Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Memilih Biro Travel Umrah, Salah Satunya Pilih yang Tepercaya Seperti Aqobah Travel

Animo masyarakat Indonesia yang sangat tinggi membuat keberadaan bisnis travel haji dan umrah makin menjamur saat ini. Agar ibadah dapat berjalan lancar dan nyaman, sebaiknya Anda memilih biro travel yang tepercaya.

Biro travel tepercaya memiliki rekam jejak keberhasilan memberangkatkan calon jemaah sejak didirikan. Pengalaman tersebut tidak hanya dapat menjadi bukti legalitasnya, tetapi juga profesionalitasnya untuk menjawab kebutuhan calon jemaah.

Oleh karena itu, memilih biro travel tepercaya juga dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan Anda, sehingga Anda dapat beribadah dengan tenang selama di Tanah Suci. Kenali biro travel haji dan umrah tepercaya dengan tujuh ciri-ciri berikut.

1. Memiliki lokasi kantor riwayat perusahaan

Untuk mengetahui kredibilitas biro travel haji atau umrah, Anda perlu mencari tahu lokasi dan alamat kantornya. Kemudian, Anda sebaiknya mendatangi kantor tersebut untuk memastikan keberadaannya serta mengetahui kegiatan di kantornya.

Selain itu, Anda perlu mencari tahu riwayat perusahaan tersebut beroperasi. Jika biro travel layanan haji dan umrah tersebut tepercaya, biasanya informasi tentang perusahaan, kegiatan, atau reputasinya tidak sulit ditemukan melalui internet.

2. Memiliki izin resmi dari Kemenag

Memilih biro travel haji atau umrah yang berizin resmi adalah keharusan, sebab tidak sembarang perusahaan dapat menjalankan bisnis ini. Oleh karena itu, pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar dan memiliki izin dari Kementerian Agama (Kemenag).

Ada dua cara untuk mengetahui legalitasnya, yaitu dengan mendatangi kantor Kemenag dan mengakses situs website simpu.kemenag.go.id. Untuk memilih melalui situs website, Anda hanya perlu melakukan pencarian dengan memasukkan nama perusahaan tersebut.

3. Menawarkan harga yang wajar

Biro travel haji atau umrah yang menawarkan biaya jauh lebih murah dibandingkan biaya rata-rata atau yang ditetapkan pemerintah sebaiknya dihindari. Terlebih, jika penawaran tersebut dengan iming-iming fasilitas atau akomodasi setara paket biaya normal.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencari tahu lebih dulu biaya perjalanan haji atau umrah. Biro travel yang tepercaya biasanya terbuka tentang fasilitas yang diberikan.

Tidak kalah penting adalah memperhatikan rekening yang digunakan perusahaan untuk calon jemaah membayar. Biro travel haji atau umrah yang tepercaya biasanya memiliki rekening atas nama perusahaan, bukan atas nama pribadi.

4. Memberikan visa umrah

Selanjutnya, Anda perlu mengecek dan memastikan bahwa visa yang digunakan adalah visa untuk umrah. Salah satu cara untuk dapat memastikan status visa tersebut adalah dengan mengonfirmasinya ke Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) Kemenag.

Visa yang didapatkan dari pemerintah Arab Saudi untuk tujuan perjalanan umrah tidak dapat diajukan per orang, melainkan hanya dapat diajukan oleh biro travel umrah.

5. Memiliki jadwal keberangkatan

Biro travel umrah tepercaya memiliki jadwal keberangkatan yang pasti karena sudah memiliki seat pesawat untuk calon jemaah. Jemaah akan mendapatkan informasi jadwal keberangkatan secara detail, mulai dari hari, tanggal, hingga jam keberangkatan.

Oleh karena itu, Anda sepatutnya curiga terhadap biro travel yang tidak dapat memberikan kepastian waktu keberangkatan, mulai dari hari, tanggal, hingga jam keberangkatan.

Anda juga sebaiknya berhati-hati dengan biro travel yang menjanjikan keberangkatan tetapi harus menunggu berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Biro travel tepercaya seharusnya dapat memberikan kepastian jadwal keberangkatan setelah Anda terdaftar.

6. Memberitahu nama dan alamat hotel di Tanah Suci

Seperti tanggal keberangkatan, nama dan alamat hotel yang akan menjadi tempat Anda menginap di Arab Saudi juga harus dipastikan benar-benar ada. Pasalnya, tidak sedikit aduan tentang penelantaran jemaah karena tidak kejelasan terkait fasilitas tersebut.

Selain mengecek kebenaran keberadaan hotel tersebut melalui internet, Anda sebaiknya juga mencari tahu jarak dari lokasi hotel ke Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Biro travel tepercaya selalu transparan dengan informasi tersebut.

7. Menyediakan pembimbing umrah

Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa biro travel yang akan Anda pilih menyediakan pembimbing ibadah umrah. Sebab, pembimbing adalah orang yang bertanggung jawab menemani Anda saat di Tanah Suci.

Keberadaan pembimbing dapat membuat Anda merasa aman selama di perjalanan dan saat beribadah di Tanah Suci, terutama jika Anda baru pertama kali melakukan umrah.

Nah, itulah tips memilih biro travel tepercaya untuk mewujudkan impian Anda beribadah di Tanah Suci. Salah satu biro travel tepercaya yang dapat Anda andalkan adalah Aqobah Travel.

Aqobah Travel merupakan penyedia layanan haji, umrah, dan wisata muslim yang berkantor di Bintaro, Tangerang Selatan. Biro travel ini telah berdiri sejak 2011 dan terdaftar di Kemenag dengan Nomor PPIU U.579 dan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) 610.

Selama 12 tahun beroperasi, Aqobah Travel sudah memberangkatkan lebih dari 5.000 jemaah. Aqobah Travel juga memiliki rekanan (muassasah) di Arab Saudi yang dapat membantu pengurusan visa dan land arrangement.

Saat situasi pandemi Covid-19 sudah terkendali serta bandara di Jeddah dan Madinah dibuka pada awal 2022, Aqobah Travel menjadi salah satu biro travel yang kembali memberangkatkan jemaah baru dan yang tertunda selama dua tahun akibat pandemi.

Hampir 100 persen jemaah yang keberangkatannya tertunda sudah berangkat pada 2022. Semua track record tersebut membuktikan Aqobah Travel sebagai biro travel yang amanah.

Saat ini, Aqobah Travel menyediakan jadwal keberangkatan umrah Ramadhan dan syawal atau Lebaran Idul Fitri 2023. Tersedia paket awal tahun mulai Rp 26 juta, paket Ramadhan mulai Rp 32 juta, dan Paket Umrah Lebaran dan Umrah Plus Turki mulai Rp 32 juta.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi Kantor Pusat Aqobah Travel di Jalan Mandar Utama DC-01 Nomor 3, Tangerang Selatan. Kantor tersebut beroperasi mulai Senin hingga Jumat pada pukul 09.00-17.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), serta Sabtu pada pukul 09.00-14.00 WIB.

Anda juga dapat mencari informasi tentang layanan yang ditawarkan dengan menghubungi hotline melalui WhatsApp atau mengunjungi situs website Aqobah Travel. Ikuti juga media sosial (medsos) Aqobah Travel di Instagram @aqobah.travel untuk informasi promosi yang berlaku. (Wandha Nur Hidayat/pasangiklan.com)

https://travel.kompas.com/read/2023/02/24/130000227/7-tips-memilih-biro-travel-umrah-salah-satunya-pilih-yang-tepercaya-seperti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke