Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

13 Fasilitas Gratis di Hotel, Ada yang Jarang Diketahui Tamu 

KOMPAS.com - Hotel menawarkan sejumlah fasilitas kepada tamu yang menginap. Ada beberapa fasilitas berbayar, namun adapula fasilitas gratis di hotel yang bisa dinikmati tamu.

Sayangnya, ada sebagian tamu yang belum mengetahui fasilitas gratis di hotel. Dengan mengetahui fasilitas gratis di hotel, maka akan memudahkan sejumlah kegiatan tamu di hotel.

Jadi, jangan ragu untuk bertanya mengenai fasilitas gratis di hotel kepada resepsionis. Perlu digarisbawahi setiap hotel memiliki kebijakan masing-masing sehingga para tamu perlu konfirmasi kepada pihak hotel mengenai fasilitas gratis tersebut.

Fasilitas gratis di hotel

Berikut fasilitas gratis di hotel seperti dihimpun dari laman Insider dan Azana Hotel.

Mayoritas hotel telah menyediakan jaringan wifi gratis kepada para tamu. Namun, kebijakannya berbeda-beda.

Sebagian hotel tidak menginformasikan secara langsung kepada tamu mengenai fasilitas wifi gratis. Beberapa hotel hanya menawarkan fasilitas wifi gratis di lounge dan ruang bersama.

Namun, adapula hotel yang menawarkan wifi gratis di setiap kamar tamu.

Para tamu biasanya membutuhkan setrika untuk merapikan baju yang kusut akibat diletakkan dalam koper atau tas. Selain itu, tamu khususnya para wanita biasanya membutuhkan pengering rambut atau hair dryer.

Jika tidak menemukan dua perangkat elektronik itu di kamar, jangan ragu untuk bertanya kepada resepsionis. Sebab, sejumlah hotel menyediakan fasilitas tersebut secara cuma-cuma.

Jika tamu memiliki jadwal yang mengharuskan bangun pagi, jangan sungkan untuk memanfaatkan fasilitas morning call. Fasilitas morning call ini gratis dan sangat membantu, terutama bagi tamu yang kesulitan bangun pagi.

Caranya sangat mudah, tamu bisa telepon atau langsung datang ke meja resepsionis untuk ditelepon pada waktu yang diinginkan.

Fasilitas morning call biasanya juga digunakan bagi rombongan bisnis agar tidak terlambat menghadiri pertemuan.

Sejumlah hotel menyediakan fasilitas sepeda yang bisa diakses secara cuma-cuma oleh tamu. Biasanya, tamu diminta untuk meninggalkan identitas atau menyebutkan nomor kamar.

Kamu bisa berkeliling area hotel maupun area sekitar hotel.

Fasilitas gratis di hotel berikutnya adalah welcome drink. Pihak hotel akan menyambut tamu yang baru datang dengan secangkir minuman.

Beberapa hotel bahkan menyediakan handuk hangat bagi tamu yang baru datang. Jika kamu tidak mendapatkannya, tak ada salahnya bertanya ke bagian resepsionis.

Apalagi jika menginap di hotel bintang 4 dan 5, mereka menganggap fasilitas ini termasuk hospitality yang harus ada di hotel mereka.

6. Antar jemput gratis

Sejumlah hotel menyediakan fasilitas antar jemput gratis bagi tamu ke bandara atau stasiun. Bahkan, ada hotel yang menyediakan shuttle bus gratis ke tempat wisata maupun pusat kota.

Menarik bukan? Sangat disayangkan jika ada fasilitas transportasi gratis tapi tamu tidak mengetahuinya. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu bertanya ke resepsionis mengenai fasilitas tersebut.

Terlebih, jika hotel kamu berada dekat dengan destinasi wisata.

Tamu yang meminta kasur tambahan atau extra bed biasanya akan dikenai tarif tambahan. Namun, bagaimana dengan bantal tambahan?

Sebagian tamu belum mengetahui jika hotel memberikan fasilitas bantal tambahan secara gratis.

Umumnya, para tamu meminta bantal tambahan karena terbiasa menggunakan guling saat tidur. Sedangkan, hotel tidak menyediakan guling karena mengacu pada standar internasional.

8. Air mineral kemasan

Air mineral kemasan biasanya disediakan gratis di setiap kamar tamu. Jika kamu tidak mendapati air mineral kemasan di kamar, tidak ada salahnya bertanya kepada staf hotel.

Selain air mineral kemasan, sejumlah hotel juga menyediakan kopi dan teh dalam kemasan kecil. Biasanya, staf hotel meletakkan air mineral kemasan tersebut di meja maupun dekat wastafel di kamar mandi.

Perlengkapan mandi adalah fasilitas gratis di hotel yang paling banyak ditemukan serta diketahui para tamu. Jangan ragu untuk bertanya kepada staf hotel jika kamu tidak menemukan barang-barang tersebut di kamar.

Misalnya, sabun, sampo, kondisioner, dan sandal. Fasilitas gratis di hotel tersebut akan sangat berguna jika tamu lupa mengemasnya.

10. Tas laundry

Keberadaan tas laundry akan memudahkan tamu saat mengemas pakaian kotor. Mayoritas hotel menyediakan fasilitas gratis ini yang biasanya diletakkan bersama dengan sandal hotel.

Bahkan, beberapa hotel mempersilahkan tamu jika ingin meminta tas laundry selain yang telah tersedia di kamar.

11. Pengisi daya

Jika tamu lupa membawa pengisi daya ponsel, beberapa hotel menyediakan layanan pengisi daya pinjaman secara gratis. Cobalah hubungi resepsionis untuk menanyakan fasilitas pinjaman pengisi daya tersebut. 

Ada kemungkinan besar, pihak hotel dapat memberi tamu pinjaman fasilitas pengisi daya selama masa tinggal.

Kolam renang adalah salah satu fasilitas di hotel yang banyak diminati tamu. Para tamu bisa mengakses fasilitas kolam renang di hotel secara gratis.

Namun, jangan lupa untuk mengecek aturan menggunakan kolam renang di hotel. Ada sejumlah hotel yang memberlakukan jam buka tutup kolam renang demi faktor keselamatan.

Fasilitas gratis di hotel yang satu ini memang jarang diketahui para tamu. Namun, sejumlah hotel memperbolehkan tamunya membungkus sarapan dengan alasan tertentu.

Apalagi, jika fasilitas sarapan masuk dalam layanan dalam paket kamar yang dipilih tamu.

Jika kamu tidak sempat sarapan di hotel, sebaiknya bertanya terlebih dahulu apakah makanan dapat dibungkus sebagai salah satu fasilitas rahasia hotel.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/03/174800427/13-fasilitas-gratis-di-hotel-ada-yang-jarang-diketahui-tamu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke