Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bunga Teratai Rana Tonjong di Manggarai Timur, NTT Mulai Mekar

BORONG,KOMPAS.com – Bagi wisatawan ingin berwisata alam sambil melihat keunikan bunga teratai yang diklaim terbesar kedua di dunia, datang saja ke Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ada Danau Teratai yang mulai mekar tahun ini. Tempatnya ada di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

"Ini waktu yang tepat untuk melihat dan menyaksikan sendiri bunga Teratai sedang mekar," kata Petugas Lapangan Dinas Pariwisata Kabupaten Manggarai Timur di Kecamatan Sambi Rampas bernama Arsyad kepada Kompas.com, Rabu, (22/3/2023).

Arsyad menjelaskan, setiap tahun bunga teratai Rana Tonjong di Kelurahan Pota mekar dari April sampai Juli. Akhir Maret ini mulai mekar satu per satu.

"Danau Rana Tonjong merupakan tempat tumbuhan teratai terbesar kedua di dunia dan hanya ada di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur," jelasnya.

Turis berdatangan ke Danau Teratai

Arsyad menjelaskan, wisatawan sudah berdatangan ke Danau Teratai Rana Tonjonng. Bulan Februari 2023, ada turis asal Belanda yang berwisata di Danau Teratai Rana Tonjong.

"Saya sering memandu turis asing dan Nusantara yang berwisata di Danau Teratai ini," ujar dia.

Arsyad menjelaskan, Danau Teratai atau Lotus ini berada di Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Manggarai Timur dengan akses jalan Negara Trans Pantura sudah sangat bagus dari Maumere, Ibu Kota Kabupaten Sikka, sampai di Kota Reo, Kecamatan Reo, Kabupaten Manggarai.

"Destinasi di Pantura Manggarai Timur, bukan hanya danau teratai, tetapi ada juga Komodo Pota yang orang lokal menyebut 'Rugu'", sambung Arsyad.

Ia melanjutkan, ada juga pantai Watu Payung, persawahan Pota, pusat bawang merah dan putih, serta kain tenun Sambi Rampas.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/22/130100827/bunga-teratai-rana-tonjong-di-manggarai-timur-ntt-mulai-mekar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke