Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tawur Agung Kesanga di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang, Ramai Ribuan Warga

LUMAJANG, KOMPAS.com - Ribuan warga Kabupaten Lumajang memadati sekitar kawasan Pura Mandhara Giri Semeru di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (21/3/2023) malam.

Warga berkumpul untuk menyaksikan upacara Tawur Agung Kesanga dalam rangka perayaan hari raya nyepi.

Prosesi Upacara Tawur Agung Kesanga di Pura Mandhara Giri Semeru diawali dengan sembahyang di Pura dan dilanjutkan dengan pawai ogoh-ogoh.

Sebanyak 17 ogoh-ogoh diarak keliling desa mulai dari Pura Mandhara Giri Semeru dan berakhir di lapangan belakang pura.

Ketua Pengurus Harian Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Wiradarma mengatakan, pawai ogoh-ogoh bertujuan untuk menghilangkan gangguan makhluk gaib agar dalam pelaksanaan Nyepi nanti, umat hindu bisa melangsungkan dengan khidmat.

"Hari ini adalah perayaan Tawur Agung Kesanga dengan perayaan ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh ini adalah sebuah simbol dari para Buthakala yang sering mengganggu umat manusia," kata Wiradarma di Pura Mandhara Giri Semeru, Selasa (21/3/2023).

"Maka pada hari ini kita yang akan melaksanakan Catur Brata Penyepian agar terbebas dari gangguan makhluk alam yang tidak nyata dan kita bisa melaksanakan perayaan nyepi dengan tenang," tambahnya.

Jalannya pawai ogoh-ogoh di Pura Mandhara Giri Semeru

Setelah diarak keliling desa, ogoh-ogoh akan dibakar sebagai simbol memusnahkan makhluk gaib yang sering mengganggu umat manusia.

"Kami umat Hindu percaya setelah kita bakar buthakala, kita bisa hidup harmonis dengan sesama manusia dengan alam semesta dan dengan sang pencipta," jelasnya.

Proses pembakaran ogoh-ogoh sempat terhenti beberapa jam akibat hujan deras mengguyur Kecamatan Senduro.

Sementara, Ningrum, salah satu pengunjung mengaku sangat rindu pawai ogoh-ogoh di Kecamatan Senduro yang sudah berhenti digelar tiga tahun terakhir akibat pandemi covid-19.

"Senang ya, ramai sekali karena ini kan sudah tiga tahun tidak ada jadi kami kangen (pawai ogoh-ogoh). Ciri khasnya di Senduro ini ya ini toleransinya kuat, walaupun kami tidak (beragama) Hindu, kami tetap membantu," ucap Ningrum.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/22/140200127/tawur-agung-kesanga-di-pura-mandhara-giri-semeru-agung-lumajang-ramai-ribuan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke