Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aktivitas di Museum Song Terus Pacitan, Tambah Ilmu dan Buat Konten

KOMPAS.com - Saat wisata ke Kabupaten Pacitan di Jawa Timur, ada salah satu tempat wisata menarik dan edukatif yang bisa dikunjungi. Namanya Museum Song Terus.

Museum ini berlokasi di Jalan Goa Song Terus, Weru, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 22 kilometer (km) dari Kota Pacitan.  

  • Museum Song Terus Pacitan: Jam Buka, Tiket Masuk, dan Fasilitas
  • 7 Tips ke Museum Song Terus Pacitan, Perhatikan Jam Buka

Menyimpan koleksi kebudayaan dan kehidupan Gunung Sewu dari masa pra-sejarah hingga saat ini, Museum Song Terus menawarkan beragam aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung selain berkeliling tempat tersebut.

Asisten Kurator Museum Song Terus bernama Sekar mengatakan, ke depannya akan ada beberapa kegiatan edukasi yang dapat dilakukan pengunjung. 

"Kalau kegiatan lain dari kami selain pemanduan, itu masih dalam proses perencanaan," ujar Sekar saat ditemui Kompas.com, Minggu (16/4/2023). 

Adapun untuk saat ini, kata dia, sejumlah program masih dalam tahap koordinasi dengan pusat, karena Museum Song Terus juga termasuk baru beroperasi yaitu per Oktober 2022. 

Aktivitas di Museum Song Terus

Berikut Kompas.com himpun beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Museum Song Terus saat ini. 

1. Keliling museum lihat koleksi

Aktivitas utama di museum ini tentu saja melihat berbagai macam koleksi peninggalan kebudayaan, perjalanan manusia, dan lingkungan alam di kawasan Gunung Sewu sejak pra-sejarah hingga saat ini. 

"Ada sekitar 3.000 koleksi disimpan di ruangan khusus dan di enam ruangan yang terbagi sesuai kronologi," kata Sekar. 

Pengunjung bebas menjelajahi isi museum sambil melihat-lihat koleksi mulai dari bebatuan, fosil, kerangka manusia, hingga alat-alat penunjang kehidupan di ruang pameran. 

Bagi yang ingin menambah wawasan, Museum Song Terus juga memiliki pemandu yang bisa menjelaskan informasi mengenai sejarah dan koleksi.

Namun, bagi pengunjung yang datang perseorangan bisa reservasi terlebih dahulu karena jumlah pemandu masih terbatas. Rombongan juga bisa bersurat kepada humas. 

"Untuk saat ini kegiatan yang ada baru pemanduan saja, dengan prosedur reservasi dari jauh hari terlebih dahulu dikarenakan tenaga pemandu yang masih terbatas," ujar admin Museum Song Terus. 

Meski demikian, tidak perlu khawatir karena sebenarnya keliling museum sendiri tanpa pemandu juga bisa menambah wawasan. Sebab, ada informasi singkat yang tertulis di tiap benda koleksi museum dan bisa dibaca. 

Museum Song Terus memiliki desain yang modern dan futuristik. Arsitekturnya dapat memanjakan mata siapa pun yang berkunjung. 

Bangunan museum ini dirancang oleh Gubernur Jawa Barat yang sekaligus seorang arsitek, Ridwan Kamil. 

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, cukup banyak pengunjung yang sengaja berfoto baik di antara benda koleksi maupun di beberapa spot yang terlihat estetis.

Sekar menyebut bahwa banyak dari pengunjung yang datang untuk membuat konten video karena museum ini memiliki desain bangunan dan interior yang unik.

"Kalau selama ini rata-rata lihat pengunjung mereka membuat konten, entah buat Instagram atau TikTok," kata dia. 

Adapun Museum Song Terus mengizinkan segala jenis kamera digunakan di area museum, asalkan tidak memakai kilat (flash). 

Persis di sebelah museum, terdapat Situs atau Goa Song Terus. Benda-benda temuan dari gua membuktikan adanya sejarah ”kerajaan” manusia purba di Jawa pada ratusan ribu tahun lalu.

Sekar menyampaikan, situs yang menjadi satu kawasan dengan museum ini sama-sama berada di bawah naungan Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi), namun Situs Song Terus dikelola oleh Balai Pelestarian Kebudayaan wilayah XI. 

  • Situs Song Terus, Abadikan Sejarah Manusia Purba
  • Seharian Keliling Pacitan, Cocok untuk Wisata Lokal saat Lebaran

Jika sudah puas melihat museum, kata dia, pengunjung bisa melipir ke sebelah dan melihat peninggalan dari situs tersebut, dengan catatan harus ditemani juru pelihara karena alasan faktor keamanan dan kenyamanan. 

"Kalau pas ada juru peliharanya dari Situs Song Terus itu sendiri, pengunjung juga bisa lihat-lihat isi dalam situsnya," kata Sekar. 

https://travel.kompas.com/read/2023/04/28/143300527/5-aktivitas-di-museum-song-terus-pacitan-tambah-ilmu-dan-buat-konten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke