Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Masjid Tertua di Dunia, Ada yang Berada di China

KOMPAS.com - Masjid tertua di dunia menjadi saksi penyebaran Islam di seluruh penjuru dunia. Mayoritas masjid tertua di dunia berada di Timur Tengah yang merupakan tempat kelahiran Islam.

Masjid tertua di dunia tersebut masih berdiri hingga saat ini setelah mengalami beberapa kali renovasi. Umat Islam dari seluruh penjuru dunia mendatangi masjid tertua tersebut untuk ibadah sekaligus ziarah melihat saksi kelahiran Islam.

Masjid tertua di dunia

Berikut daftar masjid tertua di dunia seperti dihimpun Kompas.com dari laman Halal Trip dan The Culture Trip

Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi adalah masjid tertua di dunia, seperti dilansir dari Halal Trip. Namun, tanggal pembangunan Masjidil Haram tidak diketahui secara pasti.

Sebuah riwayat menyebutkan bahwa sejarah Masjidil Haram bermula ketika Nabi Ibrahim dan putranya, Nabi Ismail membangun tempat ibadah di Mekkah. Riwayat lainnya menyebut Masjidil Haram sudah ada bahkan sebelum Nabi Adam dan Hawa datang ke dunia.

Masjidil Haram merupakan salah satu tempat suci umat Islam. Terdapat Kabah di dalam area masjid yang merupakan kiblat umat Islam di seluruh dunia.

Muslim dari seluruh dunia mendatangi Masjidil Haram untuk menunaikan ibadah haji dan umrah, sehingga tempat suci ini selalu dipadati oleh para peziarah.

Selain Masjidil Haram, Masjid Nabawi merupakan tempat suci umat Islam. Masjid Nabawi dibangun oleh Nabi Muhammad SAW setelah hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Usia masjid ini diperkirakan mencapai 1.400 tahun. Dalam perjalanannya Masjid Nabawi sudah mengalami banyak renovasi serta perluasan.

Umat Islam mengunjungi Masjid Nabawi untuk berziarah sekaligus mengunjungi makam Nabi Muhammad SAW.

Masjid Al Aqsa merupakan tempat suci bagi umat Islam setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Masjid yang berada di Yerusalem ini dibangun pada 705 masehi.

Masjid ini menjadi tempat suci bagi umat Islam karena merupakan bagian dari perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW saat menerima perintah shalat dari Allah SWT.

Masjid Al Aqsa juga pernah menjadi kiblat umat Islam sebelum akhirnya pindah ke Kabah di Masjidil Haram, Mekkah.

4. Masjid Agung Sana’a

Masjid Agung Sana’a berada di Kota Tua Sana’a di Yaman. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid  Al Jami Al Kabir bi Sana’a.

Masjid ini diperkirakan dibangun pada abad ke-7 hingga ke-8. Menurut sejarah, lokasi masjid dulunya adalah Istana Ghundam yang dibangun ulang sebagai masjid usai penyebaran Islam meluas di  tanah tersebut. 

Salah satu masjid tertua di dunia ini masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

Masjid Uqba juga dikenal sebagai Masjid Agung Kairouan, karena berada di Kairouan, Tunisia. Kota ini telah ditetapkan sebagai kota Warisan Dunia UNESCO.

Masjid Uqba  dibangun oleh Jenderal Arab Uqba Ibnu Nafi pada 670 bersamaan dengan pendirian Kota Kairouan.

Masjid Agung Kairouan berdiri di atas lahan seluas 9000 meter persegi, dengan tembok dinding sangat besar dan sembilan gerbang utama. Pada ujung utara halaman tengah berdiri menara masjid setinggi 31,5 meter.

Menara Masjid Uqba merupakan salah satu menara masjid tertua di dunia. Desan Masjid Uqba tersebut menjadi insipirasi bagi seluruh bangunan masjid di wilayah Maghreb.

Masjid Umayyad juga dikenal sebagai Masjid Agung Damaskus yang berada di Damaskus, Suriah. Salah satu masjid tertua di dunia ini diperkirakan dibangun pada  634 masehi.

Bangunan masjid mulanya adalah kuil Romawi, kemudian menjadi sebuah kompleks yang berisi Basilika Katolik Roma. Pada masa pendudukan Bani Umayyah, bangunan tersebut diubah sepenuhnya menjadi masjid.

Arsitektur Masjid Umayyad sangat megah dengan ciri khas sebuah gerbang dan menara di tengah halaman masjid.

Masjid Quba, di Madinah, Arab Saudi adalah salah satu masjid tertua di dunia. Peletakan batu pertama pembangunan masjid dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada 622 masehi.

Pembangunan Masjid Quba dilakukan usai Nabi Muhammad SAW hijrah dan Mekkah ke Madinah. Bangunan masjid telah beberapa kali mengalami renovasi. 

Arsitektur Masjid Quba cukup sederhana berupa ruangan persegi empat dengan dinding di sekelilingnya. Masjid Quba memiliki menara dan kubah, serta 19 pintu.

Masjid yang berada di Kilakarai, Tamil Nadu, India. Masjid ini juga dikenal dengan nama Palaiya Jumma Palli.

Masjid ini didirikan pada masa Dinasti Pandiya oleh pedagang Yaman yang datang ke India, pada 628 masehi. Kilakarai merupakan sebuah kota pelabuhan yang berkembang pesat di India, seperti dikutip dari The Culture Trip.

Oleh sebab itu, kawasan ini menjadi pintu masuk pedagang dari berbagai negara termasuk Yaman yang kemudian menyebarkan Islam.

Bangunan masjid memiliki corak Timur Tengah, dilengkapi dengan pilar dan menara. Sampai sekarang, Masjid Jumma Kilakarai masih digunakan untuk ibadah umat Islam di Tamil.

9. Masjid Agung Kufah 

Masjid Agung Kufah berada di Irak. Salah satu masjid tertua di dunia ini diperkirakan selesai dibangun pada 670 masehi. 

Masjid seluas 11.000 meter persegi ini dilengkapi dengan empat menara dan lima gerbang.

Masjid Agung Xi'an adalah masjid tertua di China, sekaligus salah satu masjid tertua di dunia. Masjid ini dibangun pada 742 masehi pada periode Dinasti Tang.

Periode Dinasti Tang merupakan masa di mana Islam diperkenalkan di barat laut China oleh para pedagang Arab. Berbeda dengan masjid di seluruh dunia yang memiliki kubah dan menara, Masjid Agung Xi'an memiliki arsitektur khas China yaitu pagoda.

Pengunjung bisa menemukan prasasti Arab di dalam masjid. Selain tempat ibadah, Masjid Agung Xi'an juga menjadi destinasi wisata religi.

Selain Masjid Agung Xi’an, ada satu lagi masjid tertua di dunia yang berada di China yakni Masjid Huaisheng. Masjid ini berada Guangta Lu, distrik Yuexiu, Guangzhou. 

Masjid Huaisheng berdiri sejak 627 pada masa  awal Dinasti Tang, ketika Nabi Muhammad SAW mengirim utusan diplomatik ke China.

Bangunan masjid itu memiliki mercusuar setinggi 35 meter untuk digunakan sebagai suar bagi kapal kargo yang membawa rempah, perhiasan, dan gading. Dari situlah, tempat ibadah tersebut mendapat julukan Masjid Mercusuar atau Guangta.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/28/135000227/10-masjid-tertua-di-dunia-ada-yang-berada-di-china

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke