Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tips agar Tidak Ketinggalan Bus Wisata Gratis dari Monas ke PIK

KOMPAS.com - TransJakarta menyediakan layanan bus wisata gratis untuk rute Monas menuju Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Saat mencoba bus ini Kamis (11/5/2023) lalu, Kompas.com berangkat dari titik awal Halte IRTI Monas yang berseberangan dengan Halte Balai Kota.

Adapun bus wisata yang digunakan saat itu berupa bus bertingkat dua warna putih dengan atap tertutup.

  • Ada Bus Wisata Gratis ke PIK, Catat Jam Operasionalnya
  • Transportasi Umum ke PIK, Lebih Baik Naik KRL atau TransJakarta?

Menurut informasi petugas TransJakarta bernama Ojon yang Kompas.com temui di lokasi, saat ini ada tiga armada bus wisata yang dipersiapkan untuk melayani trayek Monas-PIK.

Tips naik bus wisata Monas-PIK

Nah, agar tidak ketinggalan bus wisata ini, berikut Kompas.com rangkum sejumlah tips berdasarkan pengalaman di lokasi:

1. Pilih trip pertama

Dalam satu hari, idealnya bus wisata BW9 melayani dua rit (pergi-pulang) rute Monas-PIK. Trip pertama dimulai pukul 10.00 WIB.

Sedangkan durasi perjalanan sekali berangkat dari Monas menuju PIK ialah 45 menit-1 jam melalui tol, tergantung kelancaran lalu lintas.

Maka itu, wisatawan disarankan untuk memilih trip pertama saja. Sebab, berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan, semakin siang, kondisi lalu lintas juga kian padat.

2. Sedia kartu uang elektronik apa saja

Meski tidak ada biaya yang dikenakan untuk naik bus wisata ini alias gratis, kamu tetap harus melakukan tap-in dan tap-out kartu uang elektronik (KUE) apa saja, seperti naik bus TransJakarta pada umumnya.

Satu kartu hanya bisa digunakan oleh satu penumpang saja. Maka itu, baiknya sediakanlah kartu uang elektronik masing-masing.

Namun jika tidak punya, kamu tetap bisa membelinya pada pedagang yang seliweran di sekitar pintu masuk IRTI Monas, seharga Rp 40.000 per kartu, tanpa terisi saldo.

3. Naik dan turun di Halte IRTI Monas

Titik keberangkatan awal bus wisata BW9 Monas-PIK ini adalah dari Halte IRTI Monas dan langsung melaju ke jalan tol hingga tiba di PIK.

Jadi bila ingin mencobanya untuk sekadar keliling gratis secara efektif, naik dan turunlah di Halte IRTI Monas.

Namun setibanya di halte pemberhentian terakhir, Halte Pantai Maju PIK, wisatawan bisa turun dan keluar bus. Sebab bus akan berhenti sekitar 20 menit di sini, baru melanjutkan lagi perjalanan pulang.

Jika ingin lebih lama di Pantai Maju, namun khawatir ketinggalan bus yang dinaiki sebelumnya, jangan khawatir.

Wisatawan tetap bisa naik bus wisata gratis dari Halte Pantai Maju PIK dan kembali ke Monas, dengan menunggu bus wisata berikutnya tiba.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/12/160400627/3-tips-agar-tidak-ketinggalan-bus-wisata-gratis-dari-monas-ke-pik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke