Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kampoeng Gallery, Hidden Gem di Jaksel yang Suguhkan Nuansa '90-an

KOMPAS.com - Ada yang menarik di sudut Stasiun Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Berjarak 200 meter saja dari pintu keluar stasiun, kamu akan melihat sebuah kawasan yang dipenuhi barang-barang antik ala 1990-an.

Kamu pun seolah mendadak memisahkan diri dari keramaian dan pergi dengan mesin waktu ke masa lalu.

Tempatnya unik. Cukup tersembunyi, tetapi tidak sulit dicapai. Namanya adalah Kampoeng Gallery. Lokasi yang agak tertutup dan tersembunyi, membuat Kampoeng Gallery layak disebut sebagai hidden gem di Jakarta Selatan.

Berdiri sejak 2010, tempat ini telah menjadi wadah untuk menampung ribuan koleksi pribadi pemiliknya yang sebagian besar adalah buku-buku tua.

Pengunjung akan menemukan pajangan lukisan, buku, dan tabloid tempo dulu, juga aneka gitar, piringan hitam band-band legendaris, seperti The Beatles dan Pink Floyd, hingga ratusan mobil hot wheels yang ikut mejeng di sini.

"Kampoeng Gallery itu saya dirikan karena hobi. Saya sangat menyukai kultur Indonesia dan barang-barang Indonesia zaman dulu. Itu (barangnya) sudah hampir hilang," kata pemilik Kampoeng Gallery Ivan Moningka kepada Kompas.com di lokasi, Kamis (23/2/2023).

Konsep perkampungan di Kampoeng Gallery

Suasana nyaman yang terinspirasi dari perkampungan, tercermin dari furniture bergaya klasik di Kampoeng Gallery.

"Kampoeng Gallery memang kita buat memang seperti perkampungan. Ada jemuran juga, ada dapur, ada tanaman," sambung dia.

Dengan begitu, pengunjung yang bersantai maupun membaca buku atau berdiskusi satu sama lain mendapatkan kenyamanan yang intim.

Ditambah lagi, tersedia pula berbagai menu masakan rumahan yang dapat dibeli dengan harga bersahabat.

Menu kulineran di Kampoeng Gallery

Ada mie goreng yang dibanderol mulai Rp 12.000-an, aneka nasi goreng mulai Rp 17.000-an, hingga berbagai kudapan ringan, seperti singkong goreng, kentang goreng, otak-otak dan kue brownies.

Sedangkan untuk minuman, ada berbagai pilihan, seperti es kopi susu kampoeng seharga Rp 12.000, es coklat kampoeng Rp 10.000, es jeruk, es green tea kampoeng, es thai tea kampoeng, dan berbagai minuman lainnya dengan rentang harga Rp 5.000 sampai Rp 15.000.

Bagaimana, tertarik datang ke sini? Kampoeng Gallery buka mulai pukul 11.00 WIB sampai 23.00 WIB setiap hari. Alamatnya ada di Jalan Mesjid Al-Huda nomor 1, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/23/193100127/kampoeng-gallery-hidden-gem-di-jaksel-yang-suguhkan-nuansa-90-an

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke