Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masjid Al Jabbar Tutup Sementara, Perbaiki Kerusakan dan Pemeliharaan

KOMPAS.com - Masjid Raya Al Jabbar atau Masjid Al Jabbar di Bandung, Jawa Barat tutup sementara hingga bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Adapun penutupan sementara ini dilakukan karena penataan dan pemeliharaan kawasan, seperti dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

  • 9 Aturan di Masjid Al Jabbar, Jangan Renang di Kolam
  • Masjid Al Jabbar Bikin Macet, Ini 4 Tips Jika Ingin Berkunjung

Penutupan diperpanjang, setelah sebelumnya diumumkan akan tutup selama dua pekan, yakni mulai 27 Februari hingga 13 Maret 2023.

"Karena berbagai pertimbangan, pembukaan Kawasan dan Masjid Raya Al Jabbar ditunda sampai 1 Ramadan 1444 Hijriah," ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, seperti dikutip Kompas.com dari keterangan resmi di laman Pemprov Jabar, Senin (13/3/2023).

Adapun untuk kepastian 1 Ramadhan tahun ini masih menunggu sidang isbat Kementerian Agama.

  • Main ke Masjid Al Jabbar Bandung, Bisa Mampir ke 7 Tempat Makan Ini
  • Warga Berkunjung ke Masjid Al Jabbar, Ramai Orang dan Jalanan Macet

Menurut Setiawan, penataan dan pemeliharaan yang maksimal dilakukan untuk menghadirkan tempat ibadah yang lebih nyaman bagi pengunjung jelang Ramadhan.

"Hal ini dilakukan agar saat Bulan Ramadan tiba, masyarakat dapat beribadah di Masjid Raya Al Jabbar dengan tenang, tertib, dan nyaman," katanya.

Termasuk di antaranya perbaikan sejumlah kerusakan akibat tingginya animo jemaah yang datang, pemeliharaan taman tematik, kolam retensi, area luar, serta dalam masjid.

Setiawan pun menyampaikan permohonan maaf atas perpanjangan penutupan masjid yang dilakujan.

"Insyaallah setelah penataan dan pemeliharaan ini selesai, jemaah dapat kembali datang ke Al Jabbar dan beribadah dengan tertib, aman, dan nyaman, khususnya di Bulan Suci Ramadan," tutur Setiawan.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/13/163000627/masjid-al-jabbar-tutup-sementara-perbaiki-kerusakan-dan-pemeliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke