Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Wisata Alam Lembang, Cocok buat Healing

KOMPAS.com - Lembang merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Berada di dataran tinggi, Lembang memiliki banyak destinasi wisata alam yang populer di kalangan wisatawan.

Tak heran, Lembang menjadi salah satu magnet wisata di Provinsi Jawa Barat.

Setiap tempat wisata alam Lembang menawarkan beragam aktivitas bagi pengunjung, mulai dari naik perahu, berkuda, bermain di taman, camping di tengah hutan pinus, dan sebagainya.

Wisata alam Lembang 

Berikut pilihan tempat wisata di Lembang seperti dihimpun Kompas.com.

Gunung Tangkuban Parahu merupakan salah satu ikon wisata Jawa Barat. Secara administratif, Gunung Tangkuban Parahu berada di dua wilayah, yakni Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang dan Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung.

Daya tarik gunung setinggi 2.084 meter ini adalah keberadaan kawah, antara lain Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Namun, pengunjung perlu berhati-hati, lantaran kawah-kawah tersebut mengandung belerang. 

Gunung Putri merupakan kawasan pegunungan yang membentang di Desa Jayagiri dan Desa Cikole, Lembang. Terdapat sebuah benteng peninggalan Belanda yang terbengkalai di Gunung Putri.

Benteng tersebut diperkirakan dibangun pada masa Perang Dunia I sehingga usianya sudah ratusan tahun. Gunung Putri menjadi alternatif wisata alam di Lembang yang cocok untuk melepas penat.

Farmhouse merupakan obyek wisata populer di Lembang. Lokasinya berada di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Gudangkahuripan, Lembang.

Farmhouse menawarkan berbagai kegiatan wisata yang bertema alam, seperti mini zoo. Wisatawan juga bisa berfoto menggunakan kostum dari berbagai negara dengan latar belakang spot foto Instagramable.

Spot foto ikonik di Farmhouse adalah replika rumah hobbit di film The Lord of the Rings.

Wisata alam Lembang selanjutnya adalah De’Ranch. Destinasi wisata populer ini berkonsep perkampungan koboi lengkap dengan segala pernak-perniknya.

Mengutip laman resminya, De’Ranch Lembang mulanya adalah tempat pemeliharaan kuda tunggang dan ekor sapi perah. Tempat seluas lima hektar ini akhirnya dikembangkan menjadi obyek wisata. 

Pengunjung bisa menunggangi kuda lengkap dengan kostum dan topi khas koboi. Lokasinya berada di Jalan Maribaya nomor 17, Kayuambon, Lembang.

Di Taman Lembah Dewata, pengunjung bisa menikmati wisata alam berupa hamparan perbukitan hijau dan danau buatan bernama Situ Pandawa. Lokasinya ada di Jalan Raya Tangkuban Parahu KM3,7, Cibogo, Lembang.

Selain danau buatan seluas lima hektar, ikon dari Taman Lembah Dewata adalah gapura tinggi yang desainnya khas Bali.

Sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung adalah naik wahana sepeda air, perahu dayung, berkuda, bersepeda, dan lainnya.

Floating Market merupakan ikon wisata Lembang yang sangat populer di kalangan wisatawan. Lokasinya berada Jalan Grand Hotel nomor 33E, Lembang.

Floating Market menyediakan banyak aktivitas menarik bagi pengunjung seperti menyantap kuliner di atas perahu, wahana kota mini, taman angsa, taman kelinci, rainbow garden, sepeda dan sampan air, hingga miniatur kereta api.

Berkunjung ke kebun bunga bisa menjadi alternatif pilihan wisata alam Lembang. Salah satunya adalah Kebun Begonia.

Pengunjung bisa melihat aneka bunga dan tanaman hias, dimana bunga begonia menjadi ikon utamanya. Lokasinya berada di Jalan Maribaya nomor 120 A, Langensari, Lembang.

Selain koleksi tanaman dan bunga, obyek wisata ini menawarkan beragam aktivitas antara lain flying fox, berkuda, memetik sayur, dan bermain paint ball.

8. Bukit Strawberry

Berada di dataran tinggi, membuat Lembang menjadi lokasi yang cocok untuk bertanam strawberry. Wisatawan bisa mampir ke kebun stawberry Lembang, salah satunya adalah Bukit Strawberry.

Para pengunjung  bisa memetik sendiri buah strawberry langsung dari pohonnya, untuk dibawa pulang. Adapula beberapa spot foto seperti balon udara, stroberi berukuran bersar, atau maskot Bukit Strawberry.

Lokasinya ada di Jalan Raya Tangkuban Parahu nomor 109, Lembang.

Kawasan Cikole, Lembang memiliki sejumlah tempat wisata alam hutan pinus, salah satunya adalah Terminal Wisata Grafika Cikole. Ada berbagai kegiatan seru di alam yang bisa menjadi pilihan wisatawan, seperti camping,  kuliner, dan outbound. 

Dikeliling hutan pinus, tempat wisata ini menawarkan suasana sejuk dan segar sehingga cocok untuk mencari wisatawan yang mencari suasana tenang, jauh dari keramaian kota.

Alamatnya berada di Jalan Raya Tangkuban Perahu Km 8, Desa Cikole, Kecamatan Lembang.

Wisata alam Lembang bertema hutan pinus lainnya adalah Orchid Forest. Alamatnya berada di Genteng, Cikole, Lembang, Bandung Barat.

Pengunjung akan disuguhi dengan panorama hutan pinus yang berjajar rapi. Sembari menikmati udara hutan yang segar, wisatawan bisa mencoba sejumlah aktivitas seperti mini golf, bermain bersama kelinci, dan menunggang kuda.

Selain hutan pinus, wisata alam ini memiliki budi daya bunga anggrek baik lokal maupun internasional. Pengunjung bisa melihat koleksi anggrek di green house atau rumah khusus untuk budi daya beragam anggrek langka.

Tempat wisata alam Lembang yang satu ini adalah area perkemahan eksklusif yang dikeliling dengan hutan pinus.

Fasilitas di area perkemahan ini terbilang cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi, mushala, jalur trekking, area api unggun, gazebo, dan aula terbuka.

Pengunjung juga bisa menikmati sejumlah permainan outbound, seperti flying fox, high rope, dan low rope. Lokasinya berada di Suntenjaya, Lembang, Bandung Barat.

Jungle Milk Lembang juga menawarkan pemandangan hutan pinus. Jadi, pengunjung bisa menikmati wisata alam Lembang.

Jungle Milk Lembang menyediakan fasilitas camping dan piknik di tengah hutan pinus. Obyek wisata yang berada di ketinggian 1.600 mdpl ini memiliki hawa sejuk khas hutan pinus.

Uniknya, piknik di Jungle Milk Lembang akan ditemani kuda dan sapi terlatih yang dilepaskan di alam bebas. Lokasinya berada di Genteng, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat.

13. Hutan Menyala 

Di Lembang, ada wisata hutan yang bisa dikunjungi malam hari, yakni Hutan Menyala. Obyek wisata ini dalah Taman Hutan Raya (Tahura) Djuanda yang diubah menjadi area petualangan fantasi pada malam hari.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (20/12/2021), Tahura Djuanda merupakan sebuah hutan konservasi dan kebun raya di Bandung yang membentang dari wilayah Dago Pakar hingga Maribaya di Lembang.

Hutan Menyala dilengkapi dengan teknologi audio visual menggunakan hiasan lampu LED dan video mapping sehingga menciptakan efek penuh warna.  

Jadi, wisatawan bisa menjelajahi area hutan, sembari mendengar alunan musik. Lokasinya berada di Jalan Maribaya, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.

14. Situ Lembang

Wisata alam Lembang selanjutnya adalah Situ Lembang yaitu danau buatan tertua di Bandung yang dibangun sejak 1914. Danau buatan ini memiliki panorama indah karena dikeliling gunung, antara lain Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Sunda, dan Gunung Burangrang.

Danau yang berada di ketinggian 1.567 mdpl ini, cocok untuk bersantai menikmati alam Lembang bersama dengan keluarga.

Kebun binatang bisa menjadi pilihan wisata alam Lembang. Wisatawan yang berkunjung ke kebun binatang bisa menyaksikan beragam hewan di habitatnya.

Jika berada di Lembang, maka cobalah kunjungi Lembang Park & Zoo. Kebun binatang seluas 20 hektar ini, memadukan konsep kebun binatang dan taman bermain.  Terdapat sekitar 370 ekor satwa di Lembang Park & Zoo

Lembang Park & Zoo mempunyai banyak spot foto instagramable, seperti Bird Aviary atau sangkar burung raksasa dan Restoran Mari Makan.

Setelah lelah berkeliling, para pengunjung bisa duduk santai menikmati kuliner di Neko Cat Cafe dan Quagga Green Cafe. Lokasinya berada di Jalan Kolonel Masturi Nomor 171, Sukajaya, Lembang.

Mencari glamping di Lembang bertema alam? The Lodge Maribaya bisa menjadi pilihan bagi wisatawan.

Selain fasilitas glamorous camping atau glamping, ada sejumlah wahana di The Lodge Maribaya yang menarik. Meliputi, ayunan tinggi di wahana Valley Swing, Mountain Swing, dan Extreme Swing.

Wisatawan juga bisa menaiki balon udara, berjalan di atas jembatan kaca yang tinggi, berfoto di  Sky Tree dan Bamboo Sky, serta naik Zip Bike dan Gantole. Lokasinya berada di Jalan Maribaya Nomor 149/252, Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang, Bandung Barat. 

Obyek wisata ini cocok untuk piknik atau berkemah di tengah alam. Ikon obyek wisata ini adalah bangunan dome alias kubah berbentuk pentagon yang berisi perpustakaan mini.

Bangunan dome yang unik itu kerap menjadi latar berfoto bagi pengunjung. Pada malam hari, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan kerlap-kerlip lampu kota atau langit malam bertabur bintang.

Alamatnya di Jalan Sukanagara, Pagerwangi, Lembang, Bandung Barat.

18. D’Dieuland

D'Dieuland menawarkan paket wisata komplit, mulai dari pemandangan alam, wahana permainan, sekaligus wisata kuliner. 

Pengunjung bisa melihat panorama Kota Bandung dari ketinggian serta hamparan perbukitan. Sembari menikmati pemandangan, wisatawan bisa foto di spot Instagramable seperti jembatan hias lampung gantung yang berbentuk unik.

Ada pula fasilitas outbond untuk anak-anak, seperti flying fox. Lokasinya berada di kawasan wisata Punclut, Kampung Pageurmanah, Lembang, Bandung Barat.

Dusun Bambu merupakan wisata kuliner yang menyatu dengan alam. Wisatawan bisa merasakan sensasi makan di alam terbuka yang dikelilingi pepohonan. 

Wisatawan bisa berkeliling danau dengan perahu, berkemah, serta glamping. Dusun Bambu juga menyediakan penginapan bergaya khas Sunda yakni bangunan terbuat dari bambu.

Lokasinya ada di Jalan Kolonel Masturi No.KM11, Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Wisata kuliner bertema alam lainnya adalah Kampung Daun. Lokasinya ada di Jalan Sersan Bajuri Km 4,7 Nomor 88, Desa Cihideung, Parongpong, Bandung Barat.

Pengunjung bisa merasakan sensasi menyantap makanan khas Sunda di tengah alam terbuka.

Ada gemericik air sungai, jalan setapak berbatu, serta tebing batu alami yang membuat pengunjung seperti benar-benar berada di alam terbuka.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/16/120200027/20-wisata-alam-lembang-cocok-buat-healing

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke