Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Wisata Dekat Parangtritis Selain Pantai, Ada Sunset Point Populer

KOMPAS.com - Pantai Parangtritis merupakan salah satu ikon wisata Yogyakarta. Lokasinya berada di Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Ada beberapa destinasi wisata dekat Parangtritis selain pantai. Obyek wisata tersebut bisa menjadi pilihan wisatawan saat berkunjung ke Parangtritis. 

Wisata dekat Parangtritis selain pantai

Berikut tempat wisata dekat Parangtritis selain pantai seperti dirangkum Kompas.om.

Tak jauh dari Pantai Parangtritis ada gundukan pasir, yakni Gumuk Pasir Parangkusumo. Jaraknya sekitar 700 meter dari Pantai Parangtritis.

Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo sudah terkenal di kalangan wisatawan. Mengutip laman Visiting Jogja, wisata berupa gundukan pasir diklaim hanya ada tiga di Asia Tenggara, yakni di Filipina, Vietnam, dan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Obyek wisata ini merupakan lokasi favorit untuk pemotretan. Gundukan pasir yang tak beraturan justru membuat penoramanya semakin menarik.

Selain itu, terdapat pohon kaktus dan cemara yang biasa menjadi spot foto. Pengunjung juga bisa mencoba olahraga sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo.

2. Goa Jepang Pundong

Goa Jepang Pundong merupakan peninggalan Jepang saat memasuki wilayah Yogyakarta pada 1942 lalu. Lokasinya berada di Dusun Ngerco, Desa Girijati, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul Regency.

Lokasi Goa Jepang berjarak sekitar 4,8 kilometer (km) dari Pantai Parangtritis. 

Mengutip laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saat menduduki Yogyakarta, tentara Jepang banyak membangun daerah pertahanan, baik di daerah pegunungan (Kaliurang), daerah pesisir (Parangtritis), dan daerah strategis lainnya.

Khusus di daerah pesisir Yogyakarta, fasilitas perlindungan dan pertahanan yang dibangun tentara Jepang berupa goa yang kini disebut Goa Jepang.

Bangunan Goa Jepang dibuat dari bahan dasar beton dilengkapi dengan pintu kayu. Adapun luas seluruh Goa Jepang sekitar 12 hektar.

3. Puncak Kayangan

Melihat panorama sunset ternyata tidak melulu dari pantai. Wisatawan bisa menyaksikan panorama sunset pantai selatan di Puncak Kayangan.

Mengutip Tribun Jogja, Puncak Kayangan berupa bukit dengan latar belakang pantai selatan. Obyek wisata ini merupakan salah satu lokasi favorit melihat sunset selain pantai.

Lokasinya berada di Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, atau sekitar 4,9 km dari Pantai Parangtritis. Para pengunjung harus mendaki untuk mencapai puncak bukit yang berada dalam satu area dengan Goa Jepang Pundong ini.

Tak hanya menawarkan keindahan alam saja, Puncak Kayangan juga menawarkan spot foto seperti bentuk bunga, bulan sabit, dan kuda lumping.

Serupa dengan Puncak Kayangan, Shoka Bukit Senja merupakan bukit tempat menikmati panorama sunset pantai selatan.

Lokasinya berada di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Jaraknya dari Pantai Parangtritis sekitar 2,6 km atau 9 menit berkendara.

Mengutip Kompas.com (3/12/2018), pengunjung harus jalan kaki lebih dulu sekitar 500 meter menuju puncak bukit. Fasilitas yang tersedia cenderung terbatas, seperti gazebo, kursi, warung kecil, dan area parkir.

Sebelum menjadi obyek wisata, lokasi ini dulunya berupa lahan kosong yang menganggur. Namun, penduduk setempat melihat potensi dari Shoka Bukit Senja lantaran panorama sunset dari lokasi ini begitu mempesona.

Bukit Paralayang Watugupit merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan panorama sunset pantai selatan. Lokasinya berada di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul.

Jaraknya sekitar 2,1 km atau 7 menit berkendara dari Pantai Parangtritis. Mengutip Kompas.com (31/1/2020), Bukit Paralayang Watugupit ramai didatangi wisatawan yang ingin mengabadikan momen sunset.

Jika ingin melihat sunset dari Bukit Paralayang Watugupit, pengunjung disarankan datang mulai pukul 16.45 WIB. Sunset dari lokasi ini sangat mempesona karena pengunjung bisa menyaksikan pantai selatan secara luas dibandingkan menikmati sunset dari bibir pantai.

6. Goa Langse

Selain menawarkan pemandangan alam, Goa Langse kaya akan sejarang. Mengutip laman Visiting Jogja, konon goa ini beberapa kali dikunjungi oleh Presiden Soekarno dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Pengunjung yang ingin melihat keindahan Goa Langse harus menaiki anak tangga lebih dulu. Adapun kedalamam goa tersebut kurang lebih 100 sampai 200 meter.

Terdapat stalagtit dan stalagmit yang berkilauan di dalam goa. Goa yang berada di tebing Parangtritis ini kerap digunakan sebagai orang untuk bersemedi dan berdoa.

Lokasinya berada di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Jaraknya dari Pantai Parangtritis sekitar 3,7 km atau 15 menit berkendara.

Laguna View merupakan obyek wisata baru di Kabupaten Bantul yang diresmikan pada April 2022 lalu. Mengutip Tribun Jogja, dari lokasi wisata ini, pengunjung dapat menikmati keindahan Sungai Opak dan Jembatan Kretek 2.

Laguna View menambah daya tarik kawasan Pantai Depok yang sudah terkenal sebagai pusat kuliner seafood. Terdapat fasilitas tempat duduk bagi pengunjung di Laguna View untuk menikmati panorama Sungai Opak.

Lokasi Laguna View dekat dari Pantai Parangtritis, sekitar 4,6 km dengan waktu tempuh 12 menit. 

https://travel.kompas.com/read/2023/03/11/161400427/7-wisata-dekat-parangtritis-selain-pantai-ada-sunset-point-populer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke