Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KEK Lido Baru Diresmikan Jokowi, di Mana Lokasinya?

KOMPAS.com - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (31/3/2023).

Sebagai informasi, KEK Lido merupakan lahan seluas 1.040 hektar yang telah direncanakan untuk dibangun menjadi lokasi wisata dengan berbagai daya tarik.

Saat ini ada sejumlah proyek yang dibangun, seperti Lido Extension, Golf Course, Golf Club, Movieland, Theme Park, Music and Art Center, infrastruktur, sarana prasarana, serta Lido World Garden.

"Semuanya komplet, jadi kita harapkan ke depan tidak ada lagi masyarakat kita yang lebih senang ke luar negeri daripada di negerinya sendiri," ujar Jokowi saat meresmikan KEK Lido, seperti disiarkan dalam YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (31/3/2023).

Lido World Garden adalah salah satu atraksi yang siap dikembangkan terlebih dahulu, seperti dikutip dari Sekretariat Jenderal Dewan Nasional KEK.

Atraksi berupa taman edukasi, konservasi, dan rekreasi keluarga bertaraf internasional ini akan menghadirkan pengalaman berekreasi di taman flaura dan fauna.

KEK Lido ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 2021 dengan kegiatan utama pariwisata.

Lokasi KEK Lido

KEK Lido berlokasi di Lido, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Jika dicek melalui Google Maps, KEK Lido beralamat di Jalan Raya Bogor-Sukabumi No.Km 21, Watesjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Aksesnya cukup mudah dijangkau, terutama dari ibu kota Jakarta dan sekitarnya.

  • 11 Juta Orang Indonesia Liburan ke Luar Negeri, Jokowi: Banyak Devisa Terbuang ke Negara Lain
  • 12 Masjid Terbesar di Jawa Barat, Terbaru Ada Al Jabbar

Pengunjung dapat mengakses kawasan ini menggunakan kereta api ataupun transportasi darat melalui jalan tol.

Selain itu, KEK Lido berada hanya beberapa ratus meter dari pintu tol Cigombong pada ruas tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi).

Selain melalui Bandara Soekarno-Hatta, KEK Lido juga dekat dengan akses bandara lain, seperti Bandara Halim Perdanakusuma, Bandara Husein Sastranegara, dan Bandara Kertajati.

Akses tersebut juga ditambah dengan jaringan kereta api Jakarta-Bogor-Lido-Sukabumi dengan kereta listrik dan kereta diesel.

Kendati demikian, Jokowi menyebut proyek ini akan diselesaikan sesegera mungkin, dikutip dari Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

https://travel.kompas.com/read/2023/04/01/040500727/kek-lido-baru-diresmikan-jokowi-di-mana-lokasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke