Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Daftar Mudik Gratis untuk Lebaran 2023, Masih Bisa Daftar

KOMPAS.com - Memasuki bulan Ramadhan, ada sejumlah program mudik gratis yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman saat Hari Raya Lebaran 2023.

Adapun mudik gratis tersedia untuk beragam moda transpkrtasi. Kendati demikian, sejumlah syarat harus dipenuhi oleh calon pemudik jika ingin mendapat kesempatan mudik gratis ini.

Berikut beberapa program mudik gratis beserta persyaratannya, yang Kompas.com rangkum.

Program mudik gratis

1. Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar Program Mudik Gratis pada momen Lebaran 2023, baik melalui jalur darat, laut, maupun menggunakan kereta api.

Meski kuota mudik gratis dengan bus sudah penuh, namun kuota mudik sepeda motor menggunakan kapal laut secara gratis masih dibuka hingga hari ini (27/3/2023).

Kuota mudik gratis untuk sepeda motor dengan kapal laut sudah terisi sebanyak 2.768 motor dari total kuota 5.000 motor, dan untuk penumpang berjumlah 6.306 orang dari total kuota 10.000 orang.

"Pendaftaran tetap dilayani setiap hari termasuk hari Sabtu dan Minggu, meskipun merupakan hari libur, kami tetap buka karena masyakat yang ingin mendaftar dan verifikasi mungkin tidak dapat dilakukan karena bekerja pada hari kerja," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Hendri Ginting dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (27/3/2023).

Pendaftaran dan registrasi mudik motor gratis bisa dilakukan secara online dan offline.

Pendaftaran online bisa melalui https://mudikgratis.dephub.

Sedangkan pendaftaran offline dilakukan di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Gedung Cipta lantai dasar Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat No.8 Jakarta Pusat.

Mengutip Kompas.com, Sabtu (25/3/2023), Plh. Dirjen Perhubungan Laut Capt. Antoni Arif Priadi menyebutkan, sejumlah fasilitas yang akan didapat para peserta mudik gratis dengan kapal termasuk dua kali makan dan dua kali camilan selama perjalanan yang diperkirakan memakan waktu sekitar 17 jam.

2. Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Tahun ini, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur menggelar mudik gratis dengan tujuan 20 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Mengutip informasi laman resminya, pendaftaran online dibuka sejak 27 Maret 2023 sampai dengan 10 April 2023, melalui laman mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id

Kemudian calon pemudik harus verifikasi dan mengambil tiket pada 11-18 April 2023 di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur di Jalan Ahmad Yani No.268 Surabaya.

Sedangkan untuk pendaftaran melalui operator akan dibuka sejak 11-18 April 2023 sampai tiket habis pada pukul 08.00-16.00 WIB di kantor Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Jalan Ahmad Yani No. 268 Surabaya.

Untuk syaratnya, cukup membawa fotocopy KTP dan fotocopy Kartu Keluarga.

Pastikan pula calon pemudik telah divaksinasi booster dan tujuan mudiknya ke kota atau kabupaten yang berada di Jawa Timur.

Mengutip Kompas.com, Rabu (15/3/2023), pendaftaran mudik gratis bersama Alfamidi berlangsung pada 16 Februari-31 Maret 2023, untuk tanggal keberangkatan 19 April 2023 dari Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII pukul 06.00 WIB.

Adapun kota tujuan mudik gratis ini meliputi Surabaya, Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

Bagi yang ingin ikut program mudik gratis bersama Alfamidi dapat mengikuti sejumlah persyaratan sebagai berikut:

4. Indomaret

Pendaftaran mudik gratis bersama Indomaret berlangsung pada 1-31 Maret 2023, untuk tanggal keberangkatan 18 April 2023 dari Parkir Timur Senayan pukul 08.00 WIB, dikutip Kompas.com, Rabu (15/3/2023).

Adapun untuk kota tujuan mudik gratis ini yaitu Yogyakarta dan Solo, dengan syarat sebagai berikut:

  • Untuk pemudik kereta api, konsumen yang membawa bayi di bawah 3 tahun tidak dikenakan biaya tambahan tiket infant (lapor ke loket untuk mendapatkan tiket infant) wajib membawa Kartu Keluar Kartu Identitas Anak.
  • Penukaran boarding pass jam 18.00-21.00 WIB tanggal 18 April 2023 di Indomaret Point Stasiun Pasar Senen. Maksimal 4 tiket untuk setiap member Indomaret Poinku.
  • Struk transaksi wajib di fotokopi.
  • Pemudik wajib sudah vaksin ketiga (Booster 1). Bayi di atas 3 tahun wajib memiliki tiket mudik.
  • Data identitas peserta mudik wajib sama dengan pengisian data saat di toko Indomaret (nama, usia, gender. nomor identitas, nomor ponsel dan email).

https://travel.kompas.com/read/2023/03/27/172602127/4-daftar-mudik-gratis-untuk-lebaran-2023-masih-bisa-daftar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke