Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Kota Bogor, ke Taman hingga Museum

KOMPAS.com - Kota Bogor bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk berakhir pekan, terutama bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang tidak bisa bepergian terlalu jauh. 

Tidak perlu repot, Kota Hujan memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi selama dua hari satu malam. Mulai dari kafe, museum, kebun raya, taman, lapangan olahraga, hingga warung kuliner khas lokal. 

  • Itinerary Seharian di Kota Bogor, Jalan Kaki Saja dari Stasiun
  • 5 Ruang Terbuka di Bogor, Pas untuk Santai dan Melepas Penat

Jaraknya pun relatif berdekatan satu sama lain sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk berpindah tempat. Harganya pun relatif murah.

Jika tertarik berlibur di Kota Hujan, berikut ide rencana perjalanan atau itinerary Bogor dua hari satu malam yang bisa jadi alternatif:

Saat tiba di Stasiun Bogor pada pagi hari, kamu bisa berjalan ke Alun-alun Kota Bogor yang berada persis di depan stasiun.

Tinggal berjalan kaki sedikit, sudah terlihat area seluas 1,7 hektar yang dibangun di bekas lahan Taman Ade Irma Suryani atau Taman Topi.

Fasilitas di taman ini cukup lengkap. Ada beberapa zona yang bisa dinikmati yakni Zona Botani untuk relaksasi, Zona Olahraga untuk rekreasi dan olahraga, Zona Plaza untuk kegiatan edukasi atau kesenian, dan Zona Religi yaitu Masjid Agung.

Kamu dapat melakukan berbagai aktivitas di taman ini khususnya pada pagi hari, seperti jalan santai sambil menghirup udara segar, duduk-duduk di taman, berolahraga ringan, atau berfoto.

Sekitar pukul 10.00 WIB, saatnya melanjutkan perjalanan ke Museum PETA yang berjarak sekitar 1,5 kilometer (km) dari alun-alun.

Jika berjalan kaki, kamu membutuhkan waktu sekitar 19 menit. Kalau ingin lebih praktis dan murah, bisa naik angkutan umum (angkot) 16 (Salabenda) berdurasi sekitar 19 menit atau ojek online (daring) sekitar empat menit perjalanan.

Bangunan Museum PETA sudah didirikan dari tahun 1745, dan sebelumnya adalah bekas tempat tentara KNIL.

Banyak sekali peninggalan sejarah yang bisa dilihat, antara lain relief atau monumen tentang tentara PETA dan terjadinya pertempuran melawan penjajah, patung, perlengkapan perang, meriam, serta senjata lainnya.

Jika ingin berkunjung, alamatnya ada di Jalan Jendral Sudirman Nomor 35, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Jadwal buka museum ini mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB Senin sampai Jumat. Sabtu buka pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB, sedangkan Minggu bisa dikunjungi mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB.

Siang hari, dari Museum PETA, perjalanan berpindah ke Jalan Surya Kencana, yang merupakan area Chinatown (pecinan) dengan beragam pilihan kuliner.

Jaraknya sekitar 3,7 kilometer (km) dan dapat ditempuh dengan ojek online dengan waktu tempuh sekitar delapan menit. Penalama Coffee berada tidak jauh dari gerbang pintu masuk Surya Kencana. 

Penalama Coffee menawarkan konsep bangunan yang seolah unfinished (belum selesai) dan sudah lama, layaknya bangunan masa penjajahan.

Tak hanya kulineran, Penalama Coffee juga menawarkan aktivitas lain seperti melukis di kanvas dan berfoto di photobox dengan kapasitas maksimal 10 orang.

Untuk makanan dan minuman, Penalama Coffee menawarkan camilan ringan manis dan asin. Minumannya cukup beragam yaitu kopi dan non-kopi, dengan aneka racikan. Ada Kopi Lama, Kopi Tjoklat, Tanajawa, Teh Mangga, Klepon Djawa, dan De Houtman.

Bagi yang mencari makanan berat juga bisa mencicipi Pokonyang, merek yang menjual ayam krispi sekaligus nasi di area yang sama.

Jam operasional Penalama adalah setiap Senin-Minggu, dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

  • Penalama Coffee: Lokasi, Jam Buka, Harga, dan Fasilitas
  • 7 Spot Foto Vintage nan Estetis di Penalama Coffee Bogor, Ada Akar Pohon

Istirahat di Hotel 101 Suryakencana

Sore hari waktunya beristirahat sejenak di Hotel 101 Suryakencana. Dari Penalama Coffee hanya perlu jalan kaki 160 meter untuk menuju hotel ini.

Hotel bintang empat ini menawarkan konsep trendi dan modern, dengan fasilitas yang cukup lengkap, antara lain kolam renang dan pusat kebugaran.

Kamu bisa mengistirahatkan badan sambil melihat pemandangan indah pegunungan di Kota Bogor, berenang di kolam renang, berfoto di sekitar hotel, atau bermain biliar di lantai bawah.

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi aneka kuliner di Jalan Surya Kencana.

Salah satu penjual soto terkenal di Jalan Suryakencana yang dapat dikunjungi ialah Soto Kuning Pak Yusup.

Lokasinya tepat di Gang Aut Jalan Suryakencana Nomor 287, dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (12/2/2021).

Isi soto ini cukup beragam, mulai dari empal, otak, limpa, paru, dahing, babat, kikil, hingga lidah sapi. Warga Bogor biasa menyantapnya dengan perkedel hangat dan emping renyah.

Dengan harga mulai Rp 40.000, kamu bisa menikmati satu porsi soto kuning dengan nasi dan minuman pelengkapnya.

Jika tidak sarapan di hotel dan mencari alternatif makan pagi di sekitar Jalan Surya Kencana, ada beragam pilihan kuliner yang tidak boleh dilewatkan.

Salah satunya, kedai laksa di Gang Aut yang sudah dikelola oleh tiga generasi. Jalan kaki dari hotel hanya 450 meter dalam waktu enam menit. Laksa di kedai cocok untuk dinikmati saat sarapan.

Penyajiannya pun tidak biasa. Potongan ketupat dicampur dengan bihun, tauge, potongan oncom, tahu, dan telur yang kemudian disiram dengan kuah kental berwarna kuning yang kaya rempah.

Cukup keluarkan uang mulai Rp 15.000-an jika kamu penasaran dengan rasa laksa khas Bogor ini.

Usai sarapan, saatnya berpindah menuju Lapangan Sempur, salah satu tempat wisata ikonis di Kota Bogor.

Jaraknya dari Surya Kencana adalah sekitar 3,9 km dan dapat ditempuh menggunakan ojek online selama 12-15 menit perjalanan.

Ruang terbuka hijau ini cukup populer di kalangan warga Bogor. Saat pagi hari terutama akhir pekan, jogging track di sini akan dipenuhi anak-anak kecil dan orang dewasa yang berlari atau sekadar berjalan cepat.

  • Museum Zoologi di Bogor: Jam Buka, Harga Tiket, Lokasi, dan Rute
  • 7 Aktivitas di Lapangan Sempur Bogor, Panjat Tebing dan Main Basket

Di sebelah kiri dari tulisan "Sempur", terdapat taman kecil yang diisi dengan bangku-bangku yang cocok untuk duduk santai sambil nongkrong bersama teman.

Menuju bagian belakang, fasilitas olahraga semakin lengkap. Kamu bisa berolahraga ringan di lapangan basket, panjat tebing, ataupun bermain di skate park.

Setelah lelah berolahraga, terdapat foodcourt yang bisa disambangi. Aneka makanan dan minuman yang bisa dicoba mulai dari bakso, mi ayam, kopi, teh, hingga minuman rasa lainnya.

Siang hari, dari Lapangan Sempur, bisa berpindah sedikit ke Taman Kencana. Lokasinya tidak jauh dari Kebun Raya Bogor dan Lapangan Sempur.

Jika berjalan kaki, jaraknya 400 meter dalam waktu enam menit, sedangkan jika naik ojek online jaraknya hanya 550 meter dalam waktu sekitar satu menit.

Taman Kencana bisa jadi pilihan tempat untuk nongkrong atau bersantai bersama teman atau keluargamu.

Sebab, taman ini menawarkan suasana sejuk dan nyaman karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

Selain itu, ada berbagai tempat duduk di beberapa titik yang bisa dijadikan tempat berbincang atau menikmati kesegaran udara di Taman Kencana.

Tempat wisata terakhir pada hari kedua di Kota Hujan adalah Kebun Raya Bogor. Jaraknya dari Taman Kencana adalah 2,6 km dengan waktu tempuh 7-10 menit menggunakan ojek online. 

Beberapa kegiatan di Kebun Raya Bogor, khususnya untuk pencinta tanaman, antara lain belajar lebih banyak mengenai spesies anggrek, tanaman obat, dan kantong semar di beberapa taman.

Mereka bisa juga mengunjungi Taman Kopi, makam kuno Belanda, atau ke Museum Zoologi untuk melihat kerangka dan spesimen fauna yang diawetkan.

  • Koleksi Unik Museum Zoologi Bogor, Ada Kerangka Raksasa Seberat 64 Ton
  • 5 Tempat Piknik di Bogor, Kebun Raya Bogor, hingga Cibodas

Pilihan lainnya, bersantai di sekitar taman sambil piknik atau duduk-duduk. Jika punya tenaga lebih, kamu juga bisa menyewa sepeda untuk keliling Kebun Raya Bogor.

Adapun jam operasional Kebun Raya Bogor adalah pukul 08.00-16.00 WIB pada Senin sampai Jumat. Sementara itu, pada akhir pekan dan hari libur nasional, tempat ini dibuka pukul 07.00-16.00 WIB.

Sore hari, saatnya pulang ke Stasiun Kota Bogor untuk mengakhiri perjalanan singkat wisata di Kota Hujan dan kembali ke rumah. 

https://travel.kompas.com/read/2023/03/13/081634827/itinerary-2-hari-1-malam-di-kota-bogor-ke-taman-hingga-museum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke