Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi, Ketahui Waktu yang Tepat 

KOMPAS.com - Umat Hindu akan memperingati Hari Raya Nyepi 2023 Tahun Baru Saka 1945 pada Rabu, 22 Maret 2023 mendatang.

Salah satu bentuk peringatan Hari Raya Nyepi adalah memberikan ucapan selamat. Bagi masyarakat non-Hindu yang ingin memberikan ucapan Selamat Hari Raya Nyepi, ada beberapa cara yang perlu diperhatikan.

Utamanya adalah waktu terbaik menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2023.

Cara mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi

Berikut cara mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi 2023 seperti dihimpun Kompas.com.

1. Mengucapkan langsung 

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Banten, Ida Bagus Alit Wiratmaja menuturkan, masyarakat beragama non-Hindu dapat menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Nyepi secara langsung kepada umat Hindu.

Menurutnya, pemberian ucapan Selamat Hari Nyepi tersebut merupakan bentuk toleransi antar umat beragama. Ucapan langsung bisa disampaikan saat bertemu maupun melalui chat WhatsApp.

2. Melalui unggahan media sosial 

Masyarakat non-Hindu juga bisa menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Nyepi melalui unggahan di media sosial, baik Instagram, Facebook, maupun Twitter.

“Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi dapat disampaikan kepada teman yang merayakan, maupun digunakan dalam postingan media sosial sebagai bentuk toleransi antar sesama,” ujar Ida Bagus Alit Wiratmaja kepada Kompas.com, Selasa (14/3/2023).

Ucapan Selamat Hari Nyepi di media sosial bisa dikemas dengan apik menggunakan aplikasi Twibbon. Aplikasi ini berfungsi untuk menggabungkan foto dengan bingkai tematik sehingga terlihat lebih menarik.

Ada berbagai link download Twibbon Selamat Hari Raya Nyepi yang bisa ditemukan, sehingga memudahkan masyakarat yang ingin mengunggah ucapan Selamat Hari Raya Nyepi di media sosial.

3. Waktu yang tepat menyampaikan ucapan 

Bagi umat non-Hindu yang ingin menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Nyepi perlu memperhatikan waktu terbaik atau waktu yang tepat. 

Ida Bagus Alit Wiratmaja menuturkan, ucapan Selamat Hari Raya Nyepi sebaiknya disampaikan sehari sebelum hari H, yakni pada Selasa, 21 Maret 2023 atau H+1 yakni pada Kamis, 22 Maret 2023.

“Ucapan ini sebaiknya disampaikan sehari sebelum hari H dan H+1. Tidak ada ketentuan pembatasan waktunya,” jelasnya.

Senada, Ketua Paruman Walaka PHDI Bali, I Gusti Ngurah Sudiana juga mengungkapkan, bahwa waktu terbaik meyampaikan ucapan Hari Raya Nyepi adalah dua hari sebelum hari H dan H+1.

“Bagi umat non-Hindu, waktu yang tepat mengucapkan Selamat Hari Nyepi mulai minimal dua hari sebelum Hari Nyepi dan satu hari setelah Hari Nyepi,” jelasnya.

Sebab, pada hari-H Nyepi, umat Hindu justru tengah melakukan catur brata penyepian. Mengutip laman PHDI, catur brata berarti pengendalian diri yang terdiri dari empat hal.

Meliputi, amati karya (tidak bekerja), amati geni (tidak menyalakan api), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak bersenang senang).

Agar dapat melaksanakan catur brata penyepian dengan hikmat dan maksimal, PHDI mengimbau umat Hindu tidak memegang handphone.

4. Kalimat ucapan Selamat Hari Nyepi 

Lantas, bagaimana kalimat ucapan Selamat Hari Raya Nyepi yang tepat dan benar? Mengenai hal ini, I Gusti Ngurah Sudiana menuturkan belum ada ketentuan baku dari PHDI.

“Ucapan Hari Nyepi yang benar, belum ada keputusan PHDI (tentang ucapan Selamat hari Nyepi) yang benar dan tepat. Jadi, sampai sekarang masih banyak versi,” tuturnya.

Meskipun tidak ada ketentuan baku, ucapan Selamat Hari Raya Nyepi hendaknya disampaikan dengan kalimat yang baik dan positif. Contoh ucapan Selamat Hari Raya Nyepi 2023 dapat dilihat pada link berikut.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/15/140300427/cara-mengucapkan-selamat-hari-raya-nyepi-ketahui-waktu-yang-tepat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke