Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penting, 4 Alasan Cantumkan Nomor HP yang Terkoneksi WhatsApp Saat Beli Tiket Pesawat

KOMPAS.com - Ketika melakukan proses pembelian tiket pesawat, calon penumpang harus mencantumkan nomor handphone (ponsel) yang terkoneksi dengan WhatsApp dan alamat surat elektronik (e-mail) aktif miliknya.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro berkata, nomor ponsel ini diperlukan maskapai untuk memastikan informasi mengenai penerbangan tersampaikan kepada penumpang.

"Nomor handphone dan e-mail tidak dapat diwakilkan kepada orang lain karena informasi yang diberikan haruslah data pribadi penumpang itu sendiri," ucap Danang dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (13/5/2023).

  • 4 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah, Jangan Pesan Kelamaan
  • Penutup Jendela Pesawat Harus Dibuka saat Lepas Landas dan Mendarat, Kenapa?

Menurut dia, hal itu agar dapat dipastikan informasi yang dikirimkan dari maskapai sampai kepada penumpang tersebut.

Lantas, mengapa diutamakan harus terkoneksi dengan WhatsApp? Sebab, ujar Danang, Whatsapp telah menjadi salah satu aplikasi komunikasi yang populer dan mudah diakses di berbagai daerah.

Alasan nomor harus terkoneksi WhatsApp saat beli tiket pesawat

Selain itu, berikut empat alasan penting mengapa nomor ponsel yang tertera harus terkoneksi dengan Whatsapp pribadi calon pelanggan.

1. Konfirmasi reservasi

Maskapai perlu mengirimkan konfirmasi reservasi setelah berhasil melakukan pembayaran tiket pesawat pada calon pelanggan.

Konfirmasi reservasi ini berisi informasi penting, seperti nomor penerbangan, waktu keberangkatan dan bandar udara pemberangkatan.

2. Notifikasi perjalanan

Pihak maskapai penerbangan juga dapat mengirimkan informasi atau pemberitahuan terkait perjalanan melalui nomor telepon dan alamat e-mail yang sudah diberikan oleh calon pelanggan.

3. Pemberitahuan penyesuaian jadwal

Jika terjadi perubahan jadwal penerbangan karena operasional atau kondisi tertentu, pihak maskapai penerbangan akan mudah menghubungi penumpang melalui nomor telepon atau alamat e-mail yang telah diberikan, sehingga dapat melakukan penyesuaian rencana perjalanan.

4. Komunikasi nyaman dan efektif

Pada situasi tertentu, nomor telepon yang diberikan dapat menjadi cara yang efektif bagi maskapai penerbangan untuk menghubungi penumpang dan memberikan informasi atau instruksi penting terkait perjalanan udara.

Melalui komunikasi yang efisien dan penyampaian informasi terkini, penumpang dapat mempersiapkan diri dengan baik dan tetap terhubung dengan maskapai penerbangan selama perjalanan.

"Calon penumpang yang mencantumkan nomor ponsel yang terkoneksi WhatsApp dan alamat e-mail aktif saat pembelian tiket pesawat, turut mendukung upaya menciptakan perjalanan udara berjalan lancar," pungkas Danang.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/13/213100927/penting-4-alasan-cantumkan-nomor-hp-yang-terkoneksi-whatsapp-saat-beli-tiket

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke