Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagasi Penumpang Pesawat Kelebihan, Bagaimana Cara Hitung Biayanya?

KOMPAS.com - Saat bepergian menggunakan pesawat terbang, salah satu yang harus diperhatikan adalah barang bawaan. Sebab, ada ketentuan berat maksimum barang yang boleh dibawa selama penerbangan.

Jika beratnya melebihi ketentuan maskapai, maka penumpang akan dikenakan biaya tambahan.

Rata-rata, maskapai di Indonesia memberikan bagasi gratis sebesar 20 kilogram (kg) bagi penumpang pesawat. Serta, barang untuk dibawa ke kabin pesawat sekitar 7 kg. 

"Pelita Air menggunakan prinsip weight concept untuk perhitungan allowance bagasi penumpang," kata VP Corporate Secretary Pelita Air, Agdya Pratami Putri kepada Kompas.com, Selasa (21/3/2023). 

Ia melanjutkan, free baggage allowance kepada penumpang Pelita Air yaitu 20 kg dengan berat per bagasi tidak diperkenankan lebih dari 32 kg," imbuhnya. 

Seperti Garuda Indonesia. Tipe penumpang dewasa, anak-anak, dan bayi dengan kursi di kabin kelas satu (first class), mendapatkan kuota bagasi bebas biaya sebesar 40 kilogram (kg).

Sementara itu, kuota bagasi bebas biaya kelas bisnis (business class) adalah sebesar 30 kg, dan kelas ekonomi (economy class) 20 kg. Informasi lengkapnya bisa dilihat di sini. 

Untuk informasi ketentuan bagasi tiap maskapai, dapat dilihat melalui laman web resmi mereka. 

Jika bagasi berlebih, bagaimana perhitungannya?

Jika berat bagasi atau barang di kabin melebihi dari ketentuan maskapai, maka akan dikenakan biaya ekstra yang biasanya dihitung berdasarkan kilogram. Adapun harga per kilogramnya berbeda-beda tergantung jarak rute dan maskapainya.

"Untuk formulasi, biaya bagasi tambahan yaitu persentase dari tarif ekonomi tertinggi dari setiap rute. Informasi biaya tambahan setiap rute penerbangan Pelita Air dapat diakses melalui website resmi kami," ujar Agdya. 


Sementara itu, sama dengan maskapai lainnya, Garuda Indonesia juga mengenakan tarif atas kelebihan bagasi.

Artinya, penumpang yang bagasinya melebihi kuota bagasi bebas biaya, harus mengeluarkan biaya tambahan secara mandiri.

Biaya kelebihan bagasi dibedakan antara rute domestik dan internasional. Dilansir dari laman resmi Garuda Indonesia, untuk rute domestik biayanya berkisar di sini, sedangkan rute internasional di sini. 

Sebagai catatan, tarif kelebihan bagasi tersebut adalah untuk penerbangan dari titik ke titik. Nilainya dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan Garuda Indonesia.

Adapun sejak 2022 hingga 2023, Garuda Indonesia menawarkan promo tambahan diskon 80 persen untuk kelebihan bagasi (excess baggage) dan bagasi prabayar (prepaid baggage) semua rute domestik dan internasional. 

Sehingga, rute domestik dikenakan harga mulai Rp 15.000 per kg, sedangkan rute internasional mulai Rp 60.000 per kg. Info lebih lengkap bisa dibaca di https://www.garuda-indonesia.com/id/id/special-offers/sales-promotion/ancillary/special-baggage-rates

https://travel.kompas.com/read/2023/03/24/140200427/bagasi-penumpang-pesawat-kelebihan-bagaimana-cara-hitung-biayanya-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke