Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Oleh-oleh Khas Malang, Tidak Hanya Bakso Malang

KOMPAS.com - Usai bertandang ke Kota Malang, Jawa Timur, tentu belum lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas untuk dibawa pulang.

"Di Malang itu banyak sekali produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) atau makanan yang bisa dipilih, tentunya bakso, lalu juga ada keripik," kata Wali Kota Malang Sutiaji dalam acara Nusaraya di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta Pusat, Selasa (14/3/2023).

  • Kafe di Malang Dekat Rel Kereta Api, Bagaimana Keamanannya?
  • Tak Harus ke Vietnam atau Thailand, Malang Punya Kafe Pinggir Rel

Selain bakso malang, ada banyak makanan khas yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga dan teman di kampung halaman.

Kompas.com merangkum lima pilihan oleh-oleh khas Malang yang wajib dicoba.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Sabtu (26/9/2020), Malang dikenal sebagai kota penghasil apel. Oleh sebab itu, tak jarang wisatawan akan menemukan aneka makanan berbahan dasar buah ini.

Beberapa di antaranya ada keripik apel, sari apel, dan buah apel segar khas Malang yang rasanya cenderung asam dan manis.

Aneka olahan apel khas Malang bisa ditemui di pasar tradisional hingga toko oleh-oleh yang bisa ditemui di pinggir jalan utama atau lintas jalan provinsi.

Seperti yang dikatakan Sutiaji, Kota Malang punya banyak jenis olahan keripik, salah satunya keripik kentang. 

Adapun keripik kentang khas Malang bukan berbahan baku kentang, namun keripik tersebut diolah dari umbi bernama gadung, dilansir dari Kompas.com, Selasa (18/1/2022).

Untuk diketahui, dikutip dari laman Dinas Pertanian Pangan Demak, gadung merupakan tumbuhan berumbi yang memiliki kandungan mineral kalium, kalsium, dan magnesium yang disebut lebih baik dari jagung, beras, dan gandum.

Carang mas ialah camilan tradisional dengan rasa manis yang terbuat dari ubi kuning.

Bertekstur renyah, camilan ini jadi salah satu oleh-oleh khas Malang yang sayang untuk dilewatkan.

Dikutip dari Kompas.com, Sabtu (26/9/2020), dalam pembuatan carang mas, ubi diserut lalu dicampur gula merah, setelah itu dipadatkan dan dibentuk bulat.

Camilan carang mas termasuk makanan kering sehingga bisa bertahan lama.

Wisatawan yang sering mengunjungi Malang mungkin tidak asing dengan Pia Mangkok.

Pia Mangkok merupakan oleh-oleh legendaris dari Kota Malang yang sudah ada sejak 1959, dengan rasa klasik kacang hijau.

Saat ini kudapan tersebut sudah dikemas dengan lebih praktis dan kekinian, dengan pembaruan kemasan yang dilakukan secara bertahap sejak zaman dahulu, dikutip dari laman resmi Pia Mangkok.

Selain menawarkan pia isi kacang hijau, saat ini juga terdapat isian lain seperti cokelat, keju, durian, kopi, apel, dan green tea.

Selain menikmati semangkuk bakso hangat di Malang, wisatawan juga bisa membawa bakso malang sebagai oleh-oleh dalam bentuk makanan beku atau frozen food.

Ada banyak toko oleh-oleh yang menawarkan bakso malang yang masih beku untuk disimpan dan dinikmati sepulangnya dari kota ini.

Meskipun bakso khas Malang ini dikemas dalam bentuk beku, tapi wisatawan wajib bertanya kepada penjual soal rentang waktu bertahannya bakso pada suhu ruangan supaya tidak basi. 

https://travel.kompas.com/read/2023/03/15/133431627/5-oleh-oleh-khas-malang-tidak-hanya-bakso-malang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke