Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Galeria Sophilia: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

JAKARTA, KOMPAS.com - Berakhir pekan di ibu kota, kamu bisa berkunjung ke salah satu galeri seni megah di Jakarta, yakni Galeria Sophilia.

Galeri ini menyimpan koleksi seni berupa lukisan-lukisan klasik dari Eropa dan benda seni kuno peninggalan China ratusan tahun lalu.

“Galeria Sophilia terdiri dari dua lantai. Di lantai 6, terdapat sekitar 400 koleksi lukisan replika dan beberapa yang asli dari seluruh dunia,” ujar Manajer Galeria Sophilia bernama Gaby kepada Kompas.com di lokasi, Minggu (7/5/2023).

Terbagi menjadi sekitar 15 ruangan berdasarkan masanya, kata dia, pengunjung dapat melihat karya seni lukisan barat terbaik dari sejumlah museum di dunia.

Mulai dari karya Leonardo Da Vinci, Pablo Picasso, Vincent van Gogh, Goya, Raphael, hingga Claude Monet. Beberapa patung para tokoh dan karakter populer seperti Venus De Milo dan Yesus juga bisa dijumpai di lantai 6.

Sementara itu, benda-benda kuno peninggalan kerajaan China seperti keramik, perunggu. alat musik, kursi raja, guci, dan peralatan lainnya bisa dijumpai pada lantai 7.

Sayangnya, koleksi di lantai 7 sama sekali tidak diizinkan untuk difoto ataupun direkam karena alasan tertentu.

Namun, tidak perlu khawatir karena pengunjung bisa mendapat informasi dan penjelasan detail mengenai koleksi yang dipajang di kedua lantai, dari pemandu atau petugas yang membuka sesi keliling berisi 10-20 orang.

Lokasi dan jam buka Galeria Sophilia

Galeria Sophilia berada di Calvin Tower lantai 6-7. Bangunan ini tepatnya berada di Jalan Industri Raya Blok B14 Kav. 1, Kemayoran. Calvin Tower sendiri berada di dalam kompleks gereja reformed injili.

Adapun jam buka Galeria Sophilia atau Sophilia Fine Art adalah setiap hari Minggu, mulai pukul 12.00 hingga 15.00 WIB.

Galeri ini memang hanya buka satu kali dalam sepekan dengan total waktu tiga jam. Oleh karena itu, pengunjung yang datang bisa tiba di tempat sebelum pukul 12.00 WIB dan memanfaatkan waktu kunjungan dengan sebaik-baiknya.

Harga tiket Galeria Sophilia

Untuk harga tiket masuk, kata Gaby, berkisar mulai gratis alias tanpa biaya, hingga Rp 100.000 tergantung usia.

“Tiketnya mulai dari gratis sampai Rp 100.000 untuk pengunjung berusia di atas 21 tahun,” tuturnya.

Rincian tiket masuk Galeri Sophilia adalah sebagai berikut:

- usia 0-6 tahun: gratis

- Usia 7-12 tahun: Rp 25.000

- Usia 13-21 tahun: Rp 50.000

- Usia di atas 21 tahun: Rp 100.000

Untuk mendapatkan tiket, pengunjung harus membelinya di loket tiket atau ticket box yang berada di lobby menara Calvin, persis di depan pintu masuk.

“Tiket masuk Galeria Sophilia dapat dibeli secara langsung, dengan pembayaran tunai atau menggunakan QR code,” imbuh Gaby.

Usai membayar, pengunjung akan mendapatkan tiket dengan warna yang berbeda, sesuai dengan usia mereka.

Selanjutnya, pengunjung bisa langsung naik ke lantai 6 ataupun lantai 7 menggunakan lift. Sedampainya di atas, akan ada pemandu yang mengadakan tur keliling di dalam satu rombongan berisi 10-20 orang pengunjung.

Untuk satu kali sesi, Gaby menjelaskan, durasinya adalah sekitar 45 menit untuk satu lantai. Sehingga jika kamu mengikuti sesi tur keliling kedua lantai dari awal hingga akhir, kamu membutuhkan waktu hingga setidaknya 90 menit atau satu jam setengah di galeri ini.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/08/070700127/galeria-sophilia--lokasi-jam-buka-dan-harga-tiket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke