Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Naik KRL ke Monas, Bisa Turun di Stasiun Mana Saja?

KOMPAS.com - Naik KRL ke Monas bisa menjadi pilihan praktis dan ramah di kantong saat berwisata.

Adapun KRL (Kereta Rel Listrik) bisa digunakan untuk menjelajahi Jakarta dan sekitarnya, termasuk ke pusat kota seperti kawasan Monas.

  • 4 Cara Mudah ke Monas Naik Kendaraan Umum
  • 11 Wisata di Monas, Bisa Lihat Diorama dan Nikmati Panorama Jakarta

Selain melihat tugu monas, wisatawan yang berkunjung bisa jalan-jalan atau bahkan olahraga di kawasan Monas.

Berikut panduan naik KRL ke Monas yang perlu diketahui.

Stasiun Gondangdia berlokasi di Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat. Jaraknya sekitar 1,2 kilometer dari kawasan Monas.

Stasiun Gondangdia dilewati KRL dari dan menuju arah Bogor, Jakarta Kota, dan Manggarai.

Jika wisatawan berangkat dari Stasiun Tebet, Cawang, Pasat Minggu Barat, Pasat Minggu, Tanjung Barat, Lenteng Agung, hingga Bogor, bisa naik KRL tujuan Jakarta Kota.

  • 4 Stasiun KRL Dekat Stasiun Gambir
  • Itinerary Wisata Sehari di Dekat Stasiun Gondangdia Jakarta

Wisatawan yang datang dari arah Tanah Abang bisa naik KRL ke Stasiun Manggarai, kemudian transit dan naik KRL tujuan Jakarta Kota.

Sementara wisatawan yang datang dari arah Jakarta Kota, bisa naik KRL tujuan Manggarai ataupun Bogor, lalu berhenti di Stasiun Gongdangdia.

Setelah sampai di Stasiun Gongdangdia, wisatawan bisa keluar melalui pintu arah utara, kemudian bisa lanjut jalan kaki sekitar 15 menit menuju Monas.

Jika ingin sampai di Monas lebih cepat, bisa naik ojek online dari Stasiun Gongdangdia ke Monas dengan waktu tempuh sekitar lima menit.

Stasiun Juanda berlokasi di Jalan Ir. H. Juanda I B Nomor 4, Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Jaraknya sekitar 1,2 kilometer dari kawasan Monas.

Sebagai patokan, Stasiun Juanda berada dekat dengan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Saat jalan dari stasiun menuju Monas, wisatawan juga bisa melipir sebentar ke kedua tempat tersebut.

Stasiun Juanda dilewati KRL dari dan menuju ke arah Bogor, Jakarta Kota, dan Manggarai.

Jika wisatawan datang dari arah Stasiun Mangggarai dan Stasiun Bogor, Stasiun Juanda berada setelah pemberhentian KRL di Stasiun Gondangdia.

Wisatawan yang datang dari arah Tanah Abang bisa naik KRL ke Stasiun Manggaai, kemudian transit dan naik KRL tujuan Jakarta Kota. Setelah itu berhenti di Stasiun Juanda.

Sementara wisatawan yang datang dari arah Jakarta Kota, bisa naik KRL tujuan Manggarai ataupun Bogor, lalu berhenti di Stasiun Juanda.

Setelah sampai di Stasiun Juanda, wisatawan bisa jalan kaki sekitar 15 menit menuju Monas.

Stasiun Sawah Besar berlokasi di Jalan Krekot Raya Nomor 6 Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Jaraknya sekitar 1,8 kilometer dari Monas.

Wisatawan yang datang dari arah Stasiun Manggarai dan Bogor  bisa naik KRL tujuan Jakarta Kota dan berhenti di Stasiun Sawah Besar.

Sementara wisatawan yang datang dari arah Tanah Abang, Karet , Sudirman, dan BNI City bisa transit di Stasiun Manggarai, kemudian melanjtukan perjalanan naik kereta tujuan Jakarta Kota dan berhenti di Stasiun Sawah Besar.

  • Monas Buka Kembali, Bisa Naik ke Puncak Tugu
  • 6 Tips Main ke Monas Saat Uji Coba, Jangan Bawa Tikar

Jika datang dari arah Stasiun Jakarta Kota, bisa naik KRL tujuan Stasiun Manggarai ataupun Stasiun Bogor.

Untuk diketahui, jarak antara Stasiun Sawah Besar dan Monas termasuk jauh jika ditempuh dengan jalan kaki.

Oleh karena itu wisatawan yang turun di Stasiun Sawah Besar sebaiknya melanjutkan perjalanan menuju Monas dengan menumpang ojek online. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 10 menit.

Stasiun Tanah Abang berlokasi di Jalan Jati Baru Raya, Jalan Cideng Timur, Kecamatan Tanah Abang. Jaraknya terbilang cukup jauh dari Monas, yaitu sekitar 2 kilometer.

Relasi KRL yang bisa ditumpangi menuju Stasiun Tanah Abang yaitu KRL dari Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Parung Panjang, dan Stasiun Duri.

Pilihan turun di Stasiun Tanah Abang dan melanjutkan perjalanan menuju Monas dengan menumpangi ojek online bisa jadi pilihan untuk wisatawan yang tidak ingin repot transit di Manggarai.

Jarak tempuh dari Stasiun Tanah Abang menuju Monas yaitu sekitar 13 menit dengan menumpangi ojek online. 

https://travel.kompas.com/read/2023/03/10/141000427/panduan-naik-krl-ke-monas-bisa-turun-di-stasiun-mana-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke