Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di 4 Kebun Binatang Ini Bisa Ketemu Kapibara "Masbro"

KOMPAS.com - Hewan kapibara (Hydrachoerus hydrochaeris) atau kerap disebut masbro atau kapibara masbro belakangan ramai dibincangkan.

Hewan pengerat ini disorot lantaran dianggap oleh sebagian warganet sebagai hewan paling "santai" di dunia.

Dikutip dari Kompas.com (3/2/2023), hal ini karena beredarnya video di media sosial yang memperlihatkan kapibara tengah berinteraksi dengan berbagai spesies, termasuk predator.

Dalam video, diperlihatkan pula kapibara tampak "santai" berada di punggung seekor buaya yang sedang berjalan, serta gambar lainnya memperlihatkan seekor kapibara sedang minum santai di pinggir sungai meskipun ada banyak buaya di sekitarnya.

Kapibara pun terus menjadi perbincangan. Tak sedikit warganet yang menganggapnya menggemaskan dan ingin melihat langsung hewan ini.

Kamu salah satunya? Jangan khawatir, ternyata kapibara bisa ditemukan di beberapa kebun binatang di Indonesia, lho. Berikut beberapa di antaranya, seperti dihimpun Kompas.com.

Kebun binatang tempat melihat kapibara

1. Taman Margasatwa Ragunan

Kapibara masbro bisa ditemukan salah satunya di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan.

Dalam sebuah unggahan di Instagram, kebun binatang tersebut menginformasikan bahwa pengunjung bisa bertemu hewan bersahabat itu di sana.

"Apakah ini “masbro” yang sedang dicari-cari?"

"Untuk kamu yang ingin melihat satwa capybara, bisa langsung datang ke Taman Margasatwa Ragunan, untuk lokasi peragaannya dekat dengan Pintu Barat dan Pintu Timur," tulis Taman Margasatwa Ragunan, (13/2/2023).

Taman Margasatwa Ragunan berlokasi di Jalan Harsono RM Nomor 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

2. Lembang Park Zoo

Bagi warga Bandung dan sekitarnya, atau saat berwisata ke sana, Lembang Park and Zoo juga memiliki koleksi kapibara.

Melalui unggahan Instagramnya, kebun binatang yang berlokasi di Lembang, Kabupaten Bandung Barat itu mengatakan bahwa 

"Tentu ada dong (kapibara)," jawab Lembang Park and Zoo melalui sebuah unggahan video yang memperlihatkan beberapa ekor kapibara koleksinya sedang beraktivitas.

Adapun Lembang Park and Zoo berlokasi di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

"Perkenalkan ini adalah kapibara yang memiliki kemiripan dengan marmut," tulis akun Intsagram @batusecretzoo.official, November 2022, sambil mengunggah foto kapibara yang tengah merendam setengah tubuhnya ke dalam air.

Adapun Batu Secret Zoo merupakan bagian dari Jatim Park 2. Lokasinya ada di Jalan Oro-oro Ombo Nomor 9, Kota Batu, Jawa Timur

4. Taman Safari Indonesia Bogor

Warga Bogor dan sekitarnya juga bisa mampir ke Taman Safari Indonesia Bogor untuk melihat kapibara.D

Video yang diunggah kebun binatang tersebut di Instagram, terlihat seekor kapibara tengah berenang santai, kemudian naik ke darat.

"Kapibara adalah satwa semi-akuatik. Mereka menyukai lingkungan basah yang banyak ditumbuhi rumput dan dekat dengan sungai atau rawa. Satwa ini melakukan sebagian besar aktivitas di darat. Saat cuaca panas mereka pasti berendam di dalam air," tulis Taman Safari Bogor dalam unggahannya, Desember 2021. 

Lokasi Taman Safari Indonesia Bogor ada di Jalan Kapten Harun Kabir Nomor 724, Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/27/100335127/di-4-kebun-binatang-ini-bisa-ketemu-kapibara-masbro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke