Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Wisata Dekat The Wujil Aqua Park Semarang, Ada Dusun Semilir

KOMPAS.com - The Wujil Aqua Park adalah wahana air yang berada dalam area The Wujil Resort & Conventions di Kabupaten Semarang. Obyek wisata ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Marketing & Brand Manager The Wujil Resort & Conventions, Venni Arsintha menjelaskan, wahana utama The Wujil Aqua Park adalah balon terapung yang terinspirasi dari reality show asal Jepang, Benteng Takeshi.

“Water park ini bukan water park pada umumnya hanya seluncuran, tapi kami menghadirkan tantangan balon apung seperti Benteng Takeshi,” jelasnya kepada Kompas.com, Rabu (1/3/2023).

Wisatawan yang berkunjung ke The Wujil Aqua Park bisa mampir ke sejumlah destinasi wisata lainnya di Kabupaten Semarang. Pasalnya, lokasi The Wujil Aqua Park strategis di pinggir jalan utama Semarang-Solo.

Tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta Km 25,5, Wujil, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

“Kami sangat dekat dengan beberapa tempat wisata, seperti Dusun Semilir, Cimory (Dairyland on The Valley), Umbul Sidomukti, Ayanaz Gedongsongo, jadi sangat strategis,” ujar Venni.

The Wujil Aquapark buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB. Pengunjung bisa membeli tiket terusan seharga Rp 65.000 per orang untuk mendapatkan akses ke semua wahana.

Selain tiket terusan, adapula tiket terpisah untuk masing-masing wahana mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 50.000 per orang.

Wisata dekat The Wujil Aqua Park

Berikut sejumlah obyek wisata dekat The Wujil Aqua Park yang bisa menjadi alternatif bagi wisatawan, seperti dihimpun Kompas.com.

Obyek wisata ini dulunya bernama Cimory on The Valley. Lokasinya berada di Jalan Soekarno Hatta, Begojuh, Jatijajar, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang sekitar 9 menit dari The Wujil Aqua Park, atau 5 kilometer (km).

Dairyland on The Valley adalah wisata ramah anak dan keluarga. Ada berbagai aktivitas seru bersama anak, meliputi menunggang kuda, memerah susu sapi, memberi makanan ternak, berfoto di spot Instagramable, dan lainnya.

Tak lupa pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman di restoran yang tersedia.

Obyek wisata satu ini sangat populer di kalangan wisatawan. Lokasinya berada di Jalan Soekarno - Hatta Nomor 49, Bawen, Kabupaten Semarang.

Jaraknya dari The Wujil Aqua Park sekitar 9,8 km dengan waktu tempuh 15 menit.

Mengutip Kompas.com (1/5/2022), ikon wisata Dusun Semilir adalah bangunan yang bentuknya menyerupai candi yang terinspirasi dari Candi Borobudur.

Daya tarik lainnya  adalah perosotan warna-warni berukuran raksasa dengan tinggi 40 meter dan panjang lintasan 120 meter. Ada beragam wahana permainan di Dusun Semilir untuk anak-anak hingga dewasa, seperti panahan, ATV, sepeda listrik, playground, dan lainnya.

Ada wahana baru di Dusun Semilir yaitu Dusun Salju. Seperti namanya, wahana yang dibuka sejak Juli 2022 itu menawarkan sensasi bermain salju untuk semua usia dan kalangan.

Eling Bening merupakan wisata keluarga bertema alam. Lokasinya berada di Jalan Sarjono, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang, sekitar 18 menit dari The Wujil Aqua Park, atau berjarak 10 km.

Mengutip Kompas.com (17/10/2020), Eling Bening menawarkan pemandangan alam yang indah berupa Gunung Merbabu, Andong, Telomoyo, Danau Rawa Pening, dan hamparan sawah hijau.

Selain panorama alam, obyek wisata ini memiliki sejumlah fasilitas antara lain kolam renang, kafe, restoran, outbound, camping ground, dan ruang pertemuan.

Tak jauh dari The Wujil Aqua Park ada pilihan wisata museum, yakni Museum Kereta Api Ambarawa. Lokasinya berada di Jalan Stasiun No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kecamatan Ambarawa.

Jaraknya dari The Wujil Aqua Park sekitar 15 km dengan waktu tempuh 24 menit berkendara.

Mengutip Kompas.com (8/1/2023), terdapat berbagai jenis koleksi lokomotif kuno pada era Hindia-Belanda di museum ini. Pengunjung juga bisa melihat bangunan Stasiun Ambarawa atau Willem 1 yang berusia 1,5 abad.

Tidak ketinggalan, ada kereta api wisata yang bisa dinaiki penumpang. Kereta yang ditarik lokomotif diesel antik ini akan membawa penumpang melintasi Rawa Pening sampai Stasiun Tuntang, pulang-pergi.

Rawa Pening adalah danau alami yang memiliki luas sekitar 2.670 hektar.

Mengutip Kompas.com (27/12/2021), dari lokasi danau, wisatawan bisa menikmati pemandangan  Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. 

Selain itu, Rawa Pening memiliki banyak spot foto Instagramable, antara lain jembatan panjang di atas rawa dan patung naga besar. Patung naga itu, menggambarkan naga dalam legenda asal usul Rawa Pening, yakni Baru Klinthing.

Wisatawan bisa naik perahu kayu mengelilingi area danau. Jaraknya dari The Wujil Aqua Park sekitar 13,7 km dengan waktu tempuh 25 menit.

Saloka Theme Park adalah taman rekreasi yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Lokasinya berada di Jalan Fatmawati, Nomor 154, Tuntang, Kabupaten Semarang.

Jaraknya dari The Wujil Aqua Park sekitar 15 km dengan waktu tempuh 26 menit. Taman rekreasi ini memiliki 25 wahana yang terbagi dalam lima zona tematik.

Selain wahana permainan, obyek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas restoran, mushola, toilet, area parkir luas, persewaan skuter listrik, klinik, peminjaman kursi roda, ruang laktasi, loker penitipan barang, dan sebagainya.

Candi Gedong Songo adalah wisata sejarah dan budaya di Kabupaten Semarang. Kompleks candi bercorak Hindu ini lokasinya berada di ketinggian 1.200-1.300 mdpl.

Jaraknya dari The Wujil Aqua Park sekitar 16 km dengan waktu tempuh 35 menit.

Mengutip Kompas.com (28/12/2021), gedong berarti bangunan dan songo berarti sembilan. Wisatawan bisa menjumpai sembilan bangunan candi sesuai dengan namanya.

Bangunan candi yang sakral, berpadu dengan gugusan awan dan latar belakang gunung-gunung di Jawa Tengah. Selain wisatawan, Candi Gedong Songo menjadi incaran para fotografer karena pemandangannya bagus. 

Obyek wisata ini adalah taman hiburan outdoor yang menawarkan tempat santai dan spot foto dengan latar belakang gunung. Lokasinya masih berada  di sekitar kompleks Candi Gedong Songo.

Jaraknya dari The Wujil Aqua Park sekitar 16 km dengan waktu tempuh 35 menit.

Mengutip dari Kompas.com (30/5/2022), tempat wisata ini sempat viral karena spot foto yang instagramable dan unik.

Pengunjung bisa berfoto di balon udara berwarna-warni, ayunan di atas kolam, kursi di tengah kolam, replika perahu, tenda, serta spot foto kekinian lainnya. 

Umbul Sidomukti merupakan kolam renang yang airnya berasal dari mata air Gunung Ungaran. Wisata alam ini berada di lereng Gunung Ungaran di ketinggian 1.200 mdpl.

Mengutip dari Kompas.com (26/3/2022), terdapat tiga kolam dengan kedalaman bervariasi mulai dari 30 centimeter hingga 1,5 meter.

Selain kolam renang, wisatawan bisa menikmati fasilitas lainnya seperti wahana Little Ranch, berkuda, panahan, dan susur goa buatan sepanjang 135 meter. Umbul Sidomukti juga menyediakan wahana permainan, yaitu ATV, flying fox, marine bridge, sepeda awang, dan lainnya.

Lokasinya berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Jaraknya dari The Wujil Aqua Park sekitar 11 km dengan waktu tempuh 26 menit.

Taman Bunga Celosia adalah taman bunga kekinian dengan beragam spot foto Instagramable. Wisatawan bisa melihat ratusan bunga hias warna-warni yang menyegarkan mata sehingga cocok untuk rekreasi.

Alamatnya berada di Jalan Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang. Jaraknya sekitar 14 km atau 31 menit dari The Wujil Aqua Park.

Selain taman bunga, ada spot foto instagramable seperti Little Italia, Little Korea, dermaga putih, taman bunga, White Marine Park, dan masih banyak lainnya.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/02/230100127/10-wisata-dekat-the-wujil-aqua-park-semarang-ada-dusun-semilir

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke