Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bandara Sultan Hasanuddin Masuk Daftar Bandara Paling Bersih di Asia-Pasifik

KOMPAS.com - Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, dinobatkan sebagai salah satu bandara paling bersih di Asia-Pasifik tahun 2022 versi penghargaan Airport Service Quality (ASQ).

"Penghargaan ini diberikan kepada bandara dengan skor lima persen teratas untuk kategori kebersihan, yang merupakan kunci kepuasan penumpang," bunyi pernyataan dari laman resmi organisasi otoritas bandara Airport Council International (ACI), Kamis (9/3/2023).

  • 9 Bandara di Indonesia Menang Penghargaan Bandara Terbaik 2022
  • Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Kembali Layani Rute Internasional

Sebagai informasi, ACI memberikan penghargaan bandara paling bersih di dunia sepanjang 2022 untuk sejumlah wilayah di dunia, antara lain Afrika, Asia-Pasifik, Eropa, Amerika Latin-Karibia, Timur Tengah, dan Amerika Utara.

"Program ASQ tidak hanya mengukur dan membuat tolak ukur, tetapi juga memberikan kesempatan kepada bandara untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas," kata Direktur Jenderal ACI World, Luis Felipe de Oliveira, dikutip dari CNN, Kamis (9/3/2023).

Penghargaan ini ditentukan oleh ACI dan perusahaan teknologi perjalanan Amadeus berdasarkan hasil survei penumpang yang dikumpulkan di bandara pada hari perjalanan.

Sepanjang tahun 2022, telah terkumpul sekitar 465.000 survei penumpang, dangan 330 faktor sebagai kategori.

Dari kategori bandara paling bersih di Asia-Pasifik, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dinobatkan sebagai pemenang dari Indonesia.

Tidak hanya itu, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin juga mendapatkan beberapa penghargaan dari kategori yang lain.

Di antaranya menjadi bandara yang melayani lima juta sampai 15 juta penumpang per tahun, bandara dengan petugas pelayanan terbaik, bandara dengan akses perjalanan termudah, dan bandara yang menyenangkan (enjoyable).

  • Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Kembali Beroperasi 24 Jam
  • Wings Air Buka Lagi Rute Makassar-Selayar Mulai 3 Maret 2023

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin berlokasi di Jalan Airport Nomor 1, Makassar, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Dikutip dari laman resminya, bandara ini melayani rute penerbangan domestik dan internasional.

Beberapa maskapai rute domestik yang beroperasi di bandara ini, di antaranya Batik Air, Super Air Jet, Lion Air, Citilink, dan Sriwijaya Air.

Sementara itu, beberapa maskapai rute internasional yang beroperasi di bandara ini yakni Emirates, Etihad Airways, KLM Royal Dutch Airlines, dan Singapore Airlines.

  • Rute Baru Batik Air, Makassar-Kuala Lumpur PP Mulai 15 Desember 2022
  • Scoot Akan Buka Rute Singapura-Lombok-Makassar Mulai 16 Oktober 2022

https://travel.kompas.com/read/2023/03/09/210112627/bandara-sultan-hasanuddin-masuk-daftar-bandara-paling-bersih-di-asia-pasifik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke