Trans Studio Mini 

Jika tengah mencari tempat bermain anak indoor di Kota Banjarmasin, maka Trans Studio Mini bisa menjadi alternatif. Trans Studio Mini merupakan taman bermain indoor yang menawarkan beragam wahana permainan seru untuk anak-anak.

Lokasinya berada di Duta Mall Banjarmasin, tepatnya di di Jalan Ahmad Yani Km 2, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Tempat bermain indoor ini menempat lantai 5 dan 6 Duta Mall Banjarmasin. Saat memasuki area Trans Studio Mini, para pengunjung langsung disambut dengan replika miniatur Menara Eiffel dilengkapi dengan logo Trans Studio Mini.

Ada berbagai jenis wahana yang bisa dinikmati anak-anak, mulai dari roller coaster, paris swing, mobilbumper, kereta mini, go kart, dan lainnya.

14. Taman Satwa Kebun Binatang Jahri Saleh

Pengunjung bisa menyaksikan aneka satwa di Taman Satwa Kebun Binatang Jahri Saleh. Lokasinya berada di Jalan Jahri Saleh, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Salah satu koleksi andalan kebun binatang ini adalah orang utan, seperti dikutip dari Banjarmasin Post Tribunnews.

Jika lelah berjalan kaki, pihak pengelola menyediakan gazebo untuk istirahat pengunjung.

Duta Mall merupakan pusat perbelanjaan favorit masyarakat Kota Banjarmasin. Lokasinya berada di Jalan Ahmad Yani, Sungai Baru, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Ada beragam tenant di Duta Mall, mulai dari pakaian, sepatu, gerai makanan serta minuman, aksesoris, dan lainnya.

Orang tua bisa mengajak anak-anak bermain di playground seperti Playtopia Junior, Kidzooona, Fun World dan Amazone.

Melansir dari laman resmi resmi Duta Mall Banjarmasin, semua playground tersebut berada di lantai 3F pusat perbelanjaan.

Wisatawan yang ingin mengenal lebih dalam sejarah Kota Banjarmasin, bisa mengunjungi Museum Wasaka.

Pendirian museum ini bertujuan untuk mengenang perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Ada beberapa koleksi yang disimpan dalam Museum Wasaka, mulai foto-foto hingga senjata yang digunakan para pejuang kemerdekaan

Bangunan Museum Wasak cukup unik karena menempati bangunan rumah adat Banjar Bubungan Tinggi.

Museum ini berada di Jalan Adam Kompleks Haji Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Mengutip Kompas.com (25/1/2023), nama Wasaka merupakan singkatan dari waja sampai ka puting, yang merupakan moto perjuangan masyarakat Kalimantan Selatan.

Moto tersebut dalam bahasa Indonesia berarti terbuat dari baja mulai pangkal sampai ke ujungnya. Maksudnya adalah perjuangan yang tidak pernah berhenti hingga tets darah peghabisan.

17. Kampung Rumah Banjar 

Selain Museum Wasaka, wisatawan yang ingin mengenal lebih dalam budaya Kota Banjarmasin, bisa mengunjungi Kampung Rumah Banjar.

Mengutip Tribun Banjarmasin, Kampung Rumah Banjar terletak pada irisan dua kelurahan yaitu Kelurahan Surgi Mufti dan kelurahan Sungai Jingah, yang berada di Kecamatan Banjarmasin Utara.

Kampung Rumah Banjar diperkirakan mulai dibangun pada pertengahan abad ke-19. Prediksi ini berdasarkan pondasi dan bangunan rumah Banjar yang terdiri dari kayu ulin.

18. Waterboom Banua Anyar

Wahana permainan air bisa masuk dalam pilihan wisata di Banjarmasin. Lokasinya berada di Jalan Banua Anyar, Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin.

Berbagai wahana seru dan menarik tersedia di Waterboom Banua Anyar. Misalnya wahana race slide, lazy river, water slide, water playground anak, dan lainnya.

Selain bermain wahana air, pengunjung bisa berenang dan berfoto bersama keluarga atau teman-teman. Wahana permainan tersebut dicat berwarna warni sehingga menambah daya tarik Waterboom Banua Anyar.

19. Alvin Waterboom 

Alvin Waterboom adalah wahana permainan air yang berada di pinggir Kota Banjarmasin. Lokasinya berada di Jalan Tembus Mantuil, Kelurahan Kelayan Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin. 

Meskipun berada di pinggir kota, waterboom ini ramai dikunjungi wisatawan. Tersedia kolam dangkal yang bisa digunakan untuk anak-anak.

Selain itu, ada wahana perosotan yang tersedia bagi pengunjung. Alvin Waterboom juga menyediakan fasilitas umum lainnya seperti toilet, warung, ruang ganti, area parkir, dan lainnya.

Berwisata ke Kota Seribu Sungai, tidak lengkap rasanya tanpa menyaksikan panorama sungai di Kota Banjarmasin. Adapun sungai besar yang mengalir di Kota Banjarmasin adalah Sungai Martapura dan Sungai Barito. 

Wisatawan yang ingin menyaksikan panorama Sungai Martapura bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti kawasan Wisata Siring, Menara Pandang, dan Taman Siring Nol Kilometer.

Sungai Martapura merupakan anak sungai Barito, yang muaranya terletak di Kota Banjarmasin dan di hulunya berlokasi di Kabupaten Banjar. 

https://travel.kompas.com/read/2023/02/23/000406527/20-wisata-banjarmasin-lengkap-pasar-terapung-hingga-museum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke