Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ramai karena Banyak Jalan Rusak, Ini 10 Destinasi Wisata Indah di Lampung

KOMPAS.com - Provinsi Lampung tengah ramai dibicarakan lantaran banyak akses jalannya yang berlubang. Padahal wilayah ini punya sederet tempat wisata yang tidak hanya ada di pusat kota.

Berikut Kompas.com rangkum 10 tempat wisata alam yang sayang dilewatkan bila berwisata ke Lampung.

Pulau Pahawang sudah mendunia lewat berkat alam bawah lautnya. Lokasinya di Kecamatan Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Pulau sluas 1.084 hektar itu juga memiliki hutan bakau dan pantai pasir putih. Selain berenang di tepi pantai, wisatawan juga bisa menjajal banana boat, snorkeling, atau sekadar duduk bersantai.

Dikutip dari Kompas.com, Minggu(28/8/2022), ada pula sejumlah homestay dengan berbagai arsitektur rumah panggung khas masyarakat Lampung. Homestay tersebut dapat dijadikan tempat bermalam saat berada di Pulau Pahawang.

Taman Nasional Way Kambas punya berbagai jenis flora dan fauna, serta terkenal sebagai lokasi pelatihan, perlindungan, dan konservasi Gajah Sumatera, dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (20/10/2022).

Di taman nasional ini, pengunjung dapat belajar dan berinteraksi langsung dengan para gajah. Lokasinya ada di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur.

Air Terjun Curug Tujuh merupakan salah satu tempat alam yang disebut jarang dikunjungi.

Memiliki tujuh undakan dengan ketinggian mencapai 75 meter, air terjun ini terletak di kawasan hutan lindung, tepatnya di Desa Marga Jaya, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah.

Untuk mencapai tempat ini pun butuh tenaga besar. Perjalanan tergolong sulit dan berat sebab harus menembus hutan lebat.

Kendati begitu, semua terbayarkan dengan keindahan alam yang ditawarkan sesampainya di Air Terjun Curug Tujuh.

Buat yang ingin melihat lumba-lumba secara langsung di alam liar, bisa datang ke Pantai Teluk Kiluan.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (29/8/2022), wilayah pantai ini menjadi habitat lumba-lumba.

Selain melihat lumba-lumba, pengunjung juga bisa mencoba fasilitas lain seperti berenang di Laguna Gayau, snorkeling, atau melihat panorama matahari tenggelam. 

Air Terjun Curup Lestari di Kecamatan Pubian, Lampung Tengah, konon dulunya kurang populer di kalangan wisatawan akibat sulitnya medan menuju tempat ini. 

Namun, setelah dikelola dengan baik dan disediakan fasilitas penunjang, seperti parkir kendaraan, warung makan, dan tempat ganti pakaian, kini Air Terjun Curup Lestari mulai terdengar namanya.

Telogo Rejo Sendang Baru sebenarnya sumber irigasi persawahan. Namun, karena memiliki daya tarik dan panorama yang unik, tempat ini cocok jadi lokasi melepas penat.

Letaknya di lereng Bukit Barisan, tepatnya di Desa Sendang Baru, Kecamatan Sendang Agung, Kabupaten Lampung Tengah.

Telaga ini memiliki banyak ikan air tawar sehingga pengunjung juga bisa memancing di spot yang ada.

Selain itu, tersedia pula wahana kolam renang untuk anak dan kebun bunga yang cocok dijadikan spot foto.

Kawah Suoh merupakan kaldera gunung berapi yang masih aktif. Mirip seperti Yellowstone di Amerika Serikat, luasnya 128 kilometer persegi dengan suhu yang cukup tinggi.

Kawah Suoh menawarkan panorama alam ditambah adanya kepulan asap. Pengunjung juga akan melihat Danau Asam dan dapat menyusuri danau dengan menyewa perahu.

Setelah itu, pengunjung akan melewati Pasir Kuning dan sabana yang hijau dengan penuh ilalang. Barulah mereka tiba di Keramikan, sebuah tempat berupa lantai endapan sulfur yang memiliki ketebalan sekitar 20 sentimeter.

Pantai Klara merupakan terletak di daerah Gebang, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung.

Pantai ini menawarkan ombak yang cenderung tenang serta perairannya dangkal sehingga cocok untuk anak-anak bermain dan berenang.

Adapun nama Klara, diambil dari singkatan Kelapa Rapat. Sebab, di pantai ini banyak sekali tumbuh pohon kelapa yang jaraknya saling berdekatan, seperti dilansir dari Kompas.com, Selasa (23/8/2022).

Pantai Sari Ringgung memiliki pasir pantai yang putih.

Kendati begitu, akses ke pantai ini cukup sulit karena harus menempuh jalanan yang agak terjal, berliku, dan berbatu.

Menuju ke Pantai Sari Ringgung membutuhkan waktu sekitar satu jam dari pusat kota Bandar Lampung.

Pantai Pasir Putih merupakan salah satu tempat wisata populer di Lampung. Sesuai namanya, pasir di pantai ini berwarna putih dan terasa lembut. 

Lokasi pantai ini ada di Rangai Tri Tunggal, Katibung, Lampung Selatan. Pantai Pasir Putih menawarkan pemandangan pohon-pohon rimbun dan air laut.

Pengunjung yang datang bisa mencoba berbagai aktivitas, seperti snorkeling, surfing, dan naik perahu kano. 

https://travel.kompas.com/read/2023/05/05/175141427/ramai-karena-banyak-jalan-rusak-ini-10-destinasi-wisata-indah-di-lampung

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke