Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

50 Ucapan Selamat Idul Fitri 2023, Singkat dan Penuh Makna 

KOMPAS.com - Memberikan ucapan selamat Idul Fitri merupakan salah satu tradisi umat Islam dalam menyambut hari besar. Ucapan selamat Idul Fitri diberikan kepada keluarga, teman, diunggah melalui media sosial, atau disampaikan lewat bingkisan alias parsel.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amirsyah Tambunan mengatakan, ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri merupakan bagian dari tahniah atau ucapan selamat pada hari-hari spesial.

“Adapun tentang ucapan selamat adalah tahniah ketika hari ‘ied, seperti sebagian orang mengatakan selamat pada yang lainnya ketika berjumpa setelah shalat ‘ied,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (30/3/2023). 

Ia menyarankan agar ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri disesuaikan dengan hakikat Idul Fitri, yakni kembali kepada kepada fitrah atau kesucian.

“(Contoh kalimatnya) Taqobbalallahu minna wa minkum. Selamat Hari Raya Aidil Fitri 1 Syawal 1444 H, mohon maaf lahir dan batin,” imbuhnya.

Ucapan Selamat Idul Fitri 2023

Berikut contoh ucapan selamat Idul Fitri 2023 yang bertepatan dengan 1444 H. Ucapan ini bisa menjadi alternatif untuk disampaikan kepada keluarga, teman, maupun diunggah di media sosial.

1. Taqabbalallaahu minna wa minkum, selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin.

2. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1444 H, taqabbalallaahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin.

3. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Wa ja’alanallaahu wa iyyakum minal ‘aidin wal faizin wal maqbulin, kullu ‘ammin wa antum bi khair. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

(Semoga Allah SWT menerima amal ibadah Ramadhan kita, wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah. Dan semoga Allah SWT menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali suci dan orang-orang yang menang, serta diterima amal ibadahnya. Semoga kita senantiasa dalam kebaikan setiap tahunnya)

4. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1444 H.

5. Minal‘ aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1444 H.

Baca juga: Syarat Naik Pesawat untuk Lebaran 2023, Cek Status Vaksinasi

6. Taqabbalallaahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kullu ‘ammin wa antum bi khair. 

(Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita, serta puasa Ramadhan kita. Semoga kita senantiasa dalam kebaikan setiap tahunnya)

7. Dengan segala kerendahan hati, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita dan menjadikan kita kembali dalam keadaan yang suci

8. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Semoga di hari yang fitri ini, kita mampu kembali menjadi pribadi yang suci serta meraih kemenangan.

9. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Semoga Allah SWT mengampuni semua kesalahan kita, menerima puasa, dan semua amal ibadah kita pada hari yang suci ini.

10. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga silahturahmi kita terus terjaga.

11. Mari bersihkan hati dan jiwa dari gelimang dosa di hari penuh kemenangan ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1444 H.

12. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1444 H. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah SWT memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang bertakwa.

13. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1444 H. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga di hari penuh kemenangan ini, kita semua dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

14. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga di hari penuh kemenangan ini, kita terus merajut silaturrahmi, menjadi muslim yang lebih baik, dan bermanfaat untuk sesama.

15. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita semua kembali suci dan menggapai kemenangan.

16. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Selamat merayakan hari kemenangan!

17. Happy Eid Mubarak 1444 H. Mohon maaf lahir dan batin.

18. Semoga Allah menerima amal baik kita, memaafkan kesalahan kita, dan menjadikan kita pribadi yang lebih baik. Selamat Lebaran!

19. Semoga Allah mengampuni dosa kita dan menerima ibadah puasa kita. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

20. Bulan Ramadhan telah meninggalkan kita,  dan momen penuh kegembiraan Idul Fitri hadir di hadapan kita. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin. 

21.  Lantunan indah suara takbir telah berkumandang, sudah saatnya kita mengucapkan minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

22. Semoga Allah menerima semua doa kita dan memaafkan semua kesalahan kita. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.

23. Pada Lebaran 2023 ini, semoga harimu dipenuhi dengan banyak kebahagiaan. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin. 

24. Semoga Allah SWT membukakan pintu ampunan dan kebahagiaan bagi kita semua di hari yang suci ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1444 H, mohon maaf lahir dan batin. 

25. Semoga Allah SWT memberi rahmat kepada semua muslim di seluruh dunia pada hari yang suci ini. Selamat Idul Fitri 1444 H bagi semua muslim yang merayakan!

26. Semoga hari istimewa ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kemakmuran bagi semua orang. Selamat Idul Fitri 1444 H. 

27. Semoga hidayah dan nikmat Allah SWT selalu menyertai kita. Semoga kamu dan keluarga mendapatkan Idul Fitri 1444 H yang indah.

28. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya dan semoga kita bisa bertemu dengan Ramadhan di tahun yang akan datang

29. Takbir mulai bergema, menyeruak ke angkasa. Seiring datangnya hari kemenangan, mari kita bersama kembali pada fitrah. Selamat Idul Fitri 1444 H. Taqabbalallahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin.

30. Selamat Lebaran, mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kebahagiaan akan selalu bersama kita setiap harinya.

31. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1444 H. Pada hari yang penuh kesucian ini, mohon maaf atas segala salah yang tersirat dan terucap. Sesungguhnya tiada manusia yang tak luput dari salah dan tiada manusia yang sempurna.

32. Ketika tangan tak mampu berjabat dan kaki tak dapat melangkah, hanya hati yang mampu memohon maaf atas segala kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin.

33. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita selama Ramadhan dan mempertemukan kita kembali dengan Ramadhan-Ramadhan berikutnya.

34. Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga tulisan ini mampu menjadi jembatan pada hari penuh kemenangan ini. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. 

35. Dalam beningnya hati, ada secuil benih prasangka. Dalam santunnya ucapan, ada kalanya khilaf tak sengaja. Dengan kerendahan hati, mohon maaf atas segala kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin. 

36. Semoga pada hari yang fitri ini, dosa kita semua dilebur dan kita menjadi suci kembali. Bila ada kata-kata khilaf dan perbuatan yang membekas luka, mohon dimaafkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin.

37. Salah kata pernah terucap, salah sikap pernah terungkap, namun kembali fitrah selalu diharap. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.

38. Mata dapat salah lihat, telinga dapat salah dengar, mulut dapat salah bicara, dan hati dapat salah sangka. Di hari yang fitri ini, mohon maaf lahir dan batin.

39. Dengan datangnya bulan baru, Ramadhan karim telah berakhir. Semoga Allah SWT menganugerahi kita hidayah untuk menerapkan hikmah Ramadhan ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin. 

40. Di hari yang fitri ini, mari saling memaafkan dengan setulus hati. Di hari yang fitri ini, semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang lebih baik. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

41. Biarlah kenangan manis dan pahit di hari lalu tersusun rapi dalam renung hati. Kini, kita buka lembaran baru dan membasuh segala kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin.

42. Semoga Allah merahmati semua Muslim di seluruh dunia di hari kemenangan ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H

43. Selamat Lebaran! Semoga hari kemenangan ini mengingatkan kita akan banyaknya nikmat dan rahmat yang dilimpahkan Allah SWT kepada kita.

44. Di hari kemenangan ini, setiap jiwa kembali suci. Semoga kita termasuk orang yang berlapang dada menerima untaian kata maaf. Selamat Idul Fitri 1444 H, mohon maaf lahir dan batin.

45. Dengan segala kerendahan hati, kami beserta keluarga memohon maaf lahir dan batin atas segala khilaf dan kesalahan selama ini. Selamat Idul Fitri 1444 H. Taqabbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin.

46. Jika jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat Idul Fitri 1444 H. Mohon maaf lahir dan batin.

47. Bulan suci Ramadan telah berlalu, fajar hari kemenangan tampak mewarnai langit, membawa sinar kedamaian dan kesucian. Selamat Idul fitri 1444 H. Mohon maaf lahir dan batin

48. Takbir bergema menandakan datangnya hari kemenangan. Saya sekeluarga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Taqabbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir dan batin atas kesalahan, kekhilafan, dan perbuatan yang membuat sakit hati

49. Bulan Ramadan telah kita lalui. Kini tiba hari kemenangan yang suci. Untuk itu, marilah kita bersihkan hati dari segala khilaf dan kesalahan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Mohon maaf lahir dan batin

50. Idul Fitri datang dengan penuh suka cita, menjadi waktu yang tepat untuk menyucikan diri. Taqabballahu minna wa minkum, taqobbal ya karim. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/30/170100627/50-ucapan-selamat-idul-fitri-2023-singkat-dan-penuh-makna-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke