Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Tempat Ngabuburit Murah di Tangerang Raya, Ada yang Gratis

KOMPAS.com - Waktu menunggu azan maghrib menjelang berbuka puasa bisa diisi dengan ngabuburit di sejumlah tempat yang dekat tempat tinggal.

Jika tinggal di daerah Tangerang, Kompas.com memiliki beberapa rekomendasi tempat ngabuburit yang bisa didatangi.

  • 13 Tempat Ngabuburit Murah Meriah di Jakarta Pusat 
  • 9 Tempat Ngabuburit di Depok, Banyak Tempat Gratis

Berikut rekomendasi tempat ngabuburit di Tangerang yang murah meriah:

Situ Cipondoh bisa jadi salah satu tempat ngabuburit yang asyik. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di tempat ini, mulai melihat pemandangan danau, memancing, joging, naik sepeda, hingga berjalan santai menikmati suasana sore.

Selain itu, pungunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang danau atau bangunan beratap putih yang kerap dijuluki Sydney Opera House.

Ada pula wahana perahu bebek dengan tarif mulai Rp 25.000 per dua orang, serta kapal mesin untuk berlayar di danau dengan tarif mulai Rp 35.000 per orang.

Saat ini belum ada biaya tiket untuk masuk ke Situ Cipondoh, namun pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir mulai Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat dan mulai Rp 3.000 untuk kendaraan roda dua.

  • 7 Aktivitas di Situ Cipondoh Tangerang, Bisa Naik Perahu dan Olahraga
  • Situ Cipondoh Tangerang: Jam Buka, Tiket Masuk, dan Aktivitas

2. Pasar Lama Tangerang

Jika ingin ngabuburit sambil mencari takjil atau makanan berbuka puasa bisa datang ke Pasar Lama.

Lokasinya di Jalan Kisamaun, Sukasari, Kota Tangerang, Banten. Dari Stasiun Tangerang, pengunjung bisa berjalan kaki selama kira-kira 10 menit hingga sampai di pasar ini.

Ada banyak makanan dan minuman yang dijajakan, mulai dari aneka camilan hingga makanan ekstrem berupa sate ular.

Selain ke pasar, jalan-jalan ke Taman Potret juga bisa jadi salah satu pilihan yang menarik untuk menunggu waktu berbuka.

Ada banyak fasilitas gratis di taman yang berlokasi dekat Tangcity Mall dan Taman Bambu ini.

Mulai dari area bermain, area wisata kuliner, dan patung-patung yang bisa dijadikan latar foto, seperti patung perahu, patung penari, patung sosok bersepeda, dan patung "I LOVE TNG".

Tersebar pula beberapa patung jamur raksasa di area taman yang bisa dijadikan tempat berteduh sekaligus tempat membuat konten.

Tidak ada tiket masuk ke Taman Potret alias gratis. Namun, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi harus membayar tarif parkir tergantung jenis kendaraannya. Tarifnya mulai Rp 5.000.

Wisatawan yang ingin berolahraga sambil menunggu azan maghrib bisa datang ke Alun-alun Kota Tangerang atau dikenal juga sebagai Lapangan Ahmad Yani. 

Di tempat ini, ada banyak fasilitas olahraga yang bisa digunakan secara gratis. Dilansir dari Kompas.id, fasilitas yang disediakan, antara lain lintasan lari dan panjat dinding.

Jika ingin ngabuburit sambil berburu foto-foto yang Instagramable bisa datang ke Tebing Koja atau yang lebih akrab disebut Kandang Godzila.

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (16/12/2022), tempat ini disebut sebagai Kandang Godzila karena lokasinya dikelilingi tebing tinggi dan pepohonan.

Adapun tiket masuk Kandang Godzila dibanderol mulai Rp 5.000 per orang.

Taman Bintaro Xchange berlokasi dekat dengan mal Bintaro Xchange.

Alamatnya di Jalan Boulevard Bintaro Jaya Blok O-2 Sektor VII, Pondok Jaya, Pondok Duren, Tangerang Selatan.

Dilansir dari Direktori Pariwisata, taman ini dilengkapi beragam fasilitas, salah satunya jogging track. 

Taman ini juga cocok dijadikan lokasi rekreasi keluarga karena ada kolam ikan dan area duduk-duduk.

7. Hutan Jati Sindang Panon

Hutan Jati Sindang Panon berlokasi di Kecamatan Paongan, Kabupaten Tangerang.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Minggu (10/4/2022), tempat ini menawarkan beragam wahana permainan untuk anak-anak dan orang dewasa. Termasuk pula beragam spot Instagramable yang bisa dijadikan latar foto.

Harga tiket masuknya mulai Rp 5.000 pada hari biasa dan mulai Rp 10.000 pada akhir pekan.

Tempat ngabuburit murah meriah lainnya di Tangerang adalah Taman Kota 2 BSD yang berlokasi di Jalan Letnan Sutopo, Ciater, Serpong, Tangerang Selatan.

Di taman ini, terdapat beraneka ragam fasilitas, di antaranya kawasan pohon pinus, area bermain anak-anak, spot foto ala Korea, dan jogging track, dikutip dari Kompas.com, Senin (23/1/2023).

Adapun spot foto ala Korea ini disebut-sebut mirip Cheonggyecheon River yang berada di Seoul, Korea Selatan.

Untuk masuk ke taman ini, pengunjung tidak akan dikenakan biaya apa pun alias gratis.

Taman Menteng cocok sebagai lokasi menunggu waktu berbuka karena suasananya yang teduh. Taman ini ditumbuhi hamparan rerumputan dan pepohonan.

Dilansir dari laman resmi Bintaro Jaya, pengunjung yang datang ke taman ini biasanya bersantai atau berolahraga, mulai dari jogging hingga bersepeda.

Selain itu, lokasi taman ini di Bintaro Sektor 7 juga dekat dengan Lotte Mart dan Bintaro Plaza.

Tidak biaya masuk bagi pengunjung yang ingin datang ke Taman Menteng Bintaro, alias taman ini bisa dikunjungi secara gratis.

Jika biasanya ngabuburit hanya dilakukan dengan jalan-jalan di daratan, saat ini ada aktivitas baru yang bisa dicoba yakni menyusuri danau.

Hal itu bisa dilakukan di Hutan Kota Tanah Tingal di Jalan Merpati Raya Nomor 32B, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan.

Pengunjung yang datang tempat ini bisa mengarungi danau menggunakan kayak, dikutip dari laman resmi Bintaro Jaya.

Tidak hanya itu, mereka juga bisa bersepeda dan panjat dinding. Jika mengunjungi hutan kota ini bersama rombongan, tersedia aktivitas outbound yang disediakan oleh pengelola.

Adapun pengunjung bisa menikmati taman ini secara gratis.

Terletak di tepi Sungai Cisadane, tepatnya di Kota Tangerang, Bendungan Pintu Air Sepuluh juga termasuk tempat ngabuburit yang murah meriah.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Minggu (1/12/2022), bendungan ini buka setiap hari selama 24 jam dan dapat dikunjungi secara gratis tanpa perlu membayar tiket masuk.

Sesuai namanya, bendungan ini terdiri 10 pintu air yang masing-masing memiliki lebar 10 meter, dilansir dari direktoripariwisata.id. Fungsinya untuk irigasi sekaligus mengendalikan banjir di Kota Tangerang.

Di tempat itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan Sungai Cisadane sambil berfoto dengan latar belakang bendungan.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/24/223309327/11-tempat-ngabuburit-murah-di-tangerang-raya-ada-yang-gratis

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke