Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pantai Kelingking di Bali Masuk Daftar Pantai Terbaik di Dunia 2023

KOMPAS.com - Pantai Kelingking atau Kelingking Beach di Nusa Penida, Bali, ada di peringkat ke-16 dari daftar 25 Best Beaches in The World atau Best of the Best Beaches (pantai terbaik di dunia) 2023.

Daftar ini merupakan bagian dari penghargaan Travelers' Choice Awards 2023 dari situs perjalanan TripAdvisor.

  • 7 Fakta Tidak Biasa tentang Pantai Kelingking
  • 25 Pantai Terbaik di Dunia 2023 Versi TripAdvisor, Ada dari Bali

"Dibatasi oleh tebing tinggi nan curam, perairan berwarna biru kehijau-hijauan dirangkul oleh pantai putih halus dengan panorama yang luar biasa. Rasanya seperti surga di dunia," bunyi salah satu ulasan mengenai Pantai Kelingking dari laman resmi penghargaan tersebut, dikutip Selasa (28/2/2023).

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (25/6/2021), nama Pantai Kelingking diberikan lantaran pintu masuknya berada di tebing dengan bukit memanjang dan menjorok ke arah laut, atau terlihat mirip kelingking.

Selain itu, tebing di Pantai Kelingking kerap disebut menyerupai anak ikan paus yang berbaring atau menyerupai leher Tyrannosaurus Rex.

Sementara itu, di peringkat pertama dalam daftar Best Beaches in the World 2023 adalah Pantai Baia do Sancho di Brasil.

Pantai ini disebut berlokasi cukup terpencil, bahkan wisatawan harus menuruni anak tangga dan berjalan di jalur berbatu untuk sampai di Pantai Baia do Sancho.

Selanjutnya di peringkat kedua ada Eagle Beach di Aruba, disusul oleh Cable Beach di Australia di peringkat ketiga, Reynisfjara Beach di Islandia di peringkat keempat, dan Grace Bay Beach di Kepulauan Turks dan Caicos di peringkat kelima.

Metodologi

Digelar setiap tahun, Travelers' Choice Awards memberi penghargaan kepada destinasi, hotel, restoran, dan aktivitas favorit pelaku perjalanan di seluruh dunia. 

Penghargaan ini berdasarkan kualitas dan kuantitas ulasan serta pemeringkatan di TripAdvisor yang dihimpun dalam 12 bulan (1 Januari 2022-31 Desember 2022), ditambah proses editorial. 

Untuk dapat turut serta dalam penghargaan ini, properti, bisnis, destinasi, atau daya tarik suatu tempat harus sudah bergabung dalam TripAdvisor setidaknya 12 bulan.

Mereka juga harus menerima ulasan dalam jumlah ambang batas dalam periode evaluasi penghargaan tersebut, dan harus mempertahankan atau melampaui penilaian minimum di Tripadvisor.

https://travel.kompas.com/read/2023/02/28/221309627/pantai-kelingking-di-bali-masuk-daftar-pantai-terbaik-di-dunia-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke