Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tips dan Cara Main TamiGO Coaster Lembang, Patuhi Rambu-rambu

KOMPAS.com - TamiGo Coaster Lembang adalah wahana permainan yang menggabungkan konsep mobil tamiya, gokart, dan sensasi naik roller coaster. Wahana permainan unik ini baru buka pada Desember 2022 lalu.

Pendiri & Pengelola TamiGO Coaster, Hadi Muhari mengatakan, ide awal TamiGO Coaster berangkat dari hobi bermain mobil tamiya bersama dengan anaknya.

“Saya dan anak suka main mobil tamiya di salah satu mal, kami juga punya beberapa unit tamiya. Nah, dari situ ide awalnya muncul, kenapa tidak kami bikin wahana serupa dengan konsep tamiya gokart ini, tapi bisa dinaiki orang,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (8/3/2023).

Wahana TamiGo Coaster menyerupai tamiya dan gokart dengan modifikasi penambahan beberapa fitur seperti rem dan pengaman. 

Sementara itu, lintasan TamiGo Coaster menyerupai lintasan tamiya dengan jalur berkelok-kelok dan turun. Saat menaiki wahana itu, kata Hadi, pengunjung bisa merasakan sensasi naik roller coaster dengan memanfaatkan gravitasi bumi, sehingga disebut sport gravity.

“Unit kami rancang di bengkel sendiri. Ada beberapa fitur yang kami sematkan, seperti fitur pengereman, kemudian unit akan belok sendiri mengikuti track (jalur), dari start sampai finish,” jelasnya.

TamiGo Coaster berada di kompleks Mendulang Art Resort & Resto di Jalan Pabrik Gitar, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat. Wahana permainan ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00.

Adapun, harga tiket untuk anak-anak (usia 2-8 tahun) sebesar Rp 35.000 per anak. Sedangkan, tiket dewasa (di atas 8 tahun) sebesar Rp 70.000 per orang.

Tips dan cara main TamiGO Coaster

Jika kamu berminat menjajal wahana TamiGo Coaster, simak dulu tips dan cara mainnya berikut ini.

1. Gunakan perlengkapan keamanan 

Para pemain TamiGo Coaster wajib menggunakan perlengkapan keamanan yang telah disediakan pihak pengelola. Meliputi, helm, pelindung siku, pelindung lutut, dan sabuk pengaman.

“Untuk keselamatan, sebelum bermain pengunjung harus mengenakan helm, pelindung siku, dan pelindung lutut. Pada unit ada sabuk pengaman, baik di jok utama dan kaki,” terangnya.

2. Mengenakan pakaian panjang 

Hadi juga menyarankan pengunjung untuk mengenakan pakaian panjang saat bermain TamiGo Coaster. Pakaian panjang akan memberikan perlindungan ekstra selain dari perlengkapan keamanan.

3. Gunakan sepatu 

Selain pakaian panjang, Hadi juga menganjurkan pengunjung untuk memakai sepatu. Namun, anjuran mengenakan pakaian panjang dan sepatu itu tidak wajib.

“Tapi, semisal wisatawan tidak mengenakan pakaian panjang dan sepatu tidak masalah, tetap kami izinkan untuk bermain,” ujarnya.

4. Simak safety briefing 

Sebelum bermain, petugas TamiGo Coaster akan memberikan pengarahan keamanan (safety briefing) secara singkat kepada pengunjung. Para pemain wajib memperhatikan dan mematuhi aturan main yang disampaikan pada safety briefing tersebut.

“Setelah pengunjung menggunakan perlengkapan keselamatan dan duduk di unit, kemudian semua sabuk sudah terpasang, maka tim dari  TamiGo Coaster akan melakukan safety briefing singkat serta menjelaskan cara bermain,” ujar Hadi. 

5. Patuhi rambu-rambu rem 

TamiGo Coaster dilengkapi dengan rambu-rambu pengereman yang terdapat pada dinding lintasan. Petunjuk pengereman tersebut berupa tanda menggunakan warna merah, kuning, dan hijau.

Rambu warna hijau berarti pemain bisa lepas rem dan tangan. Sementara, jika melihat rambu warna kuning, permain bersiap menarik rem atau sedikit mengerem.

Kemudian, jika terlihat rambu warna merah, maka pemain harus menarik rem cukup kuat karena pertanda turunan tajam.

“Kami juga ada rambu-rambu yang terpasang di-track (lintasan) untuk arah belok dan turunan. Jadi, kami coba pastikan wisatawan bisa main dengan aman dan nyaman,” tutur Hadi. 

6. Reservasi untuk rombongan

Wisatawan yang ingin menjajal keseruan TamiGo Coaster bisa membeli tiket langsung di lokasi. Namun, bagi pengunjung rombongan lebih dari 15 orang, Hadi menganjurkan untuk reservasi dulu lewat nomor yang tertera di laman Instagram mereka, @tamigo.coaster.

“Jika grup di atas 15 orang, kami sarankan untuk reservasi supaya kami bisa siapkan semua perlengkapan, biar lebih nyaman,” katanya. 

7. Dokumentasi video 

Saat bermain, jangan lupa untuk mendokumentasikan keseruan main TamiGo Coaster bersama keluarga dan teman. Hadi menjelaskan, untuk keperluan dokumentasi maka helm masing-masing pemain sudah dilengkapi dengan holder handphone.

“Selain itu, kami juga ada admin konten. Jadi, setiap pengujung kami upayakan untuk direkam video dan kami share ke pengunjung tanpa biaya, itu sudah masuk fasilitas,” jelasnya.

8. Miringkan badan ke arah belokan 

Saat naik wahana TamiGo Coaster, pemain disarankan memiringkan badan ke arah belokan jika bertemu dengan tikungan, seperti disampaikan dalam akun Instagram, @tamigo.coaster.

Dengan memiringkan badan ke arah belokan, maka pemain tetap aman meskipun melaju dengan kecepatan tinggi.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/10/154300727/8-tips-dan-cara-main-tamigo-coaster-lembang-patuhi-rambu-rambu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke