Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Berkunjung ke Ganara Art di Plaza Indonesia, Lepas Perhiasan dan Potong Kuku

KOMPAS.com - Menghabiskan waktu berlibur atau akhir pekan dengan berkarya seni, bisa dilakukan di Ganara Art Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. 

Menjadi cabang terbaru yang baru dibuka sejak Maret 2023, Ganara Art menjadi studio yang paling luas dengan fasilitas dan kegiatan lengkap. 

Pengunjung bisa melihat instalasi atau galeri seni, melukis di kain, membuat tembikar, mendekorasi jurnal denim, hingga melukis di dinding. 

  • Ganara Art Plaza Indonesia: Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas
  • 6 Spot Foto Ciamik di Ganara Art Plaza Indonesia, Cocok buat Konten

"Ada beberapa kegiatan seni yang bisa dicoba oleh siapa pun," kata Founder dan CEO Ganara Art, Tita Djumaryo kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (4/4/2023). 

Adapun jam buka Ganara Art Plaza Indonesia adalah setiap hari, siang sampai malam, tepatnya pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. 

Tips ke Ganara Art Plaza Indonesia

Sebelum berkunjung ke Ganara Art Plaza Indonesia, berikut ini Kompas.com rangkum beberapa tips yang bisa diperhatikan. 

1. Datang hari biasa

Tips pertama, jika ingin lebih sepi agar nyaman berkarya atau membuat konten, kamu sebaiknya datang saat hari biasa (weekdays).

"Iya kalau hari biasa tidak terlalu ramai. Ramainya pas weekend," kata salah seorang staf Ganara Art. 

Dari pantauan Kompas.com, Selasa (4/4/2023), dari sore menuju malam hari, memang hanya terlihat tidak lebih dari 10 pengunjung yang datang silih berganti. 

2. Datang pagi atau sore hari

Selain hari kunjungan, Tita menyarankan pengunjung untuk datang saat pagi dan sore hari. Sebab, cahaya dan suasanya lebih menyenangkan.

"Antara pagi atau sore sama bagusnya karena bisa dapat cahaya yang bagus. Kalau pagi itu lumayan adem, cocok kalau mau melukis di balkon," ujarnya. 

Namun, lanjut dia, tidak terlalu masalah jika pengunjung baru bisa datang siang atau jelang malam karena mereka akan tetap nyaman.


3. Cek promo atau beli bundling

Sebelum membeli tiket, kamu bisa mengecek promo-promo ataupun tiket bundling yang lebih murah, melalui media sosial resmi Ganara Art (@ganaraartspace).

"Kalau bundling atau beramai-ramai, biasanya lebih murah. Misalnya ada paket untuk 4 orang dapat Rp 250.000. Sudah termasuk tiket masuk, kegiatan, sama dapat minuman," kata Tita.

Sebagai informasi, tiket masuk Ganara Art Plaza Indonesia untuk melihat galeri seni dibanderol Rp 50.000, sudah termasuk minuman.

Adapun untuk mengikuti satu kegiatan All Day Art Activity, seperti melukis di kain atau membuat tembikar, dikenakan biaya Rp 50.000 per aktivitas. Sedangkan kelas regular dengan guru dibanderol Rp 175.00-Rp 250.000 per sesi. 

Contoh promo lainnya di bulan Mei 2023 ini, tiket bundling Rp 100.000 untuk dua aktivitas atau dua orang, sudah termasuk tiket galeri seni. 

4. Copot perhiasan dan potong kuku

Saat membuat karya, pengunjung bisa memotong kuku yang panjang, atau melepas kuku sambung terlebih dahulu.

"Biasanya, kebanyakan mereka udah tahu kalau melakukan kegiatan pottery, kukunya jangan yang panjang. Kalau pake kuku silikon, dicopot dulu. Sama biasanya copot perhiasan karena takutnya kotor juga kan," tutur Tita. 

Oleh karena itu, bagi yang mengenakan aksesori, seperti cincin atau gelang, juga sebaiknya disimpan saja.

5. Tidak merekam anak-anak

Ganara Art merupakan tempat yang cocok untuk didatangi siapa pun dari berbagai tingkatan usia, tak terkecuali anak-anak.

Namun, perlu diingat bagi yang sedang merekam atau membuat konten, sebaiknya hindari memasukkan anak-anak dalam video. 

"Kami sebetulnya menyarankan tidak syuting ke arah muka anak-anak. Karena kita kan ada sisi policy dan lainnya," kata Tita.


6. Kenakan pakaian stylish dan nyaman

Meski tempatnya nyaman, tidak ada salahnya kamu memakai pakaian yang simpel agar lebih mudah bergerak saat membuat karya. Apalagi, jika mengambil paket 2-3 kegiatan per hari.

"Kalau sehari ambil dua atau tiga kegiatan berturut-turut, jangan pakai baju yang ribet gitu ya. Jadi bisa pakai pakaian yang bergaya tapi tetap nyaman, apalagi yang mau ngonten," kata Tita.

  • Konsep Baru Ganara Art di Astha, Bisa Healing dengan Kelas Seni
  • 14 Tempat Bersejarah di Jakarta Pusat, Ada Museum dan Taman

Ia juga menyampaikan bahwa Ganara Art Plaza Indonesia memang didesain sedemikian rupa, sehingga memiliki banyak spot foto.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/12/090900527/6-tips-berkunjung-ke-ganara-art-di-plaza-indonesia-lepas-perhiasan-dan-potong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke