Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KEK Lido, Calon Wisata Baru di Bogor dengan Theme Park hingga Movieland

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido City di Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Jumat (31/3/2023).

Adapun KEK Lido ada di bawah pengelolaan PT MNC Land. Jarak tempuhnya hanya sekitar 1 jam dari Jakarta.

Dikutip dari Antara, Jumat (31/3/2023), destinasi ini nantinya akan memiliki berbagai daya tarik wisata.

Salah satunya adalah Movieland seluas 21 hektar, berupa area perfilman yang meliputi studio luar dan dalam ruangan dengan berbagai fasilitas penunjang aktivitas pembuatan film.

Ada pula Lido Music & Arts Centre seluas 5 hektar yang dapat menampung hinggga 50.000 penonton dan bisa menggelar empat kegiatan secara bersamaan.

Selanjutnya, ada Lido World Garden dengan luas 17 hektar dan kawasan konservasi dan ekowisata Lido Nature Park seluas 101 hektar.

Pembangunan taman dan kawasan konservasi ini dilakukan melalui kerja sama dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Selain itu, masih ada lagi fasilitas lain, yakni Theme Park, Lido Lake Resort, Lido Adventure Park, juga berbagai tempat menginap, mulai dari hotel resor bintang tiga, hingga hilltop villa.

Guna menunjang aktivitas ekonomi kreatif, KEK Lido juga dilengkapi dengan Techno Park dan Data Center.

Dengan dibangunnya KEK Lido, Jokowi berharap masyarakat lebih memilih untuk liburan di dalam negeri dibanding luar negeri. 

Hal itu menanggapi laporan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang menyatakan bahwa sedikitnya 11 juta orang Indonesia liburan ke luar negeri.

“Kalau kita rem separuh saja, devisanya akan sangat besar sekali yang tidak terbuang masuk ke negara lain,” kata Jokowi dilansir dari Antara.

https://travel.kompas.com/read/2023/03/31/150300527/kek-lido-calon-wisata-baru-di-bogor-dengan-theme-park-hingga-movieland

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke