Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KTT ASEAN Jadi Momentum Promosikan Desa Wisata Wae Rebo

KOMPAS.com - Desa Wae Rebo berlokasi di Manggarai Barat, kabupaten yang sama dengan Labuan Bajo yang jadi tempat digelarnya KTT ke-42 ASEAN.

Desa ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berada di atas ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi perbukitan, Desa Wae Rebo dijuluki surga di atas awan.

Salah satu keunikan desa ini adalah karena memiliki tujuh rumah adat yang disebut Mbaru Niang dengan bentuk bangunan kerucut.

Lokasinya tepatnya berada di tengah perbukitan terpencil, Kampung Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Manggarai Barat.

Jarak tempuh dari Labuan Bajo menuju Kampung Satar Lenda adalah sekitar 110 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 3,5 jam.

Perjalanan menuju Wae Rebo tidak bisa dilakukan dengan kendaraan bermotor, kecuali helikopter. Wisatawan harus berjalan kaki menyusuri bukit.

Momentum promosikan Desa Wisata Wae Rebo

Adapun penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, menurut Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, jadi momentum tepat mempromosikan Wae Rebo kepada anggota delegasi.

"Inilah momentum yang tepat bagi kita untuk mempromosikan Wae Rebo, serta destinasi wisata lainnya di Labuan Bajo," kata dia dilansir dari Antara.

Selain itu, Angela juga berharap agar para delegasi ASEAN meluangkan waktu untuk berkunjung ke berbagai tempat wisata dan mengenal budaya NTT.

Angela juga menyempatkan diri untuk berkunjung langsung ke Desa Wisata Wae Rebo pada Senin (8/5/2023).

Kedatangannya itu adalah dalam rangka kunjungan kerja ke NTT. Sesampainya di Wae Rebo, ia disambut dengan prosesi adat oleh tetua adat setempat.

https://travel.kompas.com/read/2023/05/14/180600627/ktt-asean-jadi-momentum-promosikan-desa-wisata-wae-rebo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke