Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Wisata Pantai Labuan Bajo NTT, Ada Waecicu dan Long Beach

KOMPAS.com - Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), punya sederet pantai dengan keunikan masing-masing. Sebut saja Pink Beach, pantai ini populer dengan pasirnya yang berwarna merah muda.

  • 4 Fakta Waterfront Marina Labuan Bajo, Lokasi Primadona Berbagai Acara
  • Dikunjungi Jokowi Saat Lebaran, Ini Itinerary 3 Hari di Labuan Bajo

Berikut Kompas.com rangkum sejumlah rekomendasi pantai di Labuan Bajo, NTT yang patut disinggahi saat kamu berwisata ke wilayah tersebut, yuk simak!

Labuan Bajo terkenal akan pantai berwarna merah muda (pink). Ada dua pantai pasir pink yang bisa ditemukan yaitu Pink Beach di Pulau Komodo dan Long Beach di Pulau Padar, dikutip laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Laut dan pasir berwarna merah muda di kedua pantai ini menjadi spot Instagramable incaran para wisatawan. Selain itu, wisatawan juga bisa snorkeling, melihat ekosistem bawah laut Labuan Bajo.

Jika berkunjung ke Pulau Padar, kamu juga bisa mendaki sedikit ke bukit untuk menikmati panorama pantai dari ketinggian.

Pantai Pink yang ada di Pulau Komodo, Flores, NTT ini tentunya cukup populer hingga mancanegara, dan jadi tempat wisata ikonis yang wajib masuk daftar saat jalan-jalan ke Labuan Bajo.

Sama seperti Long Beach, di Pink Beach wisatawan juga bisa snorkeling menikmati alam bawah lautnya.

Tak jarang warna pasir Pink Beach yang unik membuat wisatawan ingin membawa pulang pasir ataupun terumbu karang sebagai kenang-kenangan.

Namun, perlu diingat, wisatawan tidak boleh membawa pulang benda-benda, seperti pasir, karang, ataupun kerang dari Pink Beach, seperti dilaporkan Kompas.com, Rabu (19/4/2023).

Hal ini sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Bagi wisatawan yang melanggar akan dikenakan denda maksimal Rp 200 juta dan penjara paling lama 10 tahun.

Pulau Taka Makassar layak disebut sebagai pulau pasir ajaib yang unik. Lokasinya masih berada di satu kawasan dengan Pulau Komodo.

Lantas, apa sebenarnya yang menjadikan Taka Makassar unik? Dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (23/3/2023), pulau ini hanya muncul saat air laut surut, dan bisa tenggelam kala air laut meninggi.

Meski begitu, hamparan pasir putihnya sayang untuk dilewatkan. Jika mampir ke pulau ini, jangan lupa untuk menyelam atau snorkeling.

Dikutip dari Tribun Travel, Selasa (10/12/2019), Taka Makassar cocok dikunjungi dari siang hingga sore hari.

Untuk mencapai Pulau Taka Makassar, wisatawan bisa naik perahu yang disewakan oleh penduduk setempat.

Buat kamu yang mencari ketenangan, berkunjung ke Pantai Pulau Kanawa di Pasir Putih, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, ini bisa jadi salah satu opsi.

Jarak pantai kurang lebih 15 kilometer dari pusat Kota Labuan Bajo, dan dapat ditempuh menggunakan perahu bermesin, dilansir dari Tribun Travel, Sabtu (8/10/2022).

Pantai Pulau Kanawa memiliki air laut yang jernih sehingga bisa jadi lokasi melepas penat.

Pulau Kelor jadi tempat wisata wajib bagi pencinta snorkeling. Sebab, keanekaragaman alam bawah laut pulau ini sudah tidak diragukan lagi.

Jika snorkeling di kawasan Pulau Kelor, wisatawan akan dapat menjumpai sekitar 260 jenis karang dan ribuan jenis ikan, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (3/7/2022).

Adapun Pulau Kelor masih berada di kawasan Taman Nasional Komodo dan terletak di antara banyak pulau di kecil lainnya.

Pulau berikutnya yang menarik dikunjungi untuk snorkeling ialah Pulau Sebayur, yang berada di Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Labuan Bajo.

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (3/7/2022), di laut pulau ini ada terumbu karang yang memanjang ke arah barat daya pulau, membentuk jurang menuju kedalaman 30-40 meter.

Wisatawan bisa menyelam menyusuri dinding ini ke arah timur atau ke barat tergantung dari arusnya.

Selain itu, ada pula beberapa tempat pengintaian yang terlindung oleh batu besar, sebagai tempat untuk melihat travellies (jenis ikan) raksasa, hiu karang titik putih, dan ikan-ikan besar lainnya yang sering muncul.

Pantai Waecicu merupakan pantai berpasir putih dengan ombak yang cenderung tenang sehingga cocok bagi wisatawan untuk bersantai, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (30/9/2017).

Adapun sederet kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung di Pantai Waecicu, mulai dari berenang, naik perahu, menikmati pemandangan sunset (matahari terbenam), hingga sekadar bersantai di pinggir pantai.

Sebab, pemandangan dari Pantai Waecicu pun tak kalah dengan pantai lain di Labuan Bajo.

Jarak pantai hanya sekitar lima kilometer dari Bandara Komodo, dengan waktu tempuh kurang lebih 13 menit.

Di dekat Pantai Waecicu juga sudah ada sejumlah penginapan yang dapat disewa oleh wisatawan untuk bermalam.

Tempat wisata pantai berikutnya yang bisa kamu kunjungi saat ke Labuan Bajo adalah Pantai Pede.

Pantai Pede cukup dekat dengan pusat Kota Labuan Bajo sehingga hanya butuh waktu tak sampai lima menit naik sepeda motor untuk mencapai tempat wisata ini, dilansir dari Tribun Kupang, Kamis (18/11/2021).

Wisatawan bisa menyusuri garis pantai sambil menikmati panorama matahari terbenam.

Pantai Wae Rana terletak di sebelah utara Labuan Bajo. Jaraknya sekitar 3,1 kilometer dari Bandara Komodo, dengan waktu tempuh kira-kira sembilan menit.

Meski lokasi Pantai Wae Rana masih tersembunyi, wisatawan tetap bisa mengunjungi pantai ini tanpa menyeberang.

Oleh sebab itu, saat tiba, perjalanan akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan, dikutip dari Kompas.com, Jumat (22//7/2022).

https://travel.kompas.com/read/2023/04/28/125247827/9-wisata-pantai-labuan-bajo-ntt-ada-waecicu-dan-long-beach

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke