Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Syarat Masuk Taiwan Terbaru: Tak Perlu Hasil Tes PCR dan Syarat Vaksinasi Covid-19

KOMPAS.com - Wisatawan asing yang ingin memasuki Taiwan, kini tidak memerlukan lagi hasil negatif tes PCR, karantina, maupun bukti syarat vaksinasi Covid-19.

Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Director Taiwan Tourism Bureau KL Office, Abe Chou.

"Jadi sejak 13 Oktober tahun lalu (2022), sudah dibuka perbatasan Taiwan. Sekarang ini kalau masuk ke Taiwan tidak perlu karantina, tidak perlu PCR," kata dia kepada Kompas.com dalam acara ASTINDO Travel Fair 2023 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (24/2/2023).

Intinya, lanjut dia, turis asing tersebut datang dalam keadaan sehat dan tidak dalam kondisi demam.

Apabila saat berada di Taiwan wisatawan merasa kurang sehat, mereka bisa segera memeriksakan diri dan melakukan karantina mandiri selama tujuh hari.

"Jadi sekarang Taiwan sama seperti sebelum pandemi karena adanya Covid-19," ucap dia.

Wisatawan perlu punya asuransi perjalanan

Kendati begitu, Abe tetap menyarankan turis asing untuk memiliki asuransi perjalanan saat berwisata ke Taiwan, meski bukan lagi syarat wajib.

"Kalau sekarang tidak ada persyaratan bahwa harus asuransi perjalanan Covid-19. Tentu saja disarankan, namanya pergi jalan-jalan untuk keamanan sendiri, tapi ini tidak menjadi persyaratan," ujar Abe.

Begitu pula untuk ketentuan vaksinasi Covid-19. Tidak ada lagi aturan yang mewajibkan wisatawan menyertakan bukti dosis vaksinasi Covid-19 sesampainya di sana.

"Bahkan kalau untuk vaksinasi itu tidak dibatasi. Jadi tidak ada pemeriksaan udah berapa kali vaksinasinya, udah vaksinasi atau belum," ucap dia.

Di kesempatan berbeda, Abe juga menyampaikan bahwa Taiwan tidak lagi memberikan alat Rapid Test di pintu masuk kedatangan, seperti beberapa bulan lalu.

"Tidak akan diberi alat Rapid Test lagi seperti beberapa bulan lalu, sekrang tidak lagi, sudah dibebaskan," ujar dia dalam sesi Taiwan Tourism Promotion di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (27/2/2023).

https://travel.kompas.com/read/2023/02/28/073100327/syarat-masuk-taiwan-terbaru--tak-perlu-hasil-tes-pcr-dan-syarat-vaksinasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke