Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Julukan Laos, Negara Tanpa Laut di Asia Tenggara 

KOMPAS.com - Laos merupakan salah satu anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Ibukota Laos adalah Vientiane, sekaligus kota terbesar di negara itu. Laos memiliki beberapa atraksi wisata populer, salah satunya air terjun Khone Phapheng yang merupakan air terjun terbesar di Asia Tenggara, sehingga disebut Niagara dari Timur.

Kemudian, Pha That Luang sebuah candi Buddha besar berlapis emas yang terletak di Vientiane. Laos juga dialiri oleh Sungai Mekong yang merupakan sungai terpanjang di Asia Tenggara.

Julukan negara Laos

Selain atraksi wisata populer, Laos memiliki beberapa julukan yang menggambarkan keunikan negara tersebut. Berikut ulasannya seperti dirangkum oleh Kompas.com.

1. Landlocked country 

Landlocked country berarti negara yang terkunci atau terkurung oleh daratan seperti dilansir dari Britannica.

Julukan ini diberikan karena Laos tidak memiliki laut lantaran dikelilingi negara-negara lain. Laos berbatasan langsung dengan daratan China, Myanmar, Vietnam, Kamboja, dan Thailand. 

Negara ini dikelilingi dengan pegunungan dan hutan. Beruntungnya, Laos dilalui oleh Sungai Mekong sehingga pertanian di negara ini berkembang baik.

Warga Laos juga memanfaatkan aliran Sungai Mekong sebagai sarana transportasi. Selain itu, Laos mengandalkan sektor agraria untuk memenuhi kebutuhan hidup.

2. Negeri Sejuta Gajah 

Laos juga dijuluki sebagai The Land of a Million Elephant atau Negeri Sejuta Gajah, seperti dikutip dari Kompas.com (8/2/2021). Nama Laos sendiri berasal dari kata Lan Xang yang berarti kerajaan gajah.

Masyarakat Laos menganggap gajah merupakan hewan pembawa kemakmuran bagi negaranya.

Sayangnya, populasi gajah di Laos mulai berkurang, seperti dilansir dari NBC News. Meskipun dijuluki Negeri Sejuta Gajah, namun Laos diprediksi hanya memiliki 700 ekor gajah yang tersisa di alam liar.

Kendati demikian, habitat gajah di Laos lebih baik dibandingkan 12 negara lain yang menjadi rumah bagi hewan tersebut. Negara ini memiliki hutan tutupan yang luas.

Namun, kondisi gajah-gajah di habitatnya itu terancam oleh pemburuan ilegal, pembangun, dan penebangan pohon liar.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/04/195000827/julukan-laos-negara-tanpa-laut-di-asia-tenggara-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke