Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Aktivitas di Artina di Sarinah, Bisa Ikut Workshop

KOMPAS.com - Datang ke pameran seni di Gedung Sarinah di Jakarta Pusat, tepatnya Artina Sarinah, bisa jadi salah satu opsi untuk mengisi akhir pekan yang berkualitas.

Sebab, pameran itu memajang berbagai karya seni yang bisa menambah pengetahuan.

  • Pameran Seni Artina di Sarinah, Bisa Dengar Suara Gunung Merapi
  • Fasilitas dan Rute Menuju Mal Sarinah Jakarta yang Baru Dibuka

"Kami (Artina) mengusung tema Matrajiva yang sebenarnya isinya kurang lebih menceritakan atau mengangkat tentang spiritualitas dan religiusitas," kata Project Director Artina Sarinah, Morine Rociana kepada Kompas.com, Kamis (16/3/2023).

Untuk diketahui, pameran Matrajiva berlangsung hingga bulan Mei 2023, tepatnya Rabu (31/5/2023). Lokasinya di Lantai 6 Gedung Sarinah dan beroperasi mulai dari pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Harga tiket masuk ke tempat pameran tersebut mulai Rp 50.000 per orang baik hari biasa maupun akhir pekan, serta gratis bagi anak berusia di bawah tiga tahun.

Adapun tiket masuk bisa dibeli langsung di lokasi pameran atau lewat aplikasi penjualan tiket online (daring), seperti Loket.com.

Selain menikmati karya seni dan mengunjungi pameran, ada beberapa aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di tempat ini.

Siapa bilang datang ke pameran seni akan membosankan? Saat datang ke Artina Sarinah, tepatnya saat pameran Matrajiva, pengunjung akan menjumpai banyak spot foto yang Instagramable.

Mulai dari ruangan yang berwarna ungu dengan berbagai gambar kartun, jembatan bambu khas suku baduy, hingga berbagai seni intalasi yang juga menarik untuk diabadikan lewat lensa kamera.

Tapi ingat ya, selama di pameran jangan asal memegang karya seni karena dikhawatirkan akan merusak karya tersebut.

Selain melihat karya seni, pengunjung juga bisa mengikuti workshop (lokakarya) yang diadakan oleh pihak Artina Sarinah, seperti melukis dan merajut.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan dengan minimum peserta sekitar 15 orang yang pendaftarannya dibuka satu minggu sebelum pelaksanaan.

Informasi lokakarya bisa dilihat langsung di akun sosial media Artina Sarinah.

"(Harga loka karya) ada yang Rp 200.000 tapi itu sudah sama perlengkapan dan tiket masuk. Dan bisa dibawa pulang hasil karyanya," ujar Morine.

3. Mengikuti talk show

Pengunjung Artina Sarinah juga bisa mengikuti program talk show di area pameran yang diselenggarakan setiap satu bulan sekali pada tanggal yang berbeda.

Narasumber yang dihadirkan, antara lain seniman yang sedang menggelar pameran, kurator, ataupun direktur artistik.

4. Menikmati hiburan

Di Artinah Sarinah juga terkadang ada penampilan-penampilan khusus guna menghibur pengunjung, seperti pentas tari dan pembacaan puisi.

Namun, tidak ada jadwal yang pasti mengenai pementasan hiburan di pameran tersebut.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/17/190826527/4-aktivitas-di-artina-di-sarinah-bisa-ikut-workshop

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke