Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semana Santa 2023, Hotel di Larantuka Penuh Dipesan Peziarah

FLORES TIMUR, KOMPAS.com – Menjelang perayaan Semana Santa 2023, banyak hotel di Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah habis dipesan para peziarah.

Adapun Gereja Keuskupan Larantuka kembali membuka penyelenggaraan Semana Santa ini setelah tiga tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19.

"Dari hasil survei oleh kami panitia kabupaten bidang akomodasi rata-rata semua kamar hotel sudah terbooking habis,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata, Kabupaten Flores Timur, Katarina Riberu saat dihubungi, Sabtu (18/3/2023).

  • Pesona Pantai Ronting di NTT, Tenang untuk Nikmati Sunset
  • Wisata ke Nagekeo NTT, Bisa ke Mana Sana?

Katarina mengungkapkan, selain hotel, sejumlah sarana hunian pariwisata atau homestay juga sudah dibooking.

Saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Camat Larantuka mendata homestay, sekolah, dan asrama untuk dijadikan penginapan.

Hal ini untuk mengantisipasi membeludaknya kunjungan peziarah, terlebih yang datang berkelompok.

“Nanti kalau dari hasil survei ada yang layak, maka yang diperlu diperhatikan adalah kebutuhan mendasar, misalnya air bersih dan MCK,” katanya.

Katarina meminta pemilik hotel atau homestay tidak menaikkan tarif dan tetap memperhatikan fasilitas yang ada sehingga para peziarah biasa merasa nyaman selama berada di Larantuka.

“Standar harga homestay Rp.150.000, bilamana ada tambahan makan dan lain-lain menjadi kesepakatan antara peziarah dan pemilik homestay,” ucapnya.

  • Renyah dan Gurihnya Camilan Jagung Titie dari Larantuka NTT
  • Serunya Berburu Oleh-oleh Khas di Pasar Baru Larantuka NTT

Keputusan membuka kembali kegiatan rohani ziarah iman ini tertuang dalam surat keputusan Uskup Larantuka nomor KL10/V1/1/2023.

Panitia mengingatkan semua peziarah yang mengikuti prosesi wajib mengantongi sudah mendapatkan vaksin dosis tiga atau booster. Apalagi, nantinya ada ritual cium Tuan, baik di kapela Tuan Ana maupun di kapela Tuan Ma.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/18/180600327/semana-santa-2023-hotel-di-larantuka-penuh-dipesan-peziarah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke