Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Wisata The Wujil Aqua Park Semarang, Harga Tiket hingga Rute

KOMPAS.com - The Wujil Aqua Park adalah wahana air yang berada dalam area The Wujil Resort & Conventions di Kabupaten Semarang. Meskipun berada dalam area resort, water park atau aqua park ini terbuka untuk umum atau tidak terbatas hanya bagi tamu. 

Marketing & Brand Manager The Wujil Resort & Conventions, Venni Arsintha mengatakan, wahana utama The Wujil Aqua Park adalah balon terapung yang terinspirasi dari reality show asal Jepang, Benteng Takeshi. 

“Water park ini bukan water park pada umumnya hanya seluncuran, tapi kami menghadirkan tantangan balon apung seperti Benteng Takeshi,” jelasnya kepada Kompas.com, Rabu (1/3/2023).

Selain wahana air, The Wujil Aqua Park menyajikan aneka atraksi wisata lainnya seperti rumah kelinci, rumah burung, panahan, taman bermain atau playground, kafe, dan restoran.

Obyek wisata ini sangat cocok bagi keluarga dan anak-anak. Jika kamu berminat datang ke The Wujil Aqua Park, simak panduan wisata lengkapnya berikut ini.

Harga tiket dan jam buka 

The Wujil Aqua Park buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Ada tiket terusan seharga Rp 65.000 per orang. Dengan harga tersebut, pengunjung bisa mengakses semua fasilitas di The Wujil Aqua Park, mulai dari permainan air, memberi makan hewan, dan panahan, serta mendapatkan pinjaman pelampung (vest).

“Kalau ada orang tua datang dengan anaknya, biasanya beliau hanya mendampingi, nah orang tua ini tidak perlu bayar tiket terusan. Cukup tiket masuk atau kami sebut tiket pendamping harganya Rp 10.000 saja,” jelas Venni.

Selain tiket terusan, adapula pilihan tiket terpisah untuk masing-masing wahana. Berikut daftarnya seperti dikutip dari laman Instagram The Wujil Aqua Park, @thewujilaquapark

Tiket masuk, sebesar Rp 10.000 per orang

Tiket permainan air, sebesar Rp 50.000 per orang

Memberi makan kelinci (rabbit house), sebesar Rp 10.000 per orang.

Memberi makan burung (aviary), sebesar Rp 10.000 per orang

Panahan (archery), sebesar Rp 10.000 per orang.

Lokasi dan rute 

Wisatawan yang ingin berkunjung ke obyek wisata ini, lokasinya berada di Jalan Soekarno-Hatta Km 25,5, Wujil, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Venni menuturkan lokasi The Wujil Aqua Park sangat strategis karena berada di jalan utama yang menghubungkan Semarang-Solo. Wisatawan luar kota bisa melalui Jalan Tol Ungaran-Bawen kemudian keluar dari pintu Tol Bawen.

Dari pintu Tol Bawen menuju The Wujil Aqua Park sekitar 11 km, dengan waktu tempuh 20 menit.

“The Wujil ini memang salah satu tempat staregis, letaknya antara segitiga emas Yogyakarta, Semarang, dan Solo,” ujarnya.

Selain itu, The Wujil Aqua Park juga dekat dengan beberapa tempat wisata, seperti Dusun Semilir, Dairyland on The Valley, Umbul Sidomukti, Ayanaz Gedongsongo, Eling Bening, Rawa Pening, dan lainnya.

Fasilitas 

Seperti disampaikan sebelumnya, wahana utama The Wujil Aqua Park adalah permainan balon terapung yang menyerupai reality show asal Jepang, Benteng Takeshi. Anak-anak bisa bermain air sambil melewati rintangan di balon terapung.

“Kolam untuk balon apung ukurannya kurang lebih 4x6 meter. Kapasitasnya kami batasi maksimal 50 orang saja,” jelas Venni.

Demi keamanan, maka pengunjung anak-anak yang diperbolehkan bermain di balon terapung minimal usia tiga tahun. Bagi pengunjung dewasa tidak ada batasan usia, tapi berat badan maksimal 70 kilogram.

Selain itu, pengunjung khususnya anak-anak juga bisa memberi makan kelinci dan burung, bermain panahan, bermain di playground, serta bersantai di kafe atau restoran.

The Wujil Aqua Park juga dilengkapi fasilitas umum seperti toilet dan tempat bilas.

Tips berkunjung 

Ada beberapa tips berkunjung ke The Wujil Aqua Park yang bisa dicoba oleh wisatawan, sebagai berikut:

1. Datang pagi atau sore 

Waktu terbaik berkunjung ke The Wujil Aqua Park adalah pagi atau sore hari saat cuaca tidak begitu terik. Sebab, mayoritas wahana di The Wujil Aqua Park berada di luar ruangan (outdoor).

“Lebih baik datang pagi atau sore hari ketika matahari masih ramah di kulit,” kata Venni.

2. Gunakan tabir surya 

Karena berada di outdoor, Venni juga menganjurkan pengunjung untuk memakai tabir surya sehingga kulit terlindungi dari paparan sinar matahari langsung.

3. Tidak perlu bawa makanan 

Tips selanjutnya adalah pengunjung tidak perlu membawa bekal makanan atau minuman dari rumah masing-masing. Sebab, sudah tersedia fasilitas kafe dan restoran.

“Kalau nanti datang ke The Wujil Aqua Park tidak perlu repot bawa jajan dan makanan,” ujar Venni.

Pengunjung bisa santai di kafe dalam area The Wujil Wujil Aqua Park. Jika mencari makanan berat, pengunjung bisa menyantap aneka masakan Indonesia dan China di Taman Indah Sari Resto yang merupakan restoran legendaris di area The Wujil Resort & Conventions.

4. Ikuti tata tertib

Demi keamanan dan keselamatan, pengunjung sangat disarankan mengikuti tata tertib yang sudah ditetapkan pihak pengelola di area wisata. 

5. Pilih pakaian nyaman 

Pengunjung disarankan memakai baju yang nyaman saat bermain di aqua park. Pengunjung yang memiliki baju renang sangat dianjurkan memakai pakaian tersebut.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/04/160500627/panduan-wisata-the-wujil-aqua-park-semarang-harga-tiket-hingga-rute

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke