Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tempat Ngabuburit Murah Jakarta Utara, Bioskop Rakyat hingga Pantai 

KOMPAS.com - Kawasan Jakarta Utara memiliki pilihan tempat ngabuburit menarik yang bisa dikunjungi saat menantikan waktu berbuka puasa.

Beberapa diantaranya merupakan tempat ngabuburit murah di Jakarta Utara. Jadi, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam jika hendak ngabuburit bersama teman atau keluarga.

Tempat ngabuburit murah di Jakarta Utara cukup beragam, seperti taman, pantai, museum, hingga bioskop rakyat.

Obyek wisata populer ini menyediakan tiket masuk gratis bagi pengunjung yang berlaku mulai 23 Maret-20 April 2023. Jadi, selama Ramadhan kamu bisa ngabuburit di Ancol secara gratis.

Calon pengunjung cukup melakukan reservasi dan membeli tiket kendaraan bagi pemilik kendaraan, di laman resmi Ancol, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (22/3/2023). 

Ada berbagai gerai makanan di kawasan Ancol sehingga memudahkan pengunjung mencari hidangan buka puasa.

Danau Sunter merupakan andalan tempat ngabuburit murah meriah di Jakarta Utara. Lokasinya berada di Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Saat ngabuburit, warga bisa duduk santai di bawah pohon tepi danau sembari memandang air danau yang hijau, tenang dan dingin. 

Namun, pengunjung juga perlu berhati-hati lantaran Danau Sunter cukup dalam mencapai 8 meter, seperti dikutip dari Kompas.com (26/11/2022). 

Indiskop adalah bioskop rakyat yang berada di dalam Pasar Jaya Teluk Gong, Penjaringan, Jakarta Utara, seperti dikutip dari Kompas.com (7/10/2019). Kamu bisa menunggu waktu berbuka sembari menonton film dalam negeri di Indiskop.

Tarif tiketnya cukup murah, yakni Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 anak-anak. Terdapat dua studio yang masing-masing bisa menampung 112 warga yang ingin menonton di bioskop rakyat ini.

Bioskop rakyat ini dibangun Pemprov DKI Jakarta dan Perumda Pasar Jaya berkolaborasi dengan PT Kreasi Anak Bangsa, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, dan PARFI.

Masjid ini disebut mirip Taj Mahal India karena bangunan masjid berwarna putih. Mengutip Kompas.com (7/3/2023), Masjid Ramlie Musofa berdiri sebagai lambang cinta kepada Allah SWT dan keluarga sang pendiri

Pendirinya masjid ini  merupakan seorang mualaf keturunan Tionghoa dan Aceh bernama Ramli Rasidin. Sembari menunggu azan maghrib, kamu bisa berwisata religi dengan mengagumi kemegahan arsitektur Masjid Ramlie Musofa. 

Taman Waduk Pluit adalah ruang terbuka hijau yang berada di sisi barat Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Taman seluas 10 hektar ini, memiliki sejumlah fasilitas seperti  lapangan basket, lintasan lari, toilet, dan lapangan futsal. Sembari menunggu waktu berbuka, warga bisa duduk santai di atas rumput hijau tepi danau.

Saat Ramadhan, ada banyak pedagang takjil di sekitar Waduk Pluit sehingga masyarakat bisa membeli hidangan buka puasa.

Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke Kapuk atau dikenal dengan  Hutan Mangrove PIK bisa menjadi alternatif ngabuburit di Jakarta Utara.

Pengunjung cukup membayar tiket masuk untuk menikmati panorama hutan mangrove. Sembari menunggu waktu berbuka, kamu bisa melihat panorama sunset dari Hutan Mangrove PIK.

Lokasinya berada di Jalan Garden House, Kamal Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Hutan Mangrove PIK juga menyediakan aneka fasilitas berbayar seperti kano, speedboat, hingga penginapan. 

Ikon Taman Hutan Kota Penjaringan, Jakarta Utara adalah sebuah taman labirin di dalamnya. Mengutip Kompas.com (18/11/2021), ribuan pohon pucuk merah tumbuh di atas lahan seluas 1.000 meter persegi bak sebuah labirin.

Selain menjadi paru-paru kota, taman ini juga menjadi sarana bermain anak-anak, area olahraga, dan tempat bersantai.

Taman Hutan Kota Penjaringan cocok untuk ngabuburit murah meriah dengan pemandangan pepohonan dan udara segar.

Museum Bahari menyimpan banyak sekali informasi tentang sejarah kejayaan kemaritiman Indonesia. Bangunan museum merupakan bekas gudang perusahaan dagang Belanda, sehingga memiliki keelokan arsitektur bangunan khas Eropa klasik.

Sembari menunggu waktu berbuka, kamu bisa melihat koleksi Museum Bahari yang menggambarkan kejayaan maritim Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Pasar Ikan Nomor 1, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara

https://travel.kompas.com/read/2023/03/26/224500427/8-tempat-ngabuburit-murah-jakarta-utara-bioskop-rakyat-hingga-pantai-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke