Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menikmati Pagi di Alun-alun Kejaksaan Cirebon, Bisa Foto dan Kulineran

CIREBON, KOMPAS.com - Wilayah Cirebon di Jawa Barat menawarkan sejumlah tempat rekreasi keluarga yang murah dan menyenangkan, salah satunya Alun-alun Kejaksan. 

Alun-alun ini terletak di jantung Kota Cirebon, tepatnya di Jalan Tanda barat II, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. 

Alun-alun Kejaksan berjarak 750 meter dari Stasiun Cirebon sehingga bisa dicapai dengan berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit.

Area publik ini telah direnovasi pada 2019 dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Rabu (21/4/2021), dikutip dari laman resmi Bappeda Provinsi Jawa Barat. 

Alun-alun Kejaksan cocok untuk didatangi kapan saja, bisa saat pagi, sore, dan malam hari. 

Kompas.com berkesempatan mengunjungi alun-alun dengan wajah baru ini pada Kamis (20/4/2023) lalu, beberapa hari sebelum puncak mudik Lebaran. 

  • 16 Tempat Wisata di Cirebon, Bisa Mampir Saat Mudik
  • Ngabuburit di Keraton Kasepuhan Cirebon, Bisa Tarawih di Masjid Wali Songo

Sekitar pukul 06.30 WIB, Alun-alun Kejaksan lumayan ramai didatangi pengunjung. Ada yang sekadar berjalan-jalan dan duduk santai, bahkan ada satu keluarga besar berfoto di gapura dengan fotografer profesional. 

Saat di luar bulan puasa, biasanya banyak anak yang bermain atau berolahraga di tempat ini. 

Sambil duduk menikmati angin sepoi-sepoi, wisatawan bisa melihat icon Alun-alun Kejaksan berupa gapura berbentuk seperti Candi Bentar.

Gerbang di depan alun-alun ini bisa menjadi spot foto yang unik dan menarik. Terbukti dari beberapa pengunjung yang silih berganti berfoto atau berswafoto di depan gapura Candi Bentar.

Keunikan lainnya, lapangan di alun-alun memiliki rumput dan bata yang sesuai dengan garis lurus mengikuti arah kiblat, seperti dikutip Bappeda Provinsi Jawa Barat. 

Hal ini disebabkan karena alun-alun yang letaknya bersebelahan dengan Masjid Raya At-Taqwa, juga kerap digunakan untuk shalat jemaah, seperti shalat Jumat dan shalat hari raya.

Setelah direvitalisasi, Alun-alun Kejaksan menyediakan sejumlah fasilitas yang cukup lengkap sehingga nyaman untuk digunakan. 

Saat mengedarkan pandangan ke sekitar, terlihat beberapa fasilitas, seperti jogging track, taman bermain anak, micro library atau taman baca, toilet, paviliun, dan sentra UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

Di belakang sentra UMKM, terdapat deretan warung makan yang tertata rapi. Pagi itu, terlihat beberapa tenda makanan dan minuman yang sudah buka, dengan penjualnya melayani para pembeli yang mampir ke tempat mereka. 

Selain itu, terlihat sarana penunjang lainnya, seperti air mancur, rumput, undakan untuk tempat duduk-duduk, serta lapangan yang luas.

Lapangan utama dan paviliun upacara ini dapat digunakan baik untuk upacara hari besar nasional maupun tempat olahraga.

  • 5 Fakta Stasiun Cirebon yang Bersejarah, Berdiri Sejak 1912
  • 6 Tempat Instagramable di Cirebon, Ada yang Rasa Bali 

Alun-alun Kejaksaan juga diberi basement untuk parkir kendaraan. Basement tersebut dapat menampung sekitar 70 mobil dan 120 motor, seperti dikutip laman Pemerintah daerah Kota Cirebon. 

Adapun pintu masuknya berada di Jalan Kartini, sedangkan pintu keluar berada di Jalan Siliwangi.

Tak hanya itu, alun-alun ini dikelilingi Masjid At-Taqwa, monumen bersejarah, dan ada juga shelter pedagang kaki lima (PKL), serta akses halte bus. 

Alun-alun Kejaksan juga memiliki sisi sejarah yang kental dalam pembangunannya, termasuk salah satunya karena memiliki tugu proklamasi di dalam area Plaza Memorial. 

https://travel.kompas.com/read/2023/04/25/211000227/menikmati-pagi-di-alun-alun-kejaksaan-cirebon-bisa-foto-dan-kulineran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke