Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Masjid di Jalur Trans Sumatera yang Bisa Dikunjungi Saat Mudik

KOMPAS.com - Masyarakat yang akan mudik melewati jalur Trans Sumatera bisa mampir ke beberapa masjid pilihan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berikut.

Daftar masjid di jalur Trans Sumatera ini dirilis oleh Kemenparekraf dalam bentuk booklet daring bertajuk Mudik Jelajah Masjid. Booklet itu juga memuat tempat wisata di dekat masjid tersebut.

  • Libur Lebaran 2023, Kemenparekraf Rilis Booklet Mudik Jelajah Masjid
  • Daftar 27 Masjid di 4 Jalur Mudik, Ada Masjid Raya Al-Jabbar

"Ini kesempatan untuk memberikan informasi (mengenai) apa saja yang akan dilalui di jalur mudik, terutama terkait dengan masjid yang punya selling point (nilai jual), yang punya experience (pengalaman) unik," terang Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Vinsensius Jemadu dalam Weekly Press Briefing, Senin (27/3/2023).

Simak apa saja masjid-masjid dalam booklet tersebut selengkapnya:

Pemudik yang menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni nantinya akan menemui Masjid Baitus Shobur Lampung.

Masjid Baitus Shobur Lampung berlokasi di Padaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung.

Arsitektur masjid ini dirancang oleh seorang arsitek asal Indonesia yang pernah mendapat penghargaan Venice Biennale Architectural di Venesia, Italia.

Keistimewaan masjid ini terletak di kubah plafon masjid yang bertabur tulisan Asmaul Husna. Tulisan ini akan berubah warna mengikuti cahaya matahari.

Lokasi Masjid ini juga dekat dengan dua tempat wisata ikonis di Lampung, Uluan Nughik dan Tugu Empat Marga.

Jarak antara masjid Baitus Shobur Lampung dan Uluan Nughik sekitar 1,7 kilometer (km). Kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan mobil sekitar tiga menit.

Lokasi tempat wisata budaya ini di Panaragan Jaya, Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung.

Sementara itu, jarak antara masjid Baitus Shobur Lampung dan Tugu Empat Marga  sekitar 8,2 kilometer. Kamu bisa menempuh perjalanan ke taman dengan relief ini menggunakan mobil sekitar 13 menit.

Lokasinya ada di Badara Dewa, Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung.

Beranjak ke jalur lintas Trans Sumatera di sebelah barat, pemudik bisa singgah di masjid ikonis yang ada di Sumatera Barat yakni Masjid Raya Sumatera Barat.

Lokasinya ada di Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat. Masjid ini mudah ditemui karena berada di pusat Kota Padang.

Masjid ini punya arsitektur unik dengan bentuk atap bergaya bagongjong bak atap rumah adat di Minangkabau.

Bahkan, masjid ini dinobatkan sebagai salah satu masjid dengan arsitektur terbaik di dunia versi penghargaan Abdullah Al-Fozan Award (AFAMA) 2021.

Selain dari bentuk atapnya, keunikan lain masjid ini ada di bangunannya yang tahan gempa hingga skala 10 magnitudo. Terdapat pula banyak pintu yang membuat masjid ini dijuluki sebagai Masjid Seribu Pintu Angin.

Tempat wisata terdekat dari Masjid Raya Sumatera Barat yang bisa dikunjungi yaitu wisata Pantai Air Manis dan Masjid Mujahidin.

Dari Masjid Raya Sumatera Barat, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 6,8 kilometer dengan waktu sekitar 23 menit menggunakan mobil ke Pantai Air Manis.

Lokasinya ada di kawasan Air Manis, Padang Selatan, Padang, Sumatera Barat.

Sementara itu, jarak antara Masjid Raya Sumatera Barat dan Masjid Mujahidin yakni sekitar 1,8 kilometer dengan waktu tempuh sekitar tujuh menit menggunakan mobil.

Lokasinya Masjid Mujahidin ada di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 79, Flamboyan Baru, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Masih di Provinsi Sumatera Barat, masjid selanjutnya yang bisa dikunjungi saat melintasi jalur Trans Sumatera yaitu Masjid Al-Hakim.

Lokasinya ada di Jalan Komplek BPKP II Jalan Al-Hakim, Kampung Olo, Kecamatan Nanggalo, Padang, Sumatera Barat.

Masjid Al-Hakim termasuk salah satu masjid terindah di Sumatera Barat karena didominasi oleh warna putih keemasan yang terinspirasi dari Taj Mahal, bangunan ikonis di India.

Selain bangunannya yang megah, masjid ini juga didesain ramah penyandang disabilitas. Hal ini dapat dilihat dari ketersediaan akses kursi roda sehingga setiap jemaah yang datang dapat beribadah dengan lebih nyaman.

Tempat wisata terdekat dari Masjid Al-Hakim yang bisa dikunjungi yaitu Pantai Padang dan Museum Adityawarman.

Pantai Padang berlokasi sekitar 140 meter dari arah Masjid Al-Hakim, dengan waktu tempuh sekitar satu menit menggunakan mobil. Lokasinya ada di daerah Purus, Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Bila ingin ke Museum Adityawarman, jaraknya sekitar 800 meter dari arah Masjid Al-Hakim, dengan waktu tempuh sekitar tiga menit menggunakan mobil.

Lokasinya ada di Jalan Diponegoro Nomor 10 Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

Masjid Agung Madani Islamic Centre akan dilalui oleh pemudik yang melintasi jalur Trans Sumatera menuju Riau.

Lokasinya ada di Jalan Tuanku Tambusai KM 4, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Masjid Agung Madani Islamic merupakan masjid kebanggaan dari Negeri Seribu Suluk, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Kubahnya didesain dengan gaya arsitektur khas Arab.

Tidak hanya itu, di dalam masjid juga terdapat kaligrafi yang menghiasi setiap sudut, ditambah lampu gantung dengan berat sekitar dua ton yang menghiasi bagian dalam masjid.

Dari arah Masjid Agung Madani Islamic Centre, wisatawan dapat menyambangi Pasar Modern Pasir Pangaraian. 

Lokasinya ada di kawasan Kampung Padang, Pematang Berangan, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Perjalanan menuju ke pasar modern tersebut menempuh jarak sekitar 6,1 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 12 menit menggunakan mobil.

Di ujung lintas Trans Sumatera wisatawan dapat berkujung ke Masjid Raya Baiturrahman. Lokasinya ada di Jalan Mohammad Jam Nomor 1, Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh.

Masjid ini merupakan peninggalan Kerajaan Aceh yang menjadi simbol agama dan budaya, sekaligus menjadi saksi bisu peristiwa tsunami Aceh pada 2004 silam.

Halaman Masjid Raya Baiturrahman ini dilengkapi dengan 12 payung raksasa seperti Masjid Nabawi di Madinah dan akses pohon kurma di bagian tamannya.

Dilihat dari segi bangunan, Masjid Raya Baiturrahman berkapasitas sekitar 24.400 jemaah.

Adapun tempat wisata terdekat dari Masjid Raya Baiturrahman yaitu Pantai Ulee Lheue dan Museum Aceh.

Jarak antara Masjid Raya Baiturrahman dan Panntai Ulee Lheue yakni sekitar 4,7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 9 sembilan menit menggunakan mobil.

Lokasinya ada di kawasan Ulee Lheue, Meuraxa, Kota Banda Aceh, Aceh.

Jarak Masjid Raya Baiturrahman dengan Museum Aceh yakni sekitar 900 meter dengan waktu tempuh sekitar tiga menit menggunakan mobil.

Museum Aceh berlokasi di Jalan Sultan Mahmudsyah Nomor 10, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/28/171400427/5-masjid-di-jalur-trans-sumatera-yang-bisa-dikunjungi-saat-mudik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke