Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Labuan Bajo Ramai Berkat KTT ASEAN 2023, Wisatawan Tetap Bisa Liburan

KOMPAS.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN berlangsung mulai Selasa (9/5/2023) hingga Kamis (11/5/2023) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTT Sony Zeth Libing mengatakan, meski KTT ASEAN 2023 sedang berjalan, wisatawan yang berlibur atau ingin berwisata ke Labuan Bajo tidak perlu khawatir. 

  • Pelabuhan Marina Labuan Bajo, Lokasi Delegasi KTT ASEAN Berburu Sunset
  • Hotel Terapung untuk KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Bisa Seruput Kopi sambil Nikmati Sunset 

"Walaupun ada KTT ASEAN di Labuan Bajo, semua kegiatan, aktivitas ekonomi, dan pariwisata berjalan sebagaimana biasanya," kata Sony saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/5/2023).

Oleh karena itu, lanjutnya, wisatawan yang ingin berkunjung menikmati keindahan alam dan budaya di Labuan Bajo bisa langsung datang.

"Mari dan silakan menikmati keindahan di sini. Kita tidak terganggu apa pun. Presiden (Joko Widodo) juga mengimbau agar ekonomi rakyat tetap berjalan, pariwisata tetap berjalan," imbuh dia. 

Sony menyampaikan bahwa delegasi KTT ASEAN 2023 sudah berdatangan sejak Minggu (7/5/2023). Per hari ini, Selasa (9/5/2023), para kepala negara dari negara anggota ASEAN juga sudah berdatangan.

"Masyarakat (Labuan Bajo) sudah siap dengan keramahtamahan, bersiap menyelenggarakan kegiatan ini dengan sukses," tutur dia. 

  • 9 Wisata Pantai Labuan Bajo NTT, Ada Waecicu dan Long Beach
  • Dikunjungi Jokowi Saat Lebaran, Ini Itinerary 3 Hari di Labuan Bajo

Lebih lanjut, Sony mengungkapkan, tingkat okupansi hotel di Labuan Bajo dan sekitarnya sudah mencapai 100 persen. 

Oleh karena itu, wisatawan yang baru akan berlibur ke Labuan Bajo per hari ini hingga Kamis (11/5/2023) mendatang bisa mencari alternatif penginapan yang lain. 

"Semua hotel, homestay juga penuh. Sekarang yang tersedia adalah kos-kosan dan wisatawan yang mau pergi ke Pulau Komodo, Rinca, dan sebagainya bisa menginap di atas kapal pinisi. Tersedia kapal-kapal wisata," terang dia.

Tempat wisata juga mengalami peningkatan jumlah kunjungan, baik pulau-pulau seperti Komodo, Rinca, dan Padar, maupun tempat wisata lainnya, seperti Pelabuhan Marina dan Goa Cermin. 

"Bisa ribuan orang per hari ya. Jadi silahkan liburan ke Labuan Bajo. Penerbangan lancar dan juga silahkan berwisata ke sini," pungkasnya. 

https://travel.kompas.com/read/2023/05/09/174431227/labuan-bajo-ramai-berkat-ktt-asean-2023-wisatawan-tetap-bisa-liburan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke