Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Pintu Kamar Hotel Bisa Dibuka dari Luar? Ketahui Penjelasannya

KOMPAS.com - Setiap pintu kamar hotel dilengkapi dengan kunci untuk memastikan keamanan para tamu. Ada berbagai jenis kunci pintu hotel, seperti sistem kunci kartu, pin, dan manual.

Pada umumnya, hotel di Indonesia sudah menggunakan sistem kunci kartu atau cardlock yang diberikan pada tamu saat proses check-in.

Jadi, kamar hotel hanya bisa dibuka menggunakan kunci kartu itu dengan cara menempelkan atau memasukkan kunci kartu pada kotak sensor.

Itu berarti, hanya pemegang kunci kartu yang bisa membuka pintu kamar hotel dari luar. Namun demikian, para tamu hotel diimbau tetap waspada.

Apakah pintu hotel bisa dibuka dari luar? 

Pertanyaan yang kerap muncul berkaitan dengan kamar hotel adalah, apakah pintu hotel bisa dibuka dari luar? Pasalnya, hal ini berkaitan dengan keamanan dan privasi para tamu.

Marketing Communication Manager Mercure Bandung City Centre, Dyah Annisa menjelaskan, hotel yang menggunakan sistem kunci kartu, tidak bisa dibuka dari luar tanpa kunci kartu tersebut.

Ia menuturkan, setiap kunci kartu diprogram khusus untuk satu kamar dan akses umum seperti lift. Jadi, kunci kartu yang dipegang tamu, tidak bisa digunakan untuk membuka semua kamar hotel.

“(Kamar) Hotel yang sudah menggunakan sistem kunci kartu tidak bisa dibuka tanpa kartu yang sudah di-setting,” jelasnya kepada Kompas.com, Selasa (28/2/2023).

Mayoritas hotel di Indonesia sudah menggunakan sistem kunci kartu ini, termasuk Mercure Bandung City Centre.

Namun demikian, ternyata ada staf hotel yang memegang kunci kartu master, salah satunya staf housekeeping yang bertugas membersihkan kamar hotel.

Meskipun memegang kunci master yang bisa membuka semua pintu kamar hotel, staf housekeeping tidak boleh sembarangan masuk kamar hotel tanpa izin tamu.

“Untuk staf hotel ada kunci master yang bisa membuka semua kamar, biasanya digunakan untuk membersihkan kamar. Namun staf yang bertugas tidak diperbolehkan membuka kamar sembarangan tanpa izin dari tamu,” ujarnya.

Tips mengunci kamar hotel agar aman 

Meskipun tamu memegang kunci kartu, namun tidak ada salahnya untuk tetap waspada. Sebab, ternyata masih ada kunci master yang bisa digunakan untuk membuka semua kamar hotel, dimana kunci ini tidak dipegang oleh tamu.

Berikut tips mengunci kamar hotel agar aman seperti dihimpun Kompas.com.

1. Gunakan kunci ganda 

Dyah menyarankan, tamu hotel menggunakan kunci manual yang berada di pintu bagian dalam. Kunci ini hanya bisa diakses oleh tamu saat berada di dalam kamar.

“Supaya lebih aman, tamu dapat menggunakan kunci ganda dan juga kunci rantai yang terdapat di tiap kamar,” jelasnya.

Mengunci kamar hotel dari dalam akan meningkatkan keamanan para tamu. Khususnya pada saat tidur maupun ketika di kamar mandi.

Melansir dari The Sun, sebagian besar hotel memang telah menggunakan kartu kunci elektronik untuk membuka pintu kamar. Namun, siapa pun yang memiliki kartu kunci termasuk staf yang ditugaskan ke kamar tersebut dapat menggunakannya untuk masuk ke dalam kamar. 

Oleh sebab itu, para tamu dianjurkan untuk menggunakan kunci manual seperti gerendel untuk memastikan pintu terkunci.

2. Pastikan kunci manual berfungsi

Masih dari sumber The Sun, para tamu dianjurkan untuk memastikan kunci manual di dalam kamar berfungsi.

“Periksa kunci pintu kamar hotel Anda sebelum membongkar barang bawaan,” tulis salah satu pengguna Reddit, dilansir dari The Sun.

Sebab, ada beberapa tamu yang mengalami pengalaman buruk berkaitan dengan kunci kamar hotel. Misalnya, salah satu pengguna Reddit bercerita bahwa seorang pria pernah memasuki ke kamar hotel bibinya menginap, padahal sudah dikunci menggunakan kartu kunci.

Ternyata, pria tersebut sudah membuntuti bibinya dan mengatakan kepada pihak resepsionis bahwa ia mengenal bibinya, lalu meminta kunci kamar.

“Pada tengah malam, dia (pria) meyakinkan resepsionis bahwa dia mengenal perempuan itu, dan mereka (resepsionis) memberinya kunci kamar mereka,” tulis salah satu pengguna Reddit dilansir dari The Sun.

3. Jangan tinggalkan barang berharga di kamar saat keluar

Para tamu disarankan tidak meninggalkan barang berharga saat keluar kamar hotel, meskipun sudah menguncinya. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, tamu hotel harus segera melapor kepada resepsionis.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/28/112545827/apakah-pintu-kamar-hotel-bisa-dibuka-dari-luar-ketahui-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke