Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Berwisata di Kota Batu Saat Musim Hujan, Pilih Tempat Wisata yang Pas

BATU, KOMPAS.com - Meski Kota Batu, Jawa Timur dan sekitarnya dilanda hujan intensitas tinggi dan bencana alam, hal itu tidak menyurutkan minat wisatawan untuk berkunjung.

Jika ingin berwisata ke Kota Batu pada musim hujan, Kompas.com memberikan tips agar perjalananmu lancar dan menyenangkan.

Tips ini disampaikan salah satu pemandu wisata bernama Endik Cahya Setya Utama (32) yang sejak 2013 menjalani profesinya.

Tips ke Kota Batu saat musim hujan

Berikut ini adalah 4 tips dari Endik bagi wisatawan ketika berkunjung ke Kota Batu ketika musim hujan:

1. Perencanaan matang

Endik mengatakan, tidak jarang menemukan wisatawan yang belum memiliki tujuan destinasi wisata atau hanya niat berwisata secara acak.

Selain itu, terkadang wisatawan tidak peduli terhadap cuaca. Padahal, informasi tersebut dapat memudahkan membantu menjalani aktivitas wisatawan dan saat ini mudah diakses melalui internet.

Kondisi yang tidak siap atau tanpa perencanaan matang terkadang membuat wisatawan merasa kecewa sendiri.

Endik menyarankan, sebaiknya wisatawan membuat daftar rencana yang akan dilakukan saat berada di Kota Batu. Hal itu tentunya menyesuaikan dengan kondisi cuaca.

2. Datang pagi hari

Saat ini, biasanya pagi hari jarang turun hujan di Kota Batu. Hujan biasanya baru turun setelah pukul 12.00 WIB.

Endik mengungkapkan, pagi hari merupakan waktu yang cocok bagi wisatawan bila ingin berwisata di tempat wisata outdoor.

"Sebaiknya bagi wisatawan memahami waktu-waktu atau jam berapa hujan dan tidak. Sesuaikan dengan destinasi wisatanya supaya memudahkan," kata Endik kepada Kompas.com, Senin (6/3/2023).

3. Bawa jas hujan atau payung dan vitamin

Meski pepatah lama sudah seringkali didengar yakni sedia payung sebelum hujan, nyatanya hal itu tetap dibutuhkan ketika berwisata di Kota Batu.

Bila tidak ada payung maka jas hujan dapat dipersiapkan, terutama saat berwisata di tempat luar ruangan atau outdoor.

Destinasi wisata outdoor memang banyak ditemui di Kota Batu. Seperti wisata alam air terjun, petik apel, wisata buatan di Taman Rekreasi Selecta atau Jatim Park. Dia juga menyarankan, wisatawan membawa vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Lebih baik keamanan dan keselamatan serta kesehatan diri tetap yang utama dijaga, jangan sampai berwisata tetapi malah membuat sakit atau cedera," kata Endik.

4. Berwisata indoor atau kuliner

Saat musim hujan, pengunjung lebih disarankan untuk berwisata di tempat dalam ruangan atau indoor. Beberapa pilihan, di antaranya adalah wisata buatan, kuliner, atau tempat oleh-oleh.

Tempat wisata milik Jatim Park Group, seperti Museum Angkut yang sebagian besar di dalam ruangan, pas dikunjungi saat musim hujan. Pengunjung dapat melihat ratusan replika kendaraan bermotor.

Wisatawan juga bisa berwisata kuliner seperti mencicipi semangkuk bakso atau soto yang banyak dijual di pinggir jalan. Makanan berkuah hangat tentu menjadi teman yang cocok saat hujan.

"Bakso, soto, atau makanan ringan lain seperti ketan atau jagung bakar bisa ditemui di sekitar Alun-alun Kota Batu atau kawasan Payung. Kami menyarankan juga saat hujan bisa berjalan-jalan ke tempat oleh-oleh," katanya.

5. Percayakan pemandu wisata lokal

Belum semua informasi lengkap tentang pariwisata di Kota Batu selalu ada di Google. Endik menyarankan, wisatawan yang masih kebingungan dapat bertanya ke teman, saudara, atau local guide (pemandu wisata lokal).

"Kalau orang Batu asli akan memahami situasi dan karakteristik jalanan, cuaca seperti apa, sehingga bisa memberikan gambaran informasi yang jelas," katanya.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/07/090900827/5-tips-berwisata-di-kota-batu-saat-musim-hujan-pilih-tempat-wisata-yang-pas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke